Kontes Blog SEO Untan 2020, Kembali Digelar dengan Sistem Penilaian Berbeda

Akhirnya setelah 2 tahun terlampaui, Universitas Tanjungpura kembali menyelenggarakan lomba blog berskala nasional dimana dalam proses penilaiannya memadukan antara unsur SEO dan unsur keunikan dari tulisan para peserta yang diperlombakan.

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University menjadi kata kunci pencarian yang ditargetkan dalam Kontes Blog SEO Untan 2020. Jika pada penyelenggaraan 2018 lalu, pihak panitia menjadikan Bersama Untan Membangun Negeri sebagai target keyword yang ditargetkan, maka di pelaksanaan kedua target kata kuncinya disesuaikan dengan kebutuhan.

Dibandingkan dengan penyelenggaraan 2 tahun lalu, pada kali ini pihak panitia penyelenggara Kontes Blog SEO Untan 2020 menerapkan mekanisme penilaian yang berbeda yaitu menjadikan posisi artikel di halaman pencarian Google dan keunikan artikel lomba yang diikutsertakan oleh para peserta sebagai fokus penilaian.

Kontes Blog SEO Untan 2020

Meskipun Kontes Blog SEO Untan 2020 ini diselenggarakan oleh satu-satunya universitas negeri yang ada di Kalimantan Barat, namun lomba ini terbuka untuk umum. Dengan kata lain, seluruh blogger di Indonesia berhak untuk ikut serta dalam kompetisi ini selama statusnya masih Warga Negara Indonesia (WNI).

Untuk dapat mengikuti Kontes Blog SEO Untan 2020 ini, tidak ada biaya pendaftaran alias GRATIS. Tidak seperti ketika kita akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Tanjungpura Pontianak. Jadi dari awal sampai akhir pelaksanaan lomba, semua biaya dihapuskan.

Format domain blog yang akan diikutsertakan bebas, bisa dalam platform top level domain (TLD) seperti contohnya BloggerBorneo.Com atau boleh juga dalam bentuk platform gratisan seperti bloggerborneo.wordpress.com. Yang terpenting usia blognya minimal sudah berusia 3 (tiga) bulan per tanggal 1 Februari 2020.

Syarat dan Ketentuan

Adapun mengenai syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para calon peserta Kontes Blog SEO Untan 2020, berikut info detailnya:

  • Wajib memasukkan kata kunci Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University di dalam artikel tulisan lombanya dan diberi link tautan ke alamat https://www.untan.ac.id
  • Artikel blog yang didaftarkan dalam lomba harus memiliki panjang tulisan minimal 500 kata dan dibuat dalam jangka waktu durasi dari bulan Februari sampai sebelum tanggal 20 Juni 2020.
  • Konten tulisan lomba harus bersifat baru (belum pernah diikutsertakan dalam lomba blog lain) dan original (bukan merupakan hasil copy paste dari sumber blog lain).
  • Para peserta Kontes Blog SEO Untan 2020 DILARANG KERAS untuk menggunakan metode Black Hat SEO dalam proses optimasi blognya di mesin pencari Google.
  • Setiap peserta hanya diperkenankan untuk mengirimkan 1 hasil karyanya.
  • WAJIB memasang banner lomba blog SEO dimana kode HTML nya dapat diambil dari laman Kontes Blog SEO Untan 2020.

Metode Penilaian

Sesuai judulnya, pada penyelenggaraan Kontes Blog SEO Untan 2020 pihak panitia penyelenggara menggunakan metode penilaian dari 2 (dua) unsur yaitu SEO dan Keunikan Artikel.

Sepertinya dengan metode penilaian seperti ini, hasil keputusan pemenang nantinya bisa lebih fair atau adil karena setengah penilaian akan menggunakan hasil pencarian di Google untuk kata kunci pencarian Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University dan setengahnya lagi akan menggunakan hasil penilaian dari pihak penyelenggara lomba.

Hadiah Pemenang

Karena Blogger Borneo adalah Juara Pertama Lomba SEO UNTAN pada 2018 lalu, maka dilihat dari jumlah hadiah yang disiapkan bagi para pemenang pada pelaksanaan tahun ini sepertinya ada peningkatan. Lebih jelasnya untuk rinciannya bisa dilihat dibawah ini:

  • Juarai I = Rp. 3.500.000 + Sertifikat
  • Juara II = Rp. 2.500.000 + Sertifikat
  • Juara III = Rp. 2.000.000 + Sertifikat
  • Juara IV = Rp. 1.000.000 + Sertifikat
  • Hadiah Hiburan = Rp. 500.000 untuk 6 Orang Peserta

Keterangan: Hadiah untuk juara akan diberikan secara langsung atau melalui rekening pemenang. Informasi lanjut dapat menghubungi panitia.

Catatan Tambahan

Jangan lupa ketika sudah menyelesaikan tulisan lomba, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan para peserta Kontes Blog SEO Untan 2020, antara lain:

  • Mendaftarkan link tulisan lombanya di http://bit.do/UNTAN2020
  • Peserta wajib follow akun sosial media UNTAN, antara lain: Twitter @UNTANptk, Instagram @univtanjungpura, dan Facebook www.fb.com/untan.pontianak
  • Terus memantau perkembangan lomba selama periode berlangsung karena pihak penyelenggara berhak untuk meninjau ulang peraturan lomba (mengurangi atau menambah syarat dan ketentuan Kontes Blog SEO Untan 2020.

Sebagai kalimat penutup, keputusan para pemenang yang terpilih akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2020 melalui media sosial, situs, dan tetap akan dihubungi langsung lewat email. Hadiah untuk para pemenang akan dipotong pajak yang besaran tarifnya akan disesuaikan dengan aturan berlaku.

Semua hasil karya tulisan para peserta lomba yang terpilih menjadi pemenang sepenuhnya berhak digunakan oleh pihak penyelenggara untuk kepentingan promosi. Dan segala keputusan yang telah diambil bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Demikian informasi terbaru mengenai Kontes Blog SEO UNTAN 2020, masih cukup waktu bagi para Blogger Indonesia yang berminat untuk ikut serta. Ditunggu pendaftarannya, salam sukses untuk semua. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More