Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Trend Munculnya Startup Lokal Memberiku Sejuta Inspirasi

Startup Lokal, sebuah istilah yang baru kudengar beberapa waktu yang lalu. Berawal dari perbincangan hangat antara saya dan Bima Indobit, tema pembicaraan kami pada akhirnya menjurus kesana. Tidak banyak cerita yang kudengar dari sohibku ini mengenai Startup Lokal, dirinya hanya bercerita sedikit seputar tokoh-tokoh yang berada dibaliknya seperti: Natali Ardianto, Nuniek Tirta Sari, Sanny Gaddafi, dan Aulia Halimatussadiah. Selain itu, kisah gathering Startup Lokal yang setiap bulannya semakin banyak dihadiri oleh para audience serta perwakilan-perwakilan perusahaan besar di Indonesia membuatku semakin tertarik untuk mengetahuinya. Karena waktu yang tidak mencukupi pada saat itu, maka saya terpaksa harus memendam semua rasa penasaran tersebut.

Beberapa hari kemudian saya menyempatkan diri untuk mencari semua jawaban yang dapat menghilangkan rasa penasaran yang telah kupendam beberapa hari ini. Tak ayal lagi, Mbah Google menjadi referensi utama dalam mencari semua tulisan yang terkait dengan Startup Lokal. Oke, mungkin sebagai referensi awal saya akan sedikit membahas mengenai beberapa definisi Startup Lokal. Perhatikan beberapa definisinya dibawah ini yang tulisan sepenuhnya saya ambil dari blog miliknya Firman Nugraha.

Definisi Menurut Facebook Page Startup Lokal

A startup company or startup is a company with a limited operating history. These companies, generally newly created, are in a phase of development and research for markets.

Definisi Menurut Ronald Widha dari TemanMacet.Com

Startup = perusahaan baru, lokal = dalam konteks ini lokal di Indonesia. Aku rasa definisinya ga harus perusahaan web dan ga harus high tech, ga harus produk, boleh jasa, tapi konotasinya di asosiasikan sama the new economy, grass root movement, ga ngandelin perusahaan gede doank.

Definisi Menurut Rama Mamuaya dari DailySocial.Net

Menurut definisi gw .. perusahaan yang baru mulai. As simple as that. Cuma berhubung di Silicon Valley itu hampir semua perusahaan teknologi, maka startup itu identik dengan web company. Apalagi dengan pertimbangan mudahnya memulai sebuah web company, nggak seribet bikin perusahaan model lain.

Beberapa constrain yang populer diadopsi literatur luar :
– Dibawah 3 tahun operasional
– Kurang dari 20 orang karyawan
– Revenue kurang dari $100.000 (1 Milyar Rp) per tahun.

Definisi Menurut Kristiono Setyadi dari KristionoSetyadi.Net

IMHO, startup itu sebutan untuk perusahaan baru. Bener kata Rama, ada penyempitan makna yang mengacu pada spesifikasi “teknologi” untuk sebuah startup. Cuma, instead of web company, menurut gue bisa lebih luas lagi, misal bioteknologi, virtual reality, dsb yang intinya memanfaatkan teknologi. Lokal, like Ronald said, is Indonesia. No doubt about it.

So, IMHO again, startup = new company + new technology; lokal = Indonesia. CMIIW.

Ternyata definisi Startup Lokal cukup banyak juga ya, tidak hanya harus berlatar belakang teknologi informasi. Bidang-bidang lain juga dapat dikatakan sebagai sebuah Startup Lokal jika memiliki visi dan misi yang sama. Menurutku mungkin dapat dibilang bahwa Startup Lokal ini adalah sebuah istilah  yang digunakan untuk sebuah organisasi atau perusahaan yang dalam kegiatan operasionalnya mengkoordinir SDM-SDM sesuai kategori yang dibutuhkan. Tidak harus berasal dari kota-kota besar, bisa saja Startup Lokal ini terbentuk dari sebuah komunitas-komunitas kecil yang ada di tiap-tiap wilayah Indonesia. Tentunya dengan catatan sistem manajemen organisasinya disusun secara sistematis dan menurut artikel yang dimuat dalam majalah CHIPS ONLINE dengan judul STARTUP LOKAL ADALAH ANDA, keberhasilan Startup Lokal ini sangat tergantung dan tidak terlepas dari dukungan orang-orang yang berada dibelakangnya.

Hhhmmmm… Benar-benar sebuah konsep yang hampir sempurna menurut saya (satu-satunya yang sempurna di alam fana ini hanyalah Allah SWT). Perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini telah memberikan sebuah alternatif untuk kita dapat mengembangkan perusahaan melalui media-media yang ada khususnya media maya (online). Dan menurutku tulisan ini telah memberiku sejuta inspirasi yang Insya Allah akan kuimplementasikan nantinya di Pontinak, Kalimantan Barat. So, just wait with what I would do it later… (DW)

Sumber Gambar : Chip.Co.Id dan Teknojurnal.Com

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.