Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Tips Agar Tidak Kalap Belanja di Toko Online dan Tetap Hemat

BLOGGERBORNEO.COM – Salah satu efek samping dari berbelanja di toko online adalah ketagihan. Bayangkan, Anda bisa memesan barang apa saja yang Anda sukai menggunakan mouse atau jari Anda, dengan harga yang menggoda pula! Sungguh sulit untuk bisa berhenti ketika sedang berbelanja tersebut, yang membuat pengeluaran Anda sendiri menjadi membengkak di luar kontrol tanpa disadari.

Jika hal ini Anda alami, maka Anda harus bisa mengontrol diri sendiri. Inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Buat Daftar Barang yang Akan Dibeli

Seperti juga ketika membeli barang langsung di mall atau department store, punya daftar belanjaan akan sangat membantu Anda untuk bisa jadi fokus pada hal-hal yang jadi prioritas belanja.

2. Batasi Budget atau Anggaran

Batasi berapa dana yang bisa Anda habiskan untuk sesi belanja ini. Menerapkan limit akan membuat Anda harus menyortir prioritas, dan mengeliminasi kemungkinan tergoda barang lain.

3. Bandingkan Harga

Bandingkan harga yang Anda dapatkan dari satu online shop ke online shop yang lain. Jadi, Anda bisa mendapatkan deal terbaik.

Matahari Mall Online Store

Selain mengontrol diri, Anda juga harus jeli untuk bisa mendapatkan harga yang murah dari online shop. Ini beberapa cara yang bisa Anda manfaatkan:

1. Survei Harga

Survei beberapa toko online dan lihat mana yang menawarkan harga paling murah.

2. Berburu Diskon dan Kupon

Kadang, situs belanja seperti ini juga menyediakan kupon belanja yang bisa dipakai untuk keperluan spesifik, ditambah dengan diskon untuk pembelian tertentu.

3. Pilih yang Bebas Ongkir

Memilih online shop yang menyatakan bahwa mereka tidak memberikan biaya tambahan untuk ongkos kirim akan sangat membantu dalam menghemat biaya.

4. Jasa Forwarding

Jika online shop yang Anda incar ternyata basisnya di luar negeri, gunakan saja jasa forwarding. Biayanya bisa lebih murah.

Hal terpenting dalam berbelanja adalah kontrol diri. Memang, belanja online merupakan kenyamanan tersendiri sekarang ini, apalagi Anda tidak harus keluar rumah. Tapi berbelanja dengan cara ini juga beresiko binge shopping, dan tahu-tahu menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan Rupiah. Tahan diri, atur keuangan dengan bijak, dan pilih online shop yang tepat seperti MatahariMall. Cek lebih lanjut untuk informasi lebih lengkap mengenai MatahariMall. (IB)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
5 Comments
  1. Dhani says

    Kalo saya mencari dulu seller yang terpercaya (GOLD) merchant klo di tokopedia, lalu pilih harga yg paling murah deh.

  2. Ai Yayah says

    Tips lainnya seperti di bukalapak coba belanja dalam jumlah agak banyak jadi bisa dapet harga grosir. Atau belaja di situs supplier langsung sebagai dropshiper.

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Om 🙂

  3. Ryo Wibowo says

    Benar sekali …
    Dengan munculnya trend belanja online secara langsung mempengaruhi harga ( persaingan para penjual yang menurunkan harga , memperbanyak promo dll. ) ,
    Hal tersebut disebabkan oleh semakin canggihnya fitur web atau aplikasi-aplikasi …. dimana konsumen bisa membandingkan harga produk yang diminatinya dengan lebih cepat dan efisien, yang tujuannya mencari penjual dengan produk harga termurah. dan akhirnya terjadi “kebrutalan dalam berbelanja online”.
    Ditambah akhir-akhir ini juga bermunculan website pembanding harga seperti pricearea, priceprice, dll. tentunya bisa membuat konsumen online semakin gila berbelanja.

  4. ziaul kamal says

    Menurut saya pribadi untuk transaksi jual beli baiknya dengan sistem rekber, tapi untuk barang yang murah memang sudah terlihat dari tokopedia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.