Review HP Oppo A5 2020, Harga 2 Jutaan yang Masuk Akal

Pada pertengahan tahun 2019, Oppo memperkenalkan dua ponsel terbarunya di Indonesia yakni Oppo A5 2020 serta Oppo A9 2020. Kedua smartphone tersebut merupakan Oppo A series terbaru yang menyasak konsumen dari kelas menengah dan Gen Z agar bisa memiliki smartphone canggih dengan harga terjangkau.

Kali ini yang akan dibahas lebih lanjut adalah mengenai review dari HP Oppo A5 2020. Ponsel pintar ini didesain dalam 4 kamera dan dengan kualitas fotografi yang terbaik. Mengingat kombinasi tersebut merupakan sebuah kebutuhan anak muda terutama mereka golongan generasi Z.

Harga pasaran yang ditetapkan untuk ponsel ini adalah berkisar di angka 2 jutaan. Tentunya dengan harga semurah itu namun dibarengi dengan kualitas tekhnologi yang terbaik, menjadikan HP ini masih masuk akal untuk dimiliki. Dengan kisaran harga tersebut, fitur apa saya yang bisa Anda dapatkan? Berikut pemaparan lebih jelasnya lagi.

Spesifikasi HP Oppo A5 2020

Spesifikasi secara umum, smartphone terbaru oppo ini dirilis di Indonesia pada bulan September tahun 2019. Ponsel ini dibekali dengan tipe dual sim card yakni nano-SIM, dual stand-by. Sedangkan untuk jaringannya adalah 2G, 3G dan 4G.

Smartphone terbaru oppo ini memiliki dimensi body sebesar 163,6 x 75,6 x 9,1 mm. sedangkan untuk beratnya adalah 195 g. memang termasuk HP yang cukup besar dan mantap untuk digenggam.

Layar

Sedangkan untuk layarnya sendiri HP Oppo A5 2020 ini memiliki jenis layar sentuh dengan kapasitif IPS LCD. Untuk ukuran layarnya selebar 6,5 inch dengan rasio screen to body mencapai 89%. Tentunya dilengkapi fitur Sunlight Screen yang akan lebih menjamin HP tetap jelas meskipun sedang berada di bawah sinar matahari.

Layar dari smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3+. Sedangkan untuk resolusi dari layar itu sendiri adalah 720×1600 piksel dengan rasio 20:9 serta kepadatan mencapai ~270ppi.

Hardware

Untuk hardwarenya, smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11nm). Dengan kualitas CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kry0 260 Gold dan 4×1.8 GHz Kyro 260 Silver.  Dan untuk GPU nya adalah Adreno 610.

Memori

Oppo A5 2020 dikeluarkan dengan pilihan RAM sebesar 3 Gg dan 4 Gb. Untuk memori internal yang tersedia sebesar 64 Gb pada RAM 3 Gb, dan memori sebesar 128 Gb untuk Ram 4 Gb. Pada memori eksternalnya, ponsel ini bisa menampung microSD dengan kapasitas mencapai 256 Gb pada slot khusus.

Kamera

Dengan jumlah kamera belakang sebanyak 4 buah, tentunya menjadikan smartphone ini akan sangat digandrungi oleh kaum remaja. Terlebih resolusi bawaannya yang cukup ciamik untuk dijadikan sebagai alat fotografi yakni terdiri dari kamera utama 12 Mp + kamera ultrawide 8 Mp + kamera portrait lens 2mp + kamera monolens 2mp.

Fitur lain dari 4 kamera ini adalah 12 mp f/1,8 lebar, 1/2 ,8”, 1.25um, PDAF 8mp, f/2,25 ultra lebar, ¼”, 1.12um, AF 2 Mp, f2.4, 1/5”, 1.75um ump, f/2.4, 1/5”, 1.75um. serta sensor mendalam dengan dukungan dual-LED, dual tone flash, panorama,dan HDR.

Untuk foto panorama, kamera belakang dari handphone ini memiliki lensa ultra wide hingga 119 derajat. Sedangkan dua lensa pada kamera belakang lainnya digunakan untuk menyajikan efek potret yang artistik.

Bahkan kini semua orang bahkan semua objek bisa dimuat ke dalam satu foto dengan hasil dimensi serta kedalaman yang lebih presisi. Hasil dari lensa ultra wide bersudut 119 derajat tersebut membuat hasil tangkapan gambar lebih luas meskipun sedang berada di dalam ruangan yang cenderung sempit.

Fitur kamera dari handphone ini belum cukup sampai disitu saja. Karena Oppo A5 2020 juga hadir dengan kamera beresolusi 8 Mp dan dilengkapi dengan fitur AI beauty yang berada di tengah dengan berbentuk water drop pada layar handphone.

Fitur Ai beauty bisa secara otomatis mengidentifikasi usia Anda, serta bisa memperhalus tekstur dan warna kulit berdasarkan jenis kelamin. Keren bukan? Belum lagi fitur ini bisa menyesuaikan dengan tren foto masa kini.

Berdasarkan sumber yang ada, kamera belakan dari smartphone ini sudah didukung dengan pemotretan mode malam dengan tipe Ultra Night Mode 2.0. Sedangkan untuk merekam video juga tak kalah canggih yakni [email protected], [email protected] serta [email protected] dan gyri-EIS

Untuk kualitas kamera depan atau kamera selfie, Oppo A5 2020 ditemani dengan satu kamera beresolusi 8mp lengkap dengan fitur HDR. Dan untuk kualitas videonya adalah sebesar [email protected], serta [email protected]

Anda bahkan bisa merekam video dengan lebih jelas dan sempurna dengan menggunakan fitur video stability. Dengan menyatukan EIS atau Electronic Image Stabilization, serta dengan didukung teknologi yang sudah teramat cerdas dan giroskop yang ada dalam ponsel ini.

Oppo A5 2020 akan memberikan kualitas perekaman video yang lebih stabil jika dibanding dengan seri sebelumnya. Bahkan ketika Anda mengambil video dengan berjalan, berlari atau bahkan berkendara.

Konektivitas

Dari segi konektivitasnya, handphone ini memiliki WLAN dengan wifi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct dan juga hotspot. Bluetooth yang dimiliki ponsel ini berada di tipe 5.0, A2DP, LE.

Smartphone keluaran terbaru ini tidak dilengkapi dengan infrared dan juga NFC. Namun tetap dengan GPS yang memiliki tipe A-GPS,GLONASS,GALILEO, dan BDS. Yang terakhir untuk USB nya adalah tipe microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

Lanjut untuk jenis baterai yang diusung adalah Li-Po yang memiliki kapasitas hingga mencapai 5000 mAh dengan tipe baterai yang tidak bisa dilepas. Baterai ini dilengkapi dengan fitur Reverse Charging 10 watt type C. namun belum dibarengi dengan Wireless charging.

Dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh bisa Anda gunakan untuk menonton video HD di ponsel Anda hingga lebih dari 11 jam nonstop. Bahkan ponsel ini bisa mengisi balik daya pada perangkat Anda yang lain, dengan catatan Anda memerlukan sebuah kabel OTG.

Fitur Lain

Fitur lain yang dimiliki oleh HP Oppo A5 2020 ini adalah tipe Android pada saat dirilis ialah OS Android 9.0 Pie. Sedangkan fitur pendukung selanjutnya adalah sensor fingerprint yang ada di belakang, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. 3,5mm headphone Jack juga tersedia di ponsel ini.

Untuk warna dari HP seri ini adalah mirror black yang gagah menawan serta dazzling white yang elegan. Fitur tambahan yang dibawa oleh ponsel ini adalah kualitas speaker dengan suara dolby atmos serta dilengkapi dual stereo speaker. Fitur lain yang terakhir adalah adanya face unlock, flash, serta quad kamera.

Speaker dolby atmos bisa membuat kualitas suara yang Anda dapatkan lebih jernih bahkan saat volume maksimal. Terlebih dengan diimbangi dual speaker, membuat A5 ini memunculkan gema yang terasa nyata.

Harga

Dari segi harga, Oppo 15 2020 ini dipatok dengan harga mulai 2.399.000 untuk HP yang memiliki RAM 3gb/64gb. Sedangkan yang memiliki RAM 4gb/128gb dibanderol dengan harga Rp. 2.999.000.000

Jadi, sudah semakin yakin untuk membeli HP canggih yang satu ini? (DW)

1 Comment
  1. Alfiandar says

    Pilihan warna yang cantik.

    Btw, sampai hari ini Oppo A5 2020 ini masih kalah populer di segmen serupa.

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More