Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Seminar Internet Sehat dan Aman di NIX Apkomindo Kalbar 2011

Foto bersama perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam acara Seminar Internet Sehat dan Aman di Pontianak Convention Center (PCC) pada penyelenggaraan NIX Apkomindo Kalbar 2011.

Sumber : Mas Rangga

Kembali kali kedua Seminar Internet Sehat diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Setelah sebelumnya pada tanggal 16 April 2011 bertempat di Rumah Mimpi Komplek Taman Gitananda telah dilaksanakan kegiatan Nonton Bareng Film Dokumenter Linimassa dan Diskusi Komunitas yang merupakan hasil kerjasama antara tim ICT Watch dengan Komunitas Blogger en Netter Pontianak (BELETER), kali ini Apkomindo Kalbar bekerjasama dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (KEMENKOMINFO) mengadakan kegiatan serupa dengan tema Seminar Internet Sehat dan Aman. Kebetulan pada penyelenggaraan seminar kali ini dilaksanakan secara bersamaan dengan event tahunan Apkomindo Kalbar yaitu NIX 2011.

Saya sendiri baru dapat hadir pada kesempatan itu ketika waktu telah menunjukkan pukul 19.35 WIB, terlambat setengah jam dari jadwal yang telah ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara. Begitu mengisi buku daftar peserta dan snack yang telah disiapkan, saya langsung masuk kedalam ruangan seminar yang terletak di lantai 1 gedung PCC tersebut. Tampak sekitar 50 orang hadir dalam kegiatan tersebut, kalau saya lihat sih dari penampilannya para peserta yang hadir pada malam itu berasal dari golongan pendidik alias guru. Tidak tahu benar atau tidak namun biasanya feeling saya jarang berbohong, hehehe…

Di barisan meja depan terdapat tiga orang yang masing-masing mewakili Harian Pontianak Post, BISKOM, dan KEMENKOMINFO sendiri. Dengan didampingi oleh satu orang moderator, ketiga orang tersebut tampak asyik memberikan presentasi bermanfaat khususnya mengenai Internet Sehat. Mungkin kalau dilihat secara umum apa yang telah dilakukan oleh tim ICT Watch dan Internet Sehat dalam memberikan edukasi positif terhadap para pengguna internet di seluruh Indonesia khususnya yang masih pemula patut diberi apresiasi tersendiri.

Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali, mungkin demikian ungkapan yang bisa saya berikan terhadap adanya program Internet Sehat ini. Birokrasi pemerintahan yang LUAR BIASA LAMBAT menyebabkan kita tidak mampu mengimbangi perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat. Jadinya ya seperti ini, edukasi-edukasi yang diberikan tidak semaksimal akses internet yang disediakan sehingga umumnya para pengguna internet tidak tahu secara persis mengenai bagaimana caranya berinternet yang sehat dan bermanfaat. Yang diketahui hanyalah game online, poker, facebook, chatting, dan lain-lain yang sifatnya hanya suka-suka dan tidak menghasilkan.

Setelah ketiga narasumber memberikan presentasinya, sekarang acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada empat orang peserta (termasuk saya) yang bertanya mengenai materi yang telah dipresentasikan. Mungkin untuk pertanyaannya tidak dapat saya tuliskan disini karena bakalan jadi sangat panjang tulisan saya nanti, intinya semua pertanyaan dari para peserta dapat dijawab oleh narasumber dengan cukup jelas. Karena waktu telah menunjukkan waktu pukul 20.45 WIB, kegiatan Seminar Internet Sehat dan Aman telah memasuki tahap kesimpulan. Di akhir acara saya meminta waktu sebentar kepada pihak panitia penyelenggara kegiatan untuk memberikan doorprize berupa satu paket Norton Internet Security 2011 masing-masing kepada tiga orang peserta yang bertanya tadi. Kebetulan pada pelaksanaan kegiatan nonton bareng kemarin masih ada sisa lebih sehingga pada kesempatan ini saya mewakili Komunitas BELETER memberikan doorprize tersebut secara simbolis.

Sumber : Mas Rangga

Akhirnya kegiatan Seminar Internet Sehat dan Aman yang diselenggarakan atas hasil kerjasama Apkomindo Kalbar dan KEMENKOMINFO resmi ditutup, tidak lupa sebagai kenang-kenangan melakukan foto bersama dengan para perwakilan yang hadir pada malam itu. Sekedar ingin menginformasikan bahwa pada tanggal 13 Mei 2011 Komunitas BELETER bekerjasama dengan BEM STAIN PONTIANAK akan menyelenggarakan kegiatan seminar dengan tema INTERNET : JENDELA DUNIA TANPA BATAS. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Komunitas BELETER terhadap penyebaran informasi mengenai INTERNET SEHAT di Kalimantan Barat. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
1 Comment
  1. jonorsi says

    I really liked your article,
    if you do not want to visit my site.

Leave A Reply

Your email address will not be published.