4 Cara Unlock Jaringan HP Samsung dari Luar Negeri, Mudah dan Dijamin Work

Saat ini, membeli ponsel dengan harga yang sangat murah sudah bisa mendapatkan spesifikasi yang bagus, dan memiliki kelas tersendiri. Tetapi, jika kamu membelinya di luar negeri pasti akan dibatasi pada jaringan yang diblokir. Lalu, apakah ada cara unlock jaringan hp samsung dari luar negeri?

Membuka blokir ponsel atau unlock jaringan HP Samsung, ternyata bukan hanya karena pengguna yang lupa kata sandi yang digunakan, tetapi bisa juga karena dikunci oleh provider itu sendiri.

Cara Unlock Jaringan HP Samsung

Dalam kasus ponsel di luar negeri, peraturan ini sering terjadi, karena produk yang dibundel dengan provider merupakan kontrak formal.

Untuk alasan yang disebutkan di atas, ada banyak ponsel di pasaran yang dijual secara sekunder atau yang perjanjian distribusinya, dengan vendor lain telah dihentikan dan digunakan oleh orang lain. Oleh karena itu, hal ini akan memblokir jaringan seluler.

Dan untuk mengetasi hal tersebut, maka di bawah ini kita akan memberikan kamu cara unlock jaringan hp samsung dari luar negeri. Cara ini tidak hanya bisa digunakan untuk Samsung, tetapi juga untuk jenis ponsel lain, seperti Docomo-nya Jepang. Seperti apa caranya? Jangan tinggalkan pembahasan ini sebelum selesai untuk mengetahui cara lengkapnya.

Setidaknya ada 4 cara unlock jaringan hp samsung dari luar negeri, yang semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Buka Kunci Jaringan Kamu Tanpa PC

Untuk metode pertama ini, tergantung pada jenis ponsel yang Kamu miliki. Kadang-kadang hal itu terjadi, tetapi bagaimanapun juga HP harus menggunakan opsi lain dan PC untuk membantu. Metode pertama adalah buka kunci dari PC Kamu tanpa bantuan aplikasi apa pun dan tanpa root.

Baca Juga:   3 Cara Mendapat Promo Umrah Hemat, Tips Langsung dari Praktisinya

Coba masukkan kartu SIM, meskipun tidak terhubung ke sinyal, dan lihat karakter apa yang Kamu lihat.

2. Terhubung melalui WiFi

  • Masuk ke “Pengaturan” atau “Preferensi”, masuk ke “Tentang ponsel”, masuk ke menu “Status”, pilih menu “Status kartu SIM”, pilih menu “Perbarui kartu SIM”.
  • Kemudian tunggu beberapa menit, hingga ponsel Kamu membaca sinyal baru untuk kartu SIM yang Kamu gunakan.
  • Tunggu hingga kode 800 dikeluarkan, nyalakan ulang telepon, dan sinyal akan dikeluarkan secara otomatis.

3. Menggunakan Aplikasi Kotak Octoplus Box

Cara selanjutnya ialah dengan menggunakan aplikasi PC yang disebut Octoplus Box. Cara yang harus Kamu lakukan adalah:

  • Pastikan ponsel Kamu di-root terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi ini
  • Unduh perangkat lunak aplikasi Octoplus Box di PC Kamu untuk menjalankannya.
  • Pilih model ponsel yang akan Kamu buka kunci jaringannya.
  • Jika ponsel Kamu telah di-root, Kamu akan langsung dapat mengklik menu “Unlock” yang terletak di menu sebelah kanan, kemudian biarkan proses berjalan beberapa saat.
  • Jika muncul pesan maka ponsel Kamu telah berhasil membuka kunci jaringan, dan dapat dinyalakan seperti biasa.

4. Menggunakan Aplikasi Perangkat Lunak Z3x

Cara selanjutnya juga menggunakan bantuan software aplikasi dari PC yang bernama Z3X yang harus Kamu download terlebih dahulu. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi z3x kemudian install di PC atau laptop.
  • Masuk ke menu “setting” pada handphone Kamu > kemudian pilih “about phone” dan cari “usb debbuging”, lalu aktifkan.
  • Hubungkan handphone Kamu ke PC atau laptop kemudian nyalakan aplikasi z3x pro.
  • Pilih jenis ponsel yang ingin Kamu buka kunci jaringannya, kemudian pilih menu “unlock” pada menu di bagian atas.
  • Tunggu hingga proses selesai lalu mulai lagi.
Baca Juga:   Cara Instal Plugins ChatGPT Plus dan GPT 4 Tanpa Harus Membayar

Demikianlah tiga tips dan cara membuka blokir jaringan ponsel Samsung dari luar negeri, yang sudah terbukti berhasil di ponsel impor lainnya. Selanjutnya ada tips dan trik untuk mendaftarkan jaringan di ponsel di luar negeri.

Tips Mendaftarkan Jaringan Ponsel Luar Negeri

Mengatasi ponsel luar negeri yang tidak terdaftar di jaringan sangatlah mudah. Dan mengapa ponsel luar negeri tidak terdaftar jaringan? Hal itu karena penyebab dari keadaan ini adalah karena ponsel tersebut dibeli di luar negeri, sehingga IMEI-nya tidak terdaftar dan jaringannya tidak berfungsi.

Ponsel, komputer genggam, dan tablet (HKT) yang dibeli di luar negeri memang bisa menggunakan jaringan Indonesia selama IMEI perangkat tersebut terdaftar. Dan seperti yang kita tahu, International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah kode identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seperti ponsel, tablet, dan komputer genggam.

Dan bagi Kamu mungkin saat ini memiliki ponsel di luar negeri yang tidak memiliki jaringan di Indonesia. Jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan mendaftarkan IMEI ponsel Kamu melalui situs web bea cukai atau aplikasi Bea Cukai Mobile.

Setelah mendaftar, kamu akan menerima kode QR. Simpanlah kode QR tersebut karena Kamu harus menunjukkannya kepada petugas bea cukai di terminal kedatangan. Registrasi IMEI gratis, namun bea masuk dan pajak dalam rangka impor (PDRI) tetap dikenakan atas impor HKT.

Baca Juga:   Cara Melakukan Pemadanan NPWP Pribadi ke NIK, Batas Akhir 31 Desember 2023

Ketentuan ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Impor dan Ekspor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

Kamu akan dibebaskan dari bea masuk sebesar USD 500 dan kelebihannya akan dikenakan bea masuk dan PDRI. Jumlahnya adalah bea masuk 10%, PPN 10% dan PPh 10% jika Kamu memiliki NPWP dan 20% jika Kamu tidak memiliki NPWP.

Pendaftaran IMEI di Kantor Bea Cukai

Pendaftaran IMEI di Kantor Bea Cukai terdekat juga bisa dilakukan apabila kamu tidak sempat mendaftarkan IMEI pada saat kedatangan. Selain itu pendaftaran di Kantor Bea Cukai juga berlaku bagi kamu yang sudah melewati masa lima hari sejak tanggal surat karantina selesai.

Ada sejumlah syarat yang perlu disiapkan, berikut rinciannya yang bersumber dari Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-13/BC/2021:

  • Membawa paspor
  • Membawa boarding pass atau tiket
  • Membawa perangkat HP yang ingin didaftarkan
  • Pendaftaran paling lama 60 hari sejak tiba di Indonesia

Jika HP luar negeri tidak terdaftar jaringan didapat melalui jasa kirim barang, pihak yang mendaftarkan IMEI adalah penyedia jasa kirim tersebut.  Sementara itu, untuk perangkat HP atau tablet yang didapat melalui transaksi dalam negeri, kamu dapat mengecek IMEI tersebut secara mandiri melalui situs beacukai.

Bila IMEI HP sudah didaftarkan tapi tetap tidak terdaftar di jaringan, kamu dapat menunggu maksimal 2×24 jam sejak pendaftaran. Jika itu masih belum ada jaringan, kamu bisa menghubungi pihak call center Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui saluran telepon 159.

Adapun untuk masyarakat yang ingin mengetahui status IMEI dari HP yang digunakan, caranya bisa dilakukan dengan mengecek secara mandiri melalui link yang sediakan.

Dan selesai sudah penjelasan kita mengenai cara unlock jaringan HP Samsung dari luar negeri, beserta cara mendaftarkan jaringannya. Semoga informasi yang kita sajikan bermanfaat. Selamat mencoba! (CW)

Don`t copy text!