BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Spesifikasi PC Untuk Menambang Bitcoin

Spesifikasi PC untuk Menambang Bitcoin

Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency paling popular. Bitcoin merupakan media pertukaran secara digital dimana hanya ada secara online.

Penambangan Bitcoin (mining) adalah proses menciptakan bitcoin baru dengan memecahkan masalah matematika yang sangat rumit yang memverifikasi transaksi dalam mata uang.

Ketika Bitcoin berhasil ditambang maka penambang akan menerima jumlah bitcoin yang telah ditentukan.

Menambang Bitcoin atau Mining Bitcoin merupakan istilah bagi seseorang yang memiliki komputer yang berfungsi untuk mencatat, serta juga mengamankan seluruh aktivitas transaksi yang terjadi pada jaringan Bitcoin dari seluruh dunia.

Dimana memiliki tujuan untuk membentuk sebuah rangkaian berupa blockchain.

Dalam menambang Bitcoin ini sebenarnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar akan tetapi waktu yang cukup lama. Dalam hal ini tentunya spesifikasi PC untuk menambang Bitcoin juga akan mempengaruhi kecepatan dalam Mining Bitcoin.

Apabila komputer atau PC yang digunakan para penambang Bitcoin makin tinggi spesifikasinya, maka Bitcoin yang bisa didapatkan oleh para penambang akan semakin cepat juga.

Di saat dalam menjalankan aktivitas proses Bitcoin mining, para penambang Bitcoin bisa membangun atau merakit sebuah komputer atau PC (Personal Computer) dengan spek tinggi. Seperti memilih unit prosesor tinggi, serta memaksimalkan kinerja Graphic Processing Unit (GPU) terbaik pada VGA.

Semakin Banyak Minat untuk Mining Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang kripto yang mendapatkan popularitas yang sangat besar. Dimana hal ini disebabkan karena kenaikan harganya serta juga Bitcoin dapat dibuat dengan melalui proses yang biasa atau dikenal sebagai proses “penambangan”.

Karena harga cryptocurrency dan Bitcoin khususnya telah meroket dalam beberapa tahun terakhir, tentunya kita dapat melihat bahwasannya minat para penambangan Bitcoin ini juga meningkat.

Akan tetapi bagi kebanyakan orang, prospek penambangan Bitcoin ini juga tidak baik karena sifatnya yang kompleks dan biaya yang dibutuhkan juga sangat tinggi. Di artikel ini akan dibahas lebih detail mengenai spesifikasi PC untuk menambang Bitcoin.

Apa Itu Mining Bitcoin?

Bitcoin berjalan pada jaringan komputer terdesentralisasi atau bisa disebut buku besar terdistribusi yang melacak transaksi dalam cryptocurrency.

Saat komputer di jaringan memverifikasi dan memproses transaksi, bitcoin baru dibuat, atau ditambang. Komputer jaringan ini, atau penambang, memproses transaksi dengan imbalan pembayaran dalam Bitcoin.

Bitcoin ini didukung oleh teknologi blockchain. Teknologi blockchain merupakan teknologi yang dapat menggerakkan banyak mata uang kripto di seluruh dunia.

Blockchain adalah buku besar terdesentralisasi dari semua transaksi di seluruh jaringan. Sehingga kelompok transaksi yang telah terverifikasi secara bersama-sama akan membentuk sebuah blok dan nantinya bergabung untuk membuat sebuah rantai.

Anggap saja sebagai catatan transaksi publik yang panjang dan juga berfungsi seperti tanda terima yang berjalan lama, sehingga penambangan Bitcoin adalah proses menambahkan blok ke rantai.

Modal Awal yang Dibutuhkan

Supaya komputer atau PC berhasil menambahkan blok, para penambang Bitcoin akan bersaing untuk memecahkan masalah matematika yang sangat kompleks.

Dimana membutuhkan penggunaan komputer spek tinggi dan listrik dalam daya besar. Perangkat keras komputer yang diperlukan dikenal sebagai sirkuit terpadu khusus aplikasi yang biasanya disingkat ASIC.

Tentunya dalam hal ini dapat menghabiskan biaya hingga kisaran $10.000.

Aplikasi ASIC tersebut juga dapat mengkonsumsi energi listrik dalam jumlah yang sangat besar. Tentunya penggunaan yang terlalu banyak ini juga telah menuai kritik dari kelompok lingkungan dan membatasi profitabilitas penambang.

Apabila seorang penambang berhasil menambahkan blok ke blockchain, mereka akan menerima 6,25 bitcoin sebagai hadiah. Jumlah hadiah dipotong setengah kira-kira setiap empat tahun, atau setiap 210.000 blok.

Pada Agustus 2021, bitcoin diperdagangkan sekitar $48.000, menghasilkan 6,25 bitcoin bernilai sekitar $300.000. Tetapi harga bitcoin sangat fluktuatif, yang mempersulit atau tidak mungkin bagi penambang untuk mengetahui nilai pembayaran mereka kapan pun mereka menerimanya.

Resiko Menambang Bitcoin

Profitabilitas

Apabila seorang penambang Bitcoin berhasil, tidak jelas apakah upaya mereka akan menghasilkan keuntungan karena tingginya biaya peralatan diawal dan biaya listrik yang berkelanjutan.

Menurut laporan dari Congressional Research Service, listrik untuk satu ASIC dapat menggunakan jumlah listrik yang sama dengan setengah juta perangkat PlayStation 3.

Salah satu cara untuk berbagi beberapa biaya penambangan yang tinggi adalah dengan bergabung dengan kumpulan penambangan.

Kumpulan memungkinkan penambang untuk berbagi sumber daya dan menambahkan lebih banyak kemampuan, tetapi sumber daya bersama berarti hadiah bersama, sehingga potensi pembayaran lebih sedikit saat bekerja melalui kumpulan.

Volatilitas Harga

Harga Bitcoin sangat bervariasi sejak diperkenalkan pada tahun 2009. Hanya dalam satu tahun terakhir, Bitcoin telah diperdagangkan kurang dari $10.000 dan hampir $65.000.

Volatilitas semacam ini menyulitkan penambang untuk mengetahui apakah imbalan mereka akan lebih besar daripada biaya penambangan yang tinggi.

Peraturan

Sangat sedikit pemerintah yang menganut cryptocurrency seperti Bitcoin. Banyak yang lebih cenderung melihatnya secara skeptis karena mata uang tersebut beroperasi di luar kendali pemerintah.

Selalu ada risiko bahwa pemerintah dapat melarang penambangan Bitcoin atau cryptocurrency sama sekali seperti yang dilakukan China awal tahun ini.

Dengan alasan risiko keuangan dan peningkatan perdagangan spekulatif.

Kebutuhan Menambang Bitcoin

Adapun spesifikasi PC untuk menambang Bitcoin, antara lain:

Motherboard

Ada baiknya Anda memilih motherboard terbaik yang dapat menampung banyak adapter lebih dari satu slot PCI-E yang akan dihubungkan ke GPU dan juga dapat menampung slot RAM yang diperlukan.

RAM

Pada dasarnya dalam proses penambangan Bitcoin ini tidak terlalu membutuhkan RAM yang sangat besar, namun setidaknya Anda harus mempersiapkan RAM minimal memiliki kapasitas RAM 16 GB DDR4.

Hard Drive

Karena Hard Drive nantinya digunakan untuk menyimpan data dari setiap transaksi. Maka blockchain akan memerlukan space memory yang besar. Minimal Hard Drive sebesar 250 GB sebenarnya sudah lebih dari cukup. Dengan kapasitas penyimpanan 250 GB maka Anda tidak akan khawatir akan terjadinya blank pada PC

Prosesor

Prosessor bisa dikatakan sebagai otaknya PC, maka Prosesor PC untuk menambang Bitcoin paling minimal harus memilih setidaknya i5 ataupun i7.

Tentunya semakin tinggi core pada Prossesor yang Anda gunkan, otomatis PC anda dapat memproses tugas-tugasnya secara cepet, sehingga semakin besar keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Fan Prosesor

Saat PC sedang bekerja dalam menambang Bitcoin, maka suhu komponen PC juga akan meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan namanya Fan prossesor.

Fan prossesor sendiri berfungsi untuk menjaga suhu udara seluruh komponen PC supaya CPU tidak terlalu panas (overheat), apabila CPU terlalu panas tentunya dapat merusak komponen-komponen lain dari PC.

Kartu Grafis atau VGA

VGA terbaik yang paling sering digunakan untuk menambang bitcoin adalah Kartu Grafis Intel NVIDIA RTX 3080 dan Kartu Grafis AMD Radeon RX-Series.

Kedua jenis VGA tersebut masing-masing memiliki harga dikisaran Rp. 18 juta, namun paling minimal terdapat VGA di kisaran harga 4 juta, namun anda perlu menggunakan 4 VGA sekaligus dalam sebuah PC.

Tentunya semakin banyak serta bagus VGA yang digunakan maka juga akan semakin banyak untungnya.

Power Supply

Saat proses menambang PC atau Komputer akan bekerja maksimal, tentunya dalam hal ini PC akan membutuhkan power supply yang memiliki tegangan yang tinggi sebagai salah satu spesifikasi PC untuk menambang Bitcoin.

Oleh karena itu akan dibutuhkan power supply yang dapat membagikan tegangan arus listrik menuju GPU yang telah dipasang.

Karena kegiatan ini berjalan setiap waktu maka power supply akan dipakai selama 24 jam tanpa berhenti, sehingga harus dipersiapkan Power Supply paling tidak tegangannya 1500 Watt.

Cara Merakit PC untuk Mining Bitcoin

Nah, setelah mengetahui mengenai spesifikasi PC untuk menambang Bitcoin, maka langkah selanjutnya adalah merakit PC untuk menambang bitcoin. Pada dasarnya, proses perakitan ini hampir sama seperti merakit PC atau komputer pada umumnya.

Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Langkah 1: Pasang prosesor di soket
  • Langkah 2: Instal heatsink CPU
  • Langkah 3: Pasang modul memori di motherboard
  • Langkah 4: Pasang kartu grafis
  • Langkah 5: Hubungkan drive SSD/HDD
  • Langkah 6: Hubungkan PSU ke motherboard
  • Langkah 7: Uji komponen PC yang dirakit
  • Langkah 8: Pasang motherboard di casing PC dengan komponen yang sudah terpasang
  • Langkah 9: Menginstal sistem operasi dan pengujian stabilitas

Tips Sebelum Melakukan Mining Bitcoin

Pertimbangkan saat memilih jenis power supply, Kami merekomendasikan PSU Seasonic, yang terkenal dengan kualitasnya, masa pakai yang lama, dan tingkat kegagalan yang sangat rendah. Serta juga memiliki kabel yang dapat dilepas sepenuhnya. Sehingga Anda hanya menggunakan kabel yang benar-benar butuhkan.

Perhatikan juga saat memilih untuk menggunakan casing PC. Sebaiknya memilih casing yang dilengkapi dengan filter debu dan aliran udara yang dirancang dengan baik dan efisien. Casing yang dirancang dengan baik juga diperlukan jika Anda ingin PC Anda berjalan senyap mungkin.

Demikian seputar informasi mengenai spesifikasi PC untuk menambang Bitcoin, ada baiknya Anda memilih merk komponen yang sudah terkenal, tentunya hal itu bisa memperpanjang umur PC atau Komputer Anda.

Referensi:

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More