Review Kelebihan dan Kekurangan Realme 5S

Realme hadir sebagai salah satu vendor smartphone alternative yang sangat diperhitungkan saat ini. Membawa konsep smartphone yang modern, terjangkau dan up to date, Realme datang sebagai penantang baru bagi vendor yang sudah mapan sebelumnya.

Dibanding beberapa vendor smartphone lainnya, vendor ini mengeluarkan cukup banyak produk smartphone terbaru, salah satunya adalah Realme 5S. Realme 5S hadir sebenarnya sebagai penerus dari Realme 3 yang sudah muncul ke pasar smartphone terlebih dahulu.

Namun, entah kenapa Realme tidak memproduksi seri 4 dan langsung melompat ke seri 5. Bisa saja, hal tersebut adalah salah satu strategi penjualan yang dijalankan.

Smartphone yang diproduksi oleh vendor asal Tiongkok ini meluncur ke pasar smartphone pada Agustus 2019 yang lalu. Meskipun baru beberapa bulan, penjualan Realme 5S di Indonesia cenderung cukup signifikan. Hal ini tak lepas dari kelebihan yang dimiliki oleh produk smartphone yang satu ini.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari Realme 5S. Mengetahui kelebihan dan kekurangan produk ini tentu penting sebagai pertimbangan sebelum meminang.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan Realme 5S? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Beragam Kelebihan Realme 5S

Sebagaimana disinggung di awal bahwa Realme 5S adalah salah satu produk smartphone baru yang cukup laris di pasaran. Meskipun baru beberapa waktu dirilis, smartphone ini langsung masuk dalam daftar smartphone yang paling diburu.

Setidaknya, ada 6 poin kelebihan dari Realme 5S yang membuatnya laris manis di pasar smartphone Indonesia. Adapun beberapa kelebihan dari Realme 5S ini adalah sebagai berikut:

Build Quality dan Desain yang Istimewa

Kombinasi build quality dan desain menjadi salah satu hal yang paling menarik dari Realme 5S. Smartphone ini memiliki bobot yang sangat ringan, yakni hanya sekitar 198 gram saja. Dengan bobot tersebut, Realme 5S sangat mudah dibawa dan disimpan selama perjalanan.

Tidak hanya itu, Realme 5S hadir dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. Dengan ketebalan kurang dari 10 mm, smartphone ini bisa dikatakan cukup tipis. Pengguna yang rindu dengan smartphone tipis dan elegan, tentu akan sangat terbantu dengan kehadiran smartphone ini.

Lalu, bagaimana dengan body dari Realme 5S ini? Realme 5S hadir dengan desain body yang sangat istimewa. Paduan body polycarbonate dengan punggung plastik membuat tampilan smartphone ini sangat menarik. Tidak hanya itu, ada pola kristal dari body smartphone ini yang membuatnya lebih elegan.

Anti Cipratan Air

Keunggulan lain dari Realme 5S adalah adanya fitur water resistance. Ya, Realme 5S ini anti cipratan air yang tentu menjadi fitur tambahan untuk keamanan smartphone ini. Perlu diketahui bahwa kelebihan dari Realme 5S yang satu ini sangat menarik karena cukup jarang ditemukan pada smartphone dengan harga yang terjangkau.

Baterai yang Tahan Lama

Baterai menjadi salah satu keunggulan yang sangat menarik dari Realme 5S. Smartphone kelas menengah ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh. Bisa dilihat bahwa kapasitas baterai ini cenderung sangat besar dan tentu akan membuat pengguna puas mengoperasikan smartphone mereka.

Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut, Realme 5S bisa bertahan hingga 2 hari. Tentu, daya tahan ini tergantung dari pemakaian pengguna. Baterai yang besar ini tentu akan menjadi modal yang besar bagi pengguna untuk berselancar dengan Realme 5S.

Performa Processor yang Gahar

Meskipun masuk dalam smartphone kelas menengah, namun Realme 5S menghadirkan processor yang sangat gahar dan cepat. Realme 5S dibekali dengan chipset Snapdragon 665. Chipset ini dikombinasikan dengan processor octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz. Kombinasi inilah yang akan membuat performa smartphone menjadi sangat stabil.

Hal lain terkait performa dari Realme 5S adalah GPU. Untuk urusan grafis ini, Realme 5S menggunakan Adreno 610. Ini adalah salah satu GPU yang istimewa di mana akan memberikan tampilan grafis yang begitu istimewa.

Quad Kamera yang Bening

Tampaknya, kamera menjadi fitur perang dari smartphone baru. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi kamera Realme 5S. Ya, smartphone ini menggunakan quad kamera yang istimewa. Kombinasi kamera yang digunakan oleh Realme 5S adalah 12 MP+8 MP+2MP+2 MP dengan fitur yang berbeda-beda.

Kombinasi kamera utama tersebut akan memberikan hasil jepretan yang bening dan luar biasa. Terlebih, ada cukup banyak fitur yang tersedia pada kamera tersebut yang membuat hasil jepretan terlihat serupa dengan aslinya.

Kamera Depan yang Cukup Baik

Untuk kamera depan, Realme 5S menggunakan single kamera dengan resolusi 13 MP. Kamera depan ini cukup baik, terutama dengan adanya fitur HDR dan panorama yang membuat selfie menjadi lebih menyenangkan. Meskipun, tentu hasil jepretan kamera depan tidak sebagus yang diinginkan.

Beberapa kelebihan dari Realme 5S tentu bisa menjadi pertimbangan yang sangat menarik. Pengguna akan merasa tidak salah pilih untuk menggunakan smartphone satu ini.

Kekurangan Realme 5S

Untuk mengetahui lebih detail tentang Realme 5S, menyimak kekurangan dari smartphone ini juga penting. Dengan mengetahui kekurangan dari Realme 5S, tentu akan ada perbandingan yang tepat sebelum meminang produk ini.

Adapun beberapa kekurangan dari Realme 5S adalah sebagai berikut:

Kamera Low Light yang Kurang Maksimal

Secara keseluruhan, performa kamera Realme 5S memang cukup memuaskan, terutama dengan adanya quad kamera yang sangat menarik. Namun, salah satu kekurangan dari kamera Realme 5S adalah pada pengambilan low light.

Untuk pengambilan low light, hasil jepretan dari Realme 5S bisa dikatakan kurang maksimal. Meskipun bisa ditunjang dengan flash LED, namun hasilnya tentu saja tetap kurang berkesan.

Belum Adanya Fast Charging

Sebenarnya, fast charging adalah salah satu fitur yang mulai jamak digunakan untuk smartphone keluaran terbaru. Sayangnya, Realme 5S belum memiliki fitur ini. Dengan tanpa adanya fitur fast charging, pengisian baterai pada Realme 5S bisa dikatakan kurang efisien.

Layar Masih HD+

Kekurangan lain yang ditemukan pada Realme 5S adalah masalah layar. Jika dilihat sekilas, layar dari Realme 5S memang cukup menarik. Terlebih, ukuran layar Realme 5S adalah 6,5 inch yang cukup besar dan lebar. Juga, layar Realme 5S memiliki body ratio 82,7% yang membuatnya terlihat menawan.

Sayangnya, teknologi layar yang digunakan oleh Realme 5S masih HD+. Memang, penggunaan HD+ pada layar Realme 5S bukan sesuatu yang buruk, terlebih smartphone ini hadir untuk kelas menengah. Namun, jika layar mendapatkan upgrade ke teknologi setingkat di atasnya, tentu Realme 5S akan semakin istimewa.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari Realme 5S. Secara umum, Realme 5S bisa dijadikan salah satu pilihan alternatif yang sangat tepat. Selain menawarkan tampilan yang sangat elegan, spesifikasi Realme 5S bisa dikatakan sangat menarik terutama untuk smartphone yang dijual dengan harga sekitar 2 jutaan saja. Semoga bermanfaat. (DW)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.