Melihat dari Dekat Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Ada yang tahu dimana titik nol kilometer kota Pontianak berada? Atau sudah ada yang pernah melihat kondisi tugunya seperti apa? Di tulisan ini Blogger Borneo ingin sedikit bercerita mengenai dimana lokasi dan kondisinya.

Titik nol kilometer merupakan patokan untuk mengukur jarak dari ibu kota negara atau provinsi ke daerah atau kota lain. Karena merasa penasaran dengan keberadaan titik kilometer nol kota Pontianak, saya sempat melakukan penelusuran ke beberapa orang yang menurut saya cukup tahu tentang kota Pontianak. Namun sayang, dari mereka saya tidak dapat memperoleh informasi mengenai lokasi titik nol kilometer Pontianak.

Penelusuran dilanjutkan melalui media maya dimana saya akhirnya menemukan sebuah tulisan yang berjudul Patok Pontianak Nol Kilometer. Setelah mengetahui posisi tepatnya, saya tinggal mencari waktu buat berkunjung ke lokasi ini karena ternyata jaraknya lumayan cukup jauh dari rumah saya. Hehehehe…

Titik Nol Kilometer Kota Pontianak

Titik nol kilometer kota Pontianak berada di Kelurahan Siantan Tengah, Kecamatan Pontianak Utara. Terletak di Pasar Siantan tak  jauh dari dermaga feri penyeberangan Siantan. Jika kita menggunakan kapal feri penyeberangan dari arah Taman Alun Kapuas, posisi patok ini berada di sebelah kanan dermaga. Tempatnya tak seberapa jauh dari gapura berwarna biru, dekat sebuah warung kelontong dan jika kita dari arah Pasar Siantan, patok ini berada di sebelah kiri.

“Di beberapa negara, meskipun tidak masuk Anglosfir, Kilometer Nol (juga ditulis km 0) atau sebutan dalam bahasa lainnya, merupakan sebuah lokasi (umumnya di ibukota negara), di mana jarak secara tradisional diukur. Sebutan yang sama juga ditetapkan untuk setiap jalan (seluruh lokasi di jalan itu memiliki nomor, tergantung jaraknya dari lokasi tersebut), dan untuk setiap kota (umumnya kantor pos pusat kota digunakan untuk ini).” – Wikipedia Indonesia

Patok Nol Kilometer Kota Pontianak Tempo Dulu
Image: Dok. Pribadi

Titik Nol Kilometer Pontianak ini adalah penanda awal pembuatan jalan Pontianak – Sambas pada akhir abad ke-19. Jalan dan patok ini  menjadi sangat bernilai sejarah, karena inilah jalan pertama yang dibuat pemerintah Kolonial Hindia Belanda di Borneo Barat.

Jika diperhatikan secara seksama, kondisi titik nol kilometer Pontianak sangat terlihat lusuh, kusam, dan tidak terawat. Padahal jika pemerintah kota Pontianak mau sedikit peduli dengan keberadaan “patok luar biasa” ini, satu sentuhan sedikit saja mampu membuat penampilannya lebih spesial. Jadi selain memiliki titik nol derajat Khatulistiwa, kota Pontianak juga memiliki titik nol kilometer istimewa.

Titik Nol Kilometer Negara Lain

Dibawah ini adalah beberapa gambar mengenai kondisi titik nol kilometer di beberapa negara:

Titik Nol Kilometer Kota KubaTitik Nol Kilometer Kota Kuba

Titik Nol Kilometer Kota PerancisTitik Nol Kilometer Kota Perancis

Titik Nol Kilometer Kota SpanyolTitik Nol Kilometer Kota Spanyol

Wah, ternyata di negara-negara lain titik nol kilometer dianggap sebagai sebuah simbol khas dari sebuah ibu kota. Tidak seperti di Pontianak atau mungkin sama dengan kota-kota lain di Indonesia yang menganggap titik istimewa ini hanya sebagai sebuah patok pengukur jarak. Hhhhmmm… Kalau sudah begitu, tidak bisa komentar lagi dah. Inilah kotaku tercinta…

Kondisi Terbaru

Alhamdulillah sudah hampir kurang lebih 5 (lima) tahun tulisan ini dibuat, beberapa waktu lalu Blogger Borneo ada melihat perubahan terhadap lokasi titik nol kilometer kota Pontianak.

Kondisi Titik Nol Kilometer Pontianak Terbaru
Image: Dok. Pribadi

Penampakan diatas merupakan tampilan Titik Nol Kilometer Kota Pontianak yang telah dibuat semenarik mungkin. Ayo… siapa diantara kawan-kawan yang sudah pernah kesini? Komentar ya kesan dan pesannya. (DW)

Sumber Referensi:

  • http://mabmonline.org/patok-pontianak-nol-kilometer-2/

Sumber Gambar:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kilometer_Nol

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More