Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Tugu Perjuangan Rakyat Simbol Kota Patriot

Perjalanan anjangsana Amprokan Blogger 2010 diawali dengan mengunjungi Tugu Perjuangan Rakyat yang terletak di Jl.Ahmad Yani dan masih berada didalam areal stadion Bekasi. Didalam komplek Tugu Perjuangan Rakyat Bekasi ini terdapat 5 buah tugu setinggi 17 meter yang berdiri tegak ditengah-tengah kolam persegi lima. Didepannya terdapat relief ukiran syair sajak yang cukup terkenal dari Chairil Anwar yaitu Kerawang Bekasi. Disekeliling komplek terdapat beberapa relief yang menggambarkan perjuangan rakyat Bekasi dari jaman penjajahan Belanda (VOC) hingga ke jaman Orde Baru.

Menurut informasinya, tugu ini didirikan pada tahun 1975 oleh penguasa daerah yang menjabat pada saat itu yaitu Bupati Abdul Fatah sebagai simbol dari perjuangan rakyat Bekasi dari dulu hingga merdeka. Oleh karena itu, kota Bekasi dikenal juga dengan istilah “KOTA PATRIOT”. Jika kita perhatikan lambang daerah kota Bekasi, terdapat simbol berupa 5 buah bambu runcing berwarna putih yang berada ditengah-tengah komplek Tugu Perjuangan Rakyat dimana terdapat tulisan “Kota Patriot” dibawah lambangnya.

Selain menjadi simbol dari kota Bekasi, komplek Tugu Perjuangan Rakyat ini juga difungsikan sebagai Taman Kota dimana didalam areal komplek terdapat 13.000 jenis pohon dan tanaman yang telah tumbuh dan berperan sebagai paru-paru kota (kalau tidak percaya dengan jumlah pohonnya silahkan dihitung sendiri ya). Memang jika kita berdiam sejenak didalam komplek Tugu Perjuangan Rakyat, suasana yang tenang dan sejuk akan begitu terasa. Belum lagi keadaan lingkungan sekitar komplek yang terus dijaga kebersihannya dengan menempatkan beberapa tempat sampah membuat kita akan semakin betah untuk berada didalamnya. Tentunya hal ini tidak terlepas dari peran serta semua pihak dimana Bekasi tidak akan menjadi kota yang bersih jika tidak ada partisipasi dari masyarakat maupun pemerintah daerahnya.

Tidak terasa sekitar setengah jam kami berada di komplek Tugu Perjuangan Rakyat tersebut. Setelah sempat mengambil beberapa dokumentasi, akhirnya kami harus melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya yaitu Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. Kota Patriot says

    Maju teruss Bekasi tercinta 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.