Tabungan Syariah untuk Hidup yang Lebih Berkah

Dalam beberapa tahun terakhir, tren perbankan syariah di Indonesia mulai berkembang. Hal ini terjadi karena permintaan akan perbankan yang sesuai dengan syariah Islam cukup naik. Apalagi Indonesia merupakan negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia dan akan terus berkembang.

Tabungan syariah dipilih karena memberikan rasa tenang bagi muslim dan juga alternatif perbankan yang lebih transparan. Apalagi sistem bunga hingga potongan biaya administrasi tidak diberlakukan di sini.

Sebenarnya Apa Itu Tabungan Syariah?

Tabungan Syariah merupakan simpanan yang berdasarkan akad wadiah, mudharabah, atau akad lain yang sesuai dengan prinsip syariah. Penarikan tabungan hanya dapat dilakukan menurut syarat dan ketentuan tertentu yang disepakati dan tidak dapat ditarik dengan cek atau produk non tunai lainnya.

Saat ini ada tiga jenis tabungan syariah yang diperbolehkan oleh Dewan Syariah Nasional. Tabungan itu terdiri dari Tabungan Wadiah atau tabungan yang murni dititipkan pada lembaga keuangan syariah. Uang harus digunakan dan dikembangkan sesuai dengan keinginan dari pemilik.

Selanjutnya ada Tabungan Mudharabah yang dilakukan sesuai dengan akad atau kesepakatan bersama antara pihak bank dengan pemilik uang. Terakhir, pihak bank atau lembaga keuangan bisa menggunakan dana yang dimiliki oleh nasabah untuk keperluan tertentu salam tidak menyalahi aturan syariah yang berlaku.

Kelebihan Tabungan Syariah

Tabungan syariah memiliki kelebihan yang cukup besar dibandingkan dengan bank jenis konvensional. Kelebihan itu terdiri dari transparansi dan rasa keadilan yang diberikan oleh pihak bank. Dengan dua hal ini apa saja yang diterima oleh nasabah sudah sesuai dengan kesepakatan bersama.

Kelebihan lain dari tabungan syariah adalah tidak adanya bunga yang kerap diberikan oleh pihak bank konvensional. Nasabah bank syariah akan mendapatkan bagi hasil atau nisbah. Perjanjian bagi hasil ini sudah dilakukan di awal pembukaan rekening.

Investasi Syariah, Amankah?

Salah satu jenis pengelolaan perbankan yang diperbolehkan oleh Dewan Syariah Nasional adalah pengelolaan yang tepat oleh lembaga keuangan atau sering disebut investasi. Anda bisa melakukan investasi secara langsung di bank syariah atau dengan menggunakan Qazwa.

Qazwa merupakan platform yang mempertemukan antara pemilik modal dengan mereka yang membutuhkannya. Dari sini Anda bisa memberikan modal dan mendapatkan pengembalian beserta keuntungannya.

Meski dikelola secara syariah, keuntungan atau cuan yang didapatkan tetap besar. Dalam satu tahun saja Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 24%. Selain keuntungan yang besar, modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, dengan Rp5.000 saja Anda sudah bisa berinvestasi.

Demikian ulasan tentang tabungan syariah dan juga Qazwa yang merupakan platform investasi berbasis syariah di Indonesia. Mari, mulai hijrah finansial bersama Qazwa melalui pembiayaan syariah, agar hidup jadi lebih berkah. (ADV)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More