5 Tips Membeli Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2019

Tidak terasa dalam kurun waktu 3 (tiga) bulan ke depan, umat Muslim akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang bertepatan pada tanggal 5-6 Juni 2019.

Sudah menjadi kebiasaan tahunan setiap Hari Raya Idul Fitri, sebagian umat Muslim di Indonesia menjadikan momen ini sebagai saat untuk pulang kampung (lebih dikenal dengan istilah mudik). Tujuannya tak lain tak bukan adalah ingin melakukan silaturahim dan saling meminta maaf atas kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan baik itu secara sengaja atau tidak disengaja.

TIPS MEMBELI TIKET KERETA API MUDIK LEBARAN

Ketika mudik, ada beberapa jenis transportasi bisa digunakan, antara lain: Kendaraan Pribadi, Kendaraan Umum, Kapal Laut, Pesawat Terbang, dan Kereta Api. Khusus bagi para pemudik di Pulau Jawa, mereka lebih sering menggunakan jenis transportasi Kereta Api karena lebih murah dan cepat.

Nah, terhitung per 25 Februari 2019 kemarin PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah membuka akses untuk pemesanan tiket kereta api untuk mudik lebaran dimulai pada hari ke-10 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Silahkan perhatikan jadwal pemesanan tiket kereta api mudik lebaran 2019 untuk tanggal keberangkatan 10 (sepuluh) hari menjelang Lebaran 2019 berikut ini:

Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2019
Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2019 (Image: PegiPegi.Com)

Meski masa pemesanan sudah 4 (hari) dibuka terhitung tanggal 25 Februari 2019 kemarin, masih ada 6 (enam) hari lagi untuk pemesanan tiket kereta api mudik lebaran dari tanggal 1 – 6 Maret 2019. Sedangkan untuk keberangkatan kepulangan, pihak KAI hanya memberikan waktu sampai 5 (lima) hari saja. Keputusan ini diambil dengan mempertimbangkan jadwal libur bersama Hari Raya Idul Fitri 2019.

Karena proses pembelian tiket kereta api selama periode mudik lebaran ini sifatnya adalah siapa cepat dia dapat, maka berikut  ini akan diberikan tips mendapatkan tiket kereta api mudik lebaran.

1. Tentukan Hari Keberangkatan Mudik Lebaran

Menurut informasi yang dirilis dari website resmi PT KAI (Persero) bahwa selama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, KAI akan mengoperasikan sebanyak 356 Kereta Api Reguler dan 50 Kereta Api Tambahan dengan jumlah total kurang lebih 247.010 tempat duduk setiap harinya.

Melihat jadwal pemesanan tiket kereta api untuk masa mudik lebaran 2019 diatas, para pengguna sudah harus dapat menentukan hari keberangkatan sehingga bisa tahu kapan tiket kereta api bisa dipesan.

2. Memilih Waktu Tepat Memesan Kereta Api

Setiap harinya, sistem pemesanan tiket kereta api KAI selalu diupdate pada jam 00.00 WIB. Oleh karena itu, lakukan proses pemesanan tak lama setelahnya karena peluang untuk mendapatkan tiket kereta api untuk jadwal keberangkatan pada hari yang diinginkan bisa lebih besar.

Satu lagi perlu diingat juga bahwa kecepatan dan kestabilan akses internet yang digunakan pada saat proses pemesanan tiket kereta api sangat menentukan. Jadi pastikan menggunakan provider telekomunikasi yang memiliki kualitas internet terbaik di kota Anda.

3. Gunakan Metode Pembayaran Tercepat

Karena batas waktu pembayaran setelah proses pemesanan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2019 hanya diberikan selama 60 menit, maka gunakan metode pembayaran tercepat, seperti: Internet Banking, Mobile Banking, dan Kartu Kredit. Pastikan saldo rekening tabungan Anda terisi dengan cukup.

4. Manfaatkan Fitur Daftar Penumpang

Dalam beberapa aplikasi pemesanan tiket kereta api secara online, salah satu diantaranya adalah PegiPegi.Com, terdapat fitur Daftar Penumpang yang akan langsung update otomatis begitu proses pemesanan selesai dilakukan.

5. Simpan Bukti Pemesanan dan Kode Booking

Tips terakhir cara membeli tiket kereta api mudik lebaran adalah dengan menyimpan bukti pemesanan beserta kode booking yang diberikan oleh pihak penjual tiket. Jika memungkinkan dokumen ini dicetak dan hasil printnya dimasukkan dalam tas atau dompet.

Cara Menggunakan Aplikasi PegiPegi

Untuk memberikan kemudahan bagi para calon pemudik lebaran 2019, dibawah ini akan ditunjukkan melalui video pendek mengenai bagaimana menggunakan aplikasi PegiPegi untuk memesan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2019.

Aplikasi PegiPegi versi terbaru dapat diinstal di Android dan iTunes.

Instal Aplikasi Google Play Store

Instal Aplikasi iTunes

 

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More