Sospeso Workshop Pertama Digelar PontiMarket dan Muhaya Collection

Sebuah kegiatan bertajuk Sospeso Workshop untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket.Com bersama dengan Muhaya Collection. Kegiatan workshop ini dilaksanakan di rumah kediaman founder Muhaya Collection, Mbak Suryani Muhaya pada hari Minggu, 10 Februari 2019 dari jam 9 pagi sampai selesai.

Meski jumlah peserta kurang dari target kuota yang telah ditentukan sebelumnya, namun kegiatan Sospeso Workshop ini tetap dilaksanakan. Ada sekitar 8 (delapan) orang yang datang dan ikut serta dalam kegiatan workshop berbayar senilai 350 ribu per orang ini (diskon 100 ribu bagi para member Komunitas PontiMarket).

SOSPESO WORKSHOP

Asal mula diselenggarakannya workshop ini sebenarnya lebih kepada rasa kepedulian Mbak Muhaya, demikian sosok guru SD ini lebih akrab dipanggil untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada siapa saja yang berminat untuk mempelajarinya. Setidaknya dengan memiliki keahlian ini, para peserta nantinya dapat langsung mempraktekannya dengan membuat produk-produk unik yang dapat dijual dengan harga lumayan.

Definisi Sospeso

Mbak Muhaya sedikit menjelaskan bahwa Sospeso Trasparente berasal dari kata dalam bahasa Italia yang artinya “mengangkat dan transparan”. Seni kriya (craft) yang unik ini diciptakan dan  dipatenkan oleh Monica Allegro dari Italia.

Seni ini menggunakan bahan dasar tisu bermotif, kain, atau kertas yang diolah dengan cara ditempel di thermal film, lalu dibentuk (diembos) menjadi 3 dimensi. Teknik sospeso trasparente ini dapat digunakan untuk membuat ornamen penghias dompet pesta (clutch), tas, bros, hiasan dinding, dan sebagainya.

Menggunakan Bahan Sisa

Dalam sesi pembukanya, Mbak Muhaiya menceritakan bagaimana asal mula dirinya terjun dan mulai mencoba menekuni usaha dibidang kriya atau kerajinan tangan yang awalnya hanya menggunakan bahan dasar dari sisa-sisa kain yang ada dirumah.

Hasil Kreasi Peserta Sospeso Workshop PontiMarket
Image: PontiMarket.Com

“Saya ingat waktu pertama kali mulai membuatnya, modalnya hanya 50 ribu saja. Dari modal segini, saya bisa membuat 10 produk dimana masing-masing dijual dengan harga 50 ribu. Ini yang membuat saya jadi tertarik untuk mulai menjalankan usaha ini”, jelas Beliau menginspirasi para peserta yang hadir.

BELAJAR BERSAMA DAN BERBAGI

Sebenarnya boleh dibilang Mbak Muhaya masih baru mempelajari teknik Sospeso Transparante ini, namun karena pada dasarnya Beliau sudah cukup lama berkecimpung di dunia kerajinan tangan maka proses belajarnya bisa cukup singkat. Oleh karena itu, Beliau berkeinginan untuk membuat Sospeso Workshop yang pertama di kota Pontianak. Alhamdulillah keinginan tersebut terlaksana dengan lancar pada hari ini.

Baca Juga: PontiMarket Selenggarakan Sospeso Workshop

Ketika Blogger Borneo datang ke lokasi penyelenggaran kegiatan Sospeso Workshop hasil kerjasama PontiMarket dengan Muhaya Collection ini, tampak para peserta yang hadir sangat antusias mendengarkan arahan dari Mbak Muhaya.

Jadi sambil mendengar arahan, tangan dan jari jemari para peserta terlihat cukup aktif menggunting dan mengelem. Memang Allah memberikan kelebihan kepada kaum hawa untuk memiliki kemampuan melakukan dua pekerjaaan sekaligus (multitasking).

Jika mau lihat bagaimana keseruan para peserta mengikuti Sospeso Workshop Pontianak dapat langsung melihatnya di video dokumentasi dibawah ini:

DIMINATI KAUM ADAM

Satu pemandangan tak biasa ketika melihat para peserta yang hadir ternyata tidak semuanya adalah perempuan. Dari 8 (delapan) orang yang hadir, ada salah seorang diantaranya cowok muda yang menurut para peserta lainnya masuk dalam kategori ganteng. Hhhmmm… Jadi penasaran dengan sosoknya. Kira-kira mau tahu ga siapa namanya??? Japri aja yahhh… 😉

Oke, kembali ke topik kegiatan. Workshop Sospeso Transparante yang diselenggarakan oleh Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket bekerjasama dengan Muhaya Collection ini selesai hingga menjelang waktu Maghrib tiba. Masya Allah… Para peserta semuanya pada asyik belajar membuat produk clutch yang unik dan menarik.

TESTIMONI PESERTA

Salah seorang peserta bernama Nurhayati mengatakan bahwa kegiatan pelatihan seperti ini sangat menarik dan bermanfaat karena langsung memberikan keterampilan kepada para peserta dimana jika terus dikembangkan, Insya Allah akan mendatangkan penghasilan.

Terima kasih Mbak Suriyani Muhaya karya mu benar-benar cemerlang lho…sangat luar biasa Worshop suspeso transparante kemaren semoga kerajinan mbak muhaya jadi Barokah.. – Nurhayati

Kedepannya Insya Allah kegiatan-kegiatan seperti ini akan diselenggarakan kembali oleh PontiMarket.Com. Sekiranya ada diantara kawan-kawan memiliki keinginan untuk mengajak kerjasama Komunitas UMKM Kalbar PontiMarketmenyelenggarakan kegiatan yang sifatnya workshop, seminar, pelatihan, dan apapun itu, bisa langsung menghubungi bagian admin atas nama Bob Rakasiwi dengen nomor kontak 0896-9388-7740 (WhatsApp). (DW)

1 Comment
  1. Edi says

    keren-keren ya kegiatan PontiMarket, gimana sih caranya kita mau kerjasama

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More