Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8, Opsi Android Menengah yang Istimewa

Xiaomi menjelma sebagai salah satu kekuatan baru terbesar dalam industri smartphone dunia saat ini. Ya, bisa dikatakan jika vendor smartphone asal China ini merajai penjualan smartphone, termasuk di Indonesia.

Berbekal produk smartphone yang istimewa dengan harga yang terjangkau, Xiaomi hadir memberikan banyak alternatif untuk pelanggan. Tidak hanya itu, Xiaomi juga terus berusaha membuat produk terbaru yang mengesankan.

Bisa dikatakan bahwa vendor ini termasuk cukup produktif untuk menghasilkan produk baru yang terkadang membingungkan pelanggan untuk memilih mana produk Xiaomi yang tepat untuk mereka.

Di akhir tahun 2019 ini, Xiaomi secara resmi merilis Redmi Note 8 sebagai salah satu produk terbaru mereka. Seperti biasa, smartphone ini hadir untuk kalangan menengah dengan harga yang bisa dikatakan terjangkau. Dengan produknya ini, Xiaomi berupaya memberikan opsi smartphone menengah yang istimewa terutama untuk kaum millennial.

Nah, untuk lebih mengenal Redmi Note 8, akan dibahas beberapa kelebihan dan kekurangan produk ini. Tentu, mengetahui kelebihan dan kekurangan Redmi Note 8 adalah hal yang sangat penting sebagai pertimbangan saat memilihnya. Simak ulasan di bawah ini.

Kelebihan Redmi Note 8

Pada produk terbaru mereka, Xiaomi berusaha melakukan perbaikan di berbagai sisi di mana bisa menjadi faktor unggulan agar menarik pengguna yang baru. Termasuk pada produk Redmi Note 8, ada beberapa update yang dilakukan oleh Xiaomi sehingga menjadi keunggulan dari produk ini.

Adapun kelebihan dari Redmi Note 8 ini adalah sebagai berikut:

Desain yang Memikat

Masalah desain menjadi salah satu masalah yang cukup krusial. Memang, desain menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan yang ingin memiliki smartphone yang elegan. Nah, Redmi Note 8 ini hadir dengan desain yang bisa dikatakan cukup memikat. Meskipun hadir di kelas menengah, Redmi Note 8 memiliki desain yang sangat elegan.

Smartphone ini sudah mengusung desain yang premium di mana desain Redmi Note 8 secara keseluruhan sangat istimewa seperti smartphone kelas atas. Tidak hanya itu, smartphone dengan bobot hanya 190 gram ini menawarkan beberapa warna yang menarik, seperti space black, moonlight white dan juga Neptune blue.

Harga Dibawah Rata-Rata

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Xiaomi selalu bermain dalam harga. Mereka berusaha menciptakan produk smartphone dengan harga yang terjangkau sehingga akan laku keras di pasaran.

Untuk produk Redmi Note 8 ini, Xiaomi tidak mematok harga terlalu mahal. Ya, di pasaran, harga dari Redmi Note 8 ini hanya sekitar 2 jutaan saja. Tentu, harga tersebut membuatnya menjadi salah satu smartphone yang cukup tepat untuk dipilih, terutama untuk pengguna yang ingin mengoperasikan smartphone dengan budget yang minim.

Daya Baterai Luar Biasa

Apa yang menjadi kelebihan lainnya dari Redmi Note 8 adalah masalah baterai. Secara umum, kapasitas baterai akan berpengaruh pada performa dari smartphone tersebut. Nah, lalu bagaimana kapasitas baterai yang diusung oleh ponsel ini?

Untuk Redmi Note 8, Xiaomi menggunakan baterai dengan kapasitas 4,000 mAh. Ini adalah kapasitas yang cukup besar untuk smartphone menengah dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar ini, pengguna bisa bermain game dengan cukup leluasa setiap hari.

Hal lain yang menarik dari baterai yang dimiliki oleh Redmi Note 8 adalah adanya fitur fast charging. Fitur ini akan membuat pengisian baterai cenderung lebih cepat, terutama karena pengisian bisa hingga 18W.

Menggunakan 4 Kamera Super

Meskipun masuk dalam smartphone kelas menengah, namun Redmi Note 8 menghadirkan kamera yang bukan kaleng-kaleng. Smartphone dengan desain premium ini dilengkapi dengan 4 kamera super di bagian belakang. Adanya 4 kamera ini tentu akan memberikan sensasi yang baru untuk memotret dan mengambil video.

Untuk kamera belakang, Redmi Note 8 dilengkapi dengan kamera 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP dan dilengkapi dengan LED flash serta beragam fitur yang sangat menarik. Sementara itu, untuk kamera depan, Redmi Note 8 memiliki kamera dengan resolusi 13 MP yang cukup gahar untuk selfie.

Performa Mesin Luar Biasa

Pertanyaan yang cukup sering keluar adalah bagaimana dengan performa mesin dari Redmi Note 8 ini? Ya, performa memang menjadi hal krusial yang tentu saja adalah bagian pertimbangan sebelum membeli smartphone. Nah, Redmi Note 8 ini bisa dikatakan sebagai smartphone terjangkau dengan performa yang cukup gahar.

Apa yang membuat performa Redmi Note 8 bisa diandalkan adalah penggunaan processor menengah generasi terbaru Qualcomm yaitu Snapdragon 665. Dengan processor ini, akses menggunakan Redmi Note 8 akan cenderung cepat dan stabil.

Sistem UI Terbaru

Redmi Note 8 hadir dengan mengusung sistem UI terbaru. Dalam smartphone ini digunakan Android 9.0 Pie dan juga MIUI 10 edisi terbaru. Kombinasi sistem UI ini akan membuat tampilan grafis dari Redmi Note 8 sangat istimewa dan performa juga lebih ringan dan anti lag.

Kekurangan Redmi Note 8

Meskipun tampil dengan cukup meyakinkan berbekal kombinasi yang apik dari desain dan spesifikasi yang ditawarkan, namun Redmi Note 8 masih memiliki beberapa kekurangan yang harus dipahami. Tentu, kekurangan ini juga perlu dijadikan pertimbangan agar nantinya tidak timbul kekecewaan setelah membelinya.

Adapun kekurangan dari Redmi Note 8 yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

Berbahan Dasar Plastik

Salah satu hal yang cukup disayangkan dari Redmi Note 8 adalah bahan dasar body smartphone yang masih menggunakan plastik. Memang, secara berat, bahan plastik menguntungkan karena ringan. Selain itu, warna dari Redmi Note 8 juga menutupi detail bahan dasar tersebut.

Hanya saja, sisi elegan dari smartphone cenderung berkurang dengan penggunaan plastik. Selain itu, bahan plastik juga cenderung lebih mudah terkena goresan karena pemakaian sehari-hari.

Tidak Adanya NFC

Bisa dikatakan bahwa saat ini NFC adalah salah satu fitur yang cukup penting dari smartphone. Seiring dengan perkembangan financial technology dengan produk uang digital, NFC menjadi salah satu media untuk transaksi.

Smartphone yang memiliki NFC dapat melakukan transfer uang hanya dengan mendekatkan smartphone yang akan dituju. Namun, tidak adanya NFC dalam Redmi Note 8 mungkin bisa dimaafkan seiring smartphone ini hanya turun di kelas menengah.

Modul Kamera yang Keluar

Hal lain yang perlu diperhatikan dari Redmi Note 8 adalah modul kamera. Sayangnya, pada fitur ini, Xiaomi menggunakan modul kamera yang keluar. Memang, ide ini bisa membuat kamera terlihat menonjol dan lebih elegan. Hanya saja, karena modul ini, kamera akan rentan terkena gesekan jika pengguna tidak hati-hati.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Redmi Note 8. Bisa dikatakan bahwa smartphone besutan Xiaomi ini bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat jika seseorang ingin berburu smartphone andal dengan budget yang terbatas. Semoga bermanfaat. (DW)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.