Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Welcome to My New Blog Home

Akhirnya setelah melalui proses transfer server yang memakan waktu kurang lebih 4 hari, pada hari ini blog saya yaitu www.bloggerborneo.com telah menempati rumah barunya. Saya membuat keputusan ini setelah saya melakukan lawatan ke negara tetangga yaitu Kota Kinabalu Sabah Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari BorneoColours.com untuk menghadiri acara tahunan yaitu B2.0 (New Media Dialogue + Borneo Bloggers Awards 2010). Sebenarnya dulu waktu masih menggunakan jasa hosting gratis miliknya ByetHost.Com, saya telah menggunakan hosting yang basis servernya berada di Amerika (US). Nah, begitu saya mulai menggunakan hosting berbayar miliknya JogjaHost.Com, saya memutuskan untuk menggunakan hosting yang basis servernya berada di Indonesia (IIX). Awalnya saya berpendapat salah satu alasan kenapa harus menggunakan hosting Indonesia adalah karena faktor nasionalisme saja sih. Jika memang kita punya produk tersebut, kenapa harus membeli produk luar negeri. Benar tidak???.

Ternyata keputusan saya tersebut salah, maksud hati ingin menunjukkan bahwa saya bangga menggunakan produk Indonesia ternyata harus dibayar mahal ketika alamat blog saya sangat sulit sekali untuk diakses ketika saya berada di Kota Kinibalu Sabah Malaysia. Pada awalnya sih saya tidak tahu kunci permasalahannya ada pada lokasi server, namun setelah melakukan sharing dengan teman-teman komunitas disana ternyata diambil satu kesimpulan bahwa blog saya mengalami kendala di lokasi server yang terletak di Indonesia. Itulah alasan kenapa pada akhirnya saya memindahkan kembali server hosting blog saya ke server USA. Untung saja JogjaHost.Com memiliki tim yang tanggap sehingga dalam tempo yang sesingkat-singkatnya server blog saya telah berhasil dipindahkan tanpa ada masalah sedikitpun. Alhamdulillah, setelah beberapa kali melakukan tes dengan meminta tolong kepada teman saya untuk mencoba mengakses blog saya tercinta ini dari tempat asalnya (dari Kota Kinabalu) ternyata loading-nya telah berjalan dengan lancar.

Satu hal lagi yang menurut saya terdapat perbedaan adalah terletak pada posisi Google Page Rank blog saya. Sewaktu saya masih menggunakan jasa hosting gratis dari ByetHost.Com, blog saya telah memiliki Page Rank 3. Sempat beberapa bulan pindah ke server Indonesia, posisi pagerank saya langsung turun ke posisi 0 alias tidak ada rangking. Nah, setelah saya kembalikan lagi posisi servernya ke USA ternyata pagerank-nya kembali berada di peringkat 3. Rupanya lokasi server sangat mempengaruhi posisi pagerank kita ya, mungkin karena blog saya dulu pernah menggunakan server USA maka semua data-data yang terekam masih tersimpan disana. Tidak menutup kemungkinan juga dengan menggunakan server Indonesia pagerank blog kita akan naik nantinya, cuma mungkin waktu yang dibutuhkan lebih lama.

Untuk kapasitas penyimpanan, saya menggunakan fasilitas US Server Professional Unlimited dimana JogjaHost.Com pada bulan ini memberikan promosi istimewa yaitu diskon 50% biaya langganan per bulannya. Jadi cukup dengan membayar Rp. 42.500,- per bulan kita sudah bisa memperoleh hosting server USA dengan kapasitas yang unlimited ditambah dengan jatah domain add on yang unlimited juga. Itu sedikit promosi dari saya ya, mungkin ada yang berminat untuk menggunakannya dapat langsung menuju website Jogja Host.

Kesimpulannya adalah semuanya kembali kita sendiri sebagai pemilik blog tersebut. Sejak awal membuat sebuah blog tentukan dulu cover area pembacanya sampai sejauh apa. Jika hanya mau difokuskan untuk pembaca lokal saja, cukup gunakan server Indonesia. Dijamin lalu lintas traffic lokal lebih stabil karena masih berada dalam satu wilayah. Namun jika ingin menginginkan blog kita bisa dikunjungi oleh pembaca dari seluruh belahan dunia, gunakan server USA atau Singapura. Biar bagaimanapun juga, kecepatan akses sebuah blog sangat mempengaruhi karena tidak ada yang mau menunggu lama hanya untuk sebuah informasi. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. vivieck says

    owh masalah itu…tak kirain mau ganti domai, hehe

  2. Nugs says

    Baru tahu kalo letak server sangat mempengaruhi pagerank, mksh infonya

Leave A Reply

Your email address will not be published.