BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Proyek Kripto Squid Game Scam, Dana Holder 1,2 Juta Dollar Hilang dalam Semalam

Proyek Kripto Squid Game Scam 

Setelah sempat membuat kejutan dengan peningkatan harga jual melambung dalam waktu singkat, akhirnya proyek koin kripto Squid Game dinyatakan scam per hari ini, Senin (01/22/2021).

Melansir informasi dari laman Gizmodo.Com, diketahui pemilik proyek anonim koin kripto Squid Game telah melakukan “rug pull” dan membawa lari uang para holder sekitar $2,1 juta.

Sebenarnya indikasi terjadinya scam ini telah diperkirakan oleh Gizmodo pada Jum’at pagi dengan melakukan beberapa analisa dimana salah satu diantaranya adalah para holder tidak bisa menjual kembali token koin Squid Game yang telah dibelinya.

Blogger Borneo sendiri termasuk salah seorang yang sempat melihat bagaimana harga token Squid Game ini melonjak dari $1 menjadi $11 dalam waktu sehari, sungguh tidak masuk akal karena Bitcoin sendiri butuh waktu tidak sebentar untuk mencapainya.

Tanda Kejanggalan

Jika dilihat awal mula kemunculan proyek token koin Squid Game ini, sebenarnya sudah bisa dilihat cukup banyak kejanggalan. Salah satu diantaranya adalah website SquidGame.Cash dimana desain tampilan dan isinya tampak tidak menyakinkan.

Semua informasi yang terdapat di website berusia tiga minggu tersebut cukup banyak memiliki banyak kesalahan ejaan (typo) dan tata bahasa yang cukup aneh. Untuk saat ini website tersebut sudah tidak bisa diakses lagi, menghilang seiring terjadinya “rug pull“.

Selain itu, beberapa media sosial miliknya yang juga digunakan oleh scammer juga menunjukkan beberapa kejanggalan dimana para pengikut tidak bisa berkomentar, sifat komunikasi hanya satu arah dari pemilik akun.

Nah yang sebenarnya sangat membuat keberadaan token coin Squid Game ini menjadi sangat tak masuk akal adalah peningkatan harga sangat signifikan sebesar 83.000% hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Hal ini langsung dijadikan headline di beberapa portal berita online internasional terkemuka, seperti: BBC, Yahoo News, Business Insider, Fortune, dan CNBC. Langsung geger dunia kripto karena per Senin pagi (01/11/2021) harga token Squid Game langsung jatuh ke $0.

Rug Pull

Menurut website CoinMarketCap.Com yang selalu menjadi referensi bagi para pemain kripto di dunia, kejadian seperti ini biasa disebut sebagai “Rug Pull“.

Rug Pull terjadi ketika pencipta kripto dengan cepat menguangkan koin mereka dengan uang sungguhan, menguras kumpulan likuiditas dari bursa.

Squid Game CoinMarket Chart Update
Image: CoinMarketCap.Com

Dapat dilihat dari grafik diatas bagaimana peningkatan harga sangat signifikan dan cepat sekali hingga sempat mencapai titik tertinggi di $2,861 sebelum akhirnya menghunjam ke bumi di titik $0 dan proyek kripto Squid Game langsung dianggap scam.

Mungkin bagi para pemain yang sudah cukup berpengalaman, kejadian proyek kripto Squid Game scam hanyalah contoh terbaru dari kerjaan para scammer yang memanfaatkan budaya pop untuk mendapatkan perhatian media.

Selalu Waspada

Kejadian “Rug Pull” serupa juga sempat terjadi awal tahun ini untuk proyek token kripto Mando, mata uang kripto yang menggunakan gambar dari acara TV Mandalorian Disney+ dimana penggunaan namanya tanpa seizin dari Disney.

Dan sepertinya hal-hal seperti ini bisa terjadi lagi karena dalam dunia kripto sangat sulit untuk membedakan para scammer dari seseorang yang memang ingin mencoba membuat sebuah cryptocurrency yang sah.

Ada alasan mengapa mata uang tradisional sebagian besar menjadi domain pemerintah sepanjang sejarah yang tercatat.

Setiap orang yang berpartisipasi dalam masyarakat tertentu perlu setuju bahwa mata uang bernilai sesuatu, dan ada beberapa lembaga di luar pemerintah yang dapat memberikan kredibilitas untuk sesuatu yang begitu penting.

Apakah ini berarti Anda tidak dapat menghasilkan uang dengan berdagang kripto? Jelas ada banyak orang yang menghasilkan dolar nyata di ruang crypto dengan menjual koin “arus utama” seperti bitcoin atau bahkan koin yang lebih kecil seperti Shiba Inu, yang harganya meroket baru-baru ini.

Tetapi hanya karena orang menghasilkan uang hari ini tidak berarti itu akan ada selamanya. Cryptocurrency hanya akan bertahan jika orang memiliki keyakinan bahwa itu adalah uang sungguhan. Dan sentimen itu bisa berubah dari hari ke hari.

Tips Aman

Ada beberapa hal harus diperhatikan ketika kita akan membeli cryptocurrency, hal terpenting pertama yang harus diperhatikan adalah cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai proyek token kripto yang dirilis.

Setelah itu lihat mekanisme pembelian token koin kriptonya, apakah bisa langsung dijual lagi setelah kita membelinya. Hal ini berbeda dengan proses staking dimana ada kontrak antara pemilik proyek dengan para holder.

Untuk kasus proyek token kripto Squid Game, koin yang sudah dibeli tidak dapat langsung dijual kembali dan tidak ada kontrak juga diantara kedua pihak. Indikasi terjadinya scam disini sangat besar.

Terus pantau pergerakan dari proyek koin kripto tersebut dan lihat prosesnya dari waktu ke waktu, apa saja yang akan dilakukan dan bagaimana kedepannya koin kripto digunakan.

Hanya sebagai bahan informasi bahwa di bulan ini ada beberapa proyek koin kripto yang memiliki potensi setelah dilihat dari beberapa hal diatas, salah satu diantaranya adalah $YooShi.

Info lengkap bisa dibaca di tulisan Blogger Borneo yang berjudul Cara Membeli YooShi Coin. Silahkan dipelajari dan dipahami dan semua keputusan tetap ada ditangan Anda. Semoga bermanfaat… (DW)

Comments are closed.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More