Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Sekilas Mengenai Relawan TIK Indonesia

Sebuah undangan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) saya terima via email, terkait dengan penyelenggaraan kegiatan Forum Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi, dan Kerjasama Komunitas TIK (FK5T) yang akan dilaksanakan di Hotel Salak Bogor dari tanggal 4-7 Juli 2011. Membaca secara seksama mengenai undangan tersebut ternyata saya terpilih menjadi salah satu perwakilan calon Relawan TIK dari Kalimantan Barat, untuk itu saya diminta kesediaannya dapat hadir di event tersebut. Mengenai semua biaya transportasi dan akomodasi akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak penyelenggara. Alhamdulillah… Dapat lagi kesempatan untuk mengembangkan diri dibidang online dan teknologi informasi.

Oke, sebelum saya membuat tulisan lebih lanjut mengenai kegiatan ini mungkin pada kali ini saya akan berikan sedikit pengertian mengenai apa itu RELAWAN TIK dan apa yang menjadi target kedepannya. Oleh karena itu, silahkan lihat definisinya dibawah ini dimana sumbernya saya ambil dari salah satu lampiran yang turut disertakan dalam undangan.

Relawan TIK Indonesia sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang bersifat independen, terbuka dan non diskriminatif, diharapkan dapat dilembagakan dengan landasan pengakuan hukum maupun perlindungan Pemerintah yang pada jangka panjang diharapkan berfungsi untuk ikut serta mendorong akselerasi atau percepatan program dan kebijakan pembangunan di bidang Komunikasi dan Informatika pada khususnya maupun Teknologi Informasi dan Komunikasi pada umumnya, bagi pembangunan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, yang berlandaskan atas prinsip:

  1. Pengembangan Kapasitas
  2. Keterlibatan multi-stakeholder
  3. Partnerships
  4. Kepemilikan lokal
  5. Responsive terhadap permintaaan (Demand-responsiveness)
  6. Belajar sambil bekerja (Learning by doing)
  7. Kesetaraan gender

Sedangkan azas dalam kegiatan Relawan TIK antara lain adalah:

  1. Confident
  2. Inclusive
  3. Organized
  4. Cooperative
  5. Influential

Sebagai wadah untuk mengakomodasi kepentingansecara lintas sektoral dan lintas institusi serta wilayah, Relawan Telematika dihajatkan mampu menampung unsur-unsur dasar potensi SDM Relawan TIK yang antara lain diperoleh dari rekuritmen dari sektor:

  1. Pendidikan Nasional;
  2. Kepemudaan dan Olahraga;
  3. Sosial, Agama dan Tenaga Kerja;
  4. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
  5. Riset dan Teknologi;
  6. Komunikasi dan Informatika;
  7. Pemerintahan Dalam Negeri.

Sedangkan dalam aspek bidang penguasaan/ ICT domain, mencakup:

Sementara itu, untuk keperluan rekuritmen secara teknis meliputi aspek penguasaan keterampilan teknis, manajerial dan administratif sebagai berikut:

A.  Teknis:

B. Manajerial:

  • Kepemimpinan;
  • Kerjasama;
  • Kemitraan.

C.  Administratif:

  • Ketatausahaan;
  • Keuangan;
  • Logistik;
  • Pengembangan SDM.

 

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. Ka Damar says

    komplit mas 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published.