Wawa Mart Pontianak, Membuka Kerjasama Mitra Produk UMKM Kalimantan Barat

Mendapat informasi dari Grup WhatsApp Duta Halal LPPOM MUI mengenai telah dibukanya offline store milik salah seorang pengusaha fashion di kota Pontianak membuat Blogger Borneo langsung bergegas menuju ke lokasinya yang terletak di kawasan Jalan Uray Bawadi.

“Assalamualaikum, informasi untuk semuanya yang mau menitipkan produknya silahkan bisa menghubungi dengan Mbak Nia di nomor 085245934499”, demikian pesan singkat ini dikirimkan oleh salah seorang anggota grup whatsapp Duta Halal LPPOM MUI Kalimantan Barat.

Membaca informasi ini Blogger Borneo langsung merespon dengan cepat, pesan perkenalan pun langsung dikirimkan ke nomor tertera diatas via whatsapp. Alhamdulillah tak begitu lama, sang pemilik nomor pun meresponnya dengan cepat juga.

Wawa Mart Pontianak

Karena sedang NGOGAN alias Ngopi Ganteng di Coffeekier yang letaknya tidak seberapa jauh dari lokasi offline store tersebut, Blogger Borneo pun langsung membuat janji untuk bertemu dengan Mbak Nia saat itu juga.

“Oke Bang, kalau bisa datang sekarang ya karena saya sedang di toko juga”. demikian jawabnya singkat membalas pesan Blogger Borneo sebelumnya.

Tanpa pikir panjang Blogger Borneo pun langsung nge-gass kuda besi merek Toyota Agya Silver 1.2G yang sehari-hari menemani perjalanan dalam suka maupun duka, dalam kondisi hujan maupun panas. Dirinya selalu setia mendampingi kemana saja. Cieee… So suittt…

Blogger Borneo Selfie Front of WawaMart Pontianak
Image: Dok. Pribadi

15 menit berselang, Blogger Borneo pun tiba di lokasi. Melihat lingkungan sekeliling untuk menghafalkan detail lokasi, bangunan ruko berukuran sekitar 4×16 meter ini berada di Jalan Uray Bawadi (lebih dikenal sebagai Jalan Jawa).

Melihat ke seberangnya tepat berhadapan dengan Masjid Ash Salihin. Ternyata lokasi ini cukup mudah dicari dan berada di kawasan dekat perkotaan sehingga memudahkan akses bagi para pelanggan yang akan datang untuk berbelanja.

Sudah menjadi kebiasaan, sebelum melangkahkan kaki masuk ke Wawa Mart Pontianak, Blogger Borneo berselfie ria dulu di halaman depannya. Cheeerrrsss… Cekrek…

Etalase Produk UMKM Kalbar

Nuansa kearifan lokal langsung terasa begitu Blogger Borneo masuk ke dalam ruangan. Aroma beberapa jenis rempah yang produknya terpampang jelas begitu menusuk hidung, namun demikian Blogger Borneo tetap suka akan aroma-aroma tersebut. Terasa seperti sedang melakukan aroma therapy.

Melihat Mbak Nia sedang sibuk melayani tamunya, Blogger Borneo pun berkeliling melihat-lihat produk-produk apa saja yang dijual di Wawa Mart Pontianak. Beberapa pojok etalase masih tampak kosong belum terisi, ya mungkin karena baru dibuka sehingga masih butuh pasokan produk dari para supplier di Kalimantan Barat.

Nah, sang tamu pun sudah beranjak pergi. Sekarang gantian Blogger Borneo mengisi posisi duduk yang baru saja ditinggalkannya.

“Maaf Mbak, perkenalkan nama saya Dwi yang barusan whatsapp Mbak dari Bakso BorneoFood“.

“Oh iya Bang, salam kenal juga. Kira-kira apa yang bisa saya bantu?” balas Mbak Nia.

Mitra Pemasaran Bakso BorneoFood

Di kunjungan perdana ini, Blogger Borneo menjelaskan mengenai maksud dan tujuan kedatangan ke Wawa Mart Pontianak adalah ingin mengajak kerjasama sebagai mitra penjualan dari produk-produk yang didistribusikan oleh BorneoFood Indotama dimana salah satu jenisnya adalah Bakso Frozen BorneoFood.

Alhamdulillah Mbak Nia merespon positif maksud dan tujuan yang disampaikan sehingga tak butuh waktu lama, Blogger Borneo pun langsung menghubungi bagian marketing untuk membawakan produk Bakso Halal Pertama di Kalimantan Barat ini sejumlah yang diminta pertama kalinya.

Secara sekilas, dilihat dari penampakan ruangan, susunan etalase, dan jenis produk yang dijual, Blogger Borneo lebih menganggap Wawa Mart Pontianak sebagai etalase produk offline para UMKM di Kalimantan Barat. Tempat seperti inilah yang sebenarnya Blogger Borneo impikan sejak lama ketika awal mula bersama beberapa orang sahabat berinisiatif membentuk Komunitas UMKM Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

Syarat dan Ketentuan Menjadi Mitra

Nah, bagi para pelaku UMKM di Kalimantan Barat yang juga ingin menjadi mitra penjualan Wawa Mart Pontianak, ada beberapa syarat dan ketentuan harus dipenuhi, antara lain:

  • Merupakan Produk Sendiri. Mbak Nia menjelaskan dengan bekerjasama langsung dengan produsennya langsung maka bisa dijual sama dengan harga jual di pasaran luar.
  • Harga Jual Tetap Sama. Mbak Nia menjelaskan harga jual produk tetap akan sama, tidak ada upgrade karena tujuan Wawa Mart Pontianak dibuka salah satunya ingin membuat laris produk UMKM Kalimantan Barat yang dipajang disini.
  • Sistem Konsinyasi. Mbak Nia menjelaskan sistem yang digunakan adalah titip produk alias konsinyasi. Dan jika produknya tinggal sedikit, maka invoice akan langsung dilunaskan dan mitra boleh mengisi kembali stok produknya seperti sedia kala.

Demikian 3 (tiga) poin utama yang dijelaskan sehubungan dengan syarat dan ketentuan untuk dapat menjadi mitra penjualan Wawa Mart Pontianak. Sedangkan untuk legalitas dan sertifikasi produk itu menjadi tanggung jawab sang produsen sendiri. Alhamdulillah produk Bakso Frozen BorneoFood sudah mengantongi izin Sertifikasi Halal MUI, Nomor Kontrol Veterineer (NKV), dan MD BPOM RI.

Sesi silaturahmi perdana pun selesai dilakukan, karena berhubung Blogger Borneo masih ada janji untuk mengantarkan paket bakso ke calon reseller Bakso BorneoFood, maka permohonan pamit pun diucapkan. Tidak lupa sebelumnya Blogger Borneo meminta izin untuk mengambil beberapa jepretan foto sebagai bahan dokumentasi.

Sukses dan berkah selalu dalam menjalankan usaha untuk Wawa Mart Pontianak, semoga kedepannya kerjasama kemitraan ini bisa terus berkembang dan saling menguntungkan kedua belah pihak. Amin Ya Allah…

Jika dari pihak Pemerintah Kota Pontianak memiliki UMKM Center Pontianak, maka dari pihak swasta kita memiliki Wawa Mart Pontianak. Sekarang tinggal kita nantikan saja kehadiran Wawa Mart versi online dalam bentuk aplikasi atau marketplace sehingga bisa lebih memudahkan para pelanggan untuk berbelanja.

Berikut merupakan hasil video singkat yang Blogger Borneo buat, semoga berkenan ya…

Keterangan:

  • Bagi kawan-kawan yang memiliki produk sendiri bisa langsung datang ke Wawa Mart Pontianak atau terlebih dulu menghubungi Mbak Nia di nomor 085245934499.
3 Komentar
  1. Dwi says

    Waah mantap ya wawamart ini jadi bersinergi dengan para produsen, tapi khusus Pontianak aja ya kayanya blm ada di Jakarta nih…

    1. Dwi Wahyudi says

      Untuk saat ini fokus di Pontianak dulu Kak, Insya Allah buka di Jakarta suatu saat nanti. Amin…

  2. Djangkaru Bumi says

    Sungguh luar biasa ramahnya ya
    Wah saya juga seperti itu, suka selfie 😀
    Semoga usahanya semakin laris dan berkembang
    Saya ikut senang pastinya

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More