BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Rangga Saputra: 13 Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi

Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi

Mengisi waktu senggang ketika berada di rumah sakit, Blogger Borneo mencoba untuk kembali menulis di blog yang sempat kurang lebih seminggu terabaikan dikarenakan kondisi kesehatan sedang mengalami penurunan.

Sebenarnya buku ini sudah dibaca tak lama setelah Blogger Borneo menerimanya langsung dari Direktur POLNEP Bapak Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si.

Pada saat itu, bersama dengan para pengurus Relawan TIK Kalimantan Barat, sengaja bersilaturahim dan bertemu langsung dengan Beliau untuk membahas mengenai rencana penyelenggaraan kegiatan Pandu Digital di Kota Pontianak secara daring.

Atas dasar beberapa pertimbangan, kami berencana untuk memilih Beliau menjadi keynote speaker kegiatan pada saat itu.

Di sela-sela diskusi, Beliau bercerita mengenai salah seorang mahasiswanya yang di penghujung masa kuliahnya di Politeknik Negeri Pontianak meninggalkan kenangan dalam bentuk buku hasil karangannya sendiri.

Buku tersebut diberi judul Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi, ditulis oleh Rangga Saputra, A.Md. Kom.

Tanpa dikira, pada saat kami akan berpamitan pulang, Beliau memberikan buku tersebut sebagai cinderamata.

Tentang Penulis

Buku Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi ini diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Literasi Indonesia Tahun 2021 dengan nomor ISBN 978-623-96522-7-2.

Di halaman awal, beberapa testimoni menjadi bacaan pembuka. Diantara sosok yang memberikan testimoni tersebut, Blogger Borneo hampir mengenal semuanya.

Membaca mengenai profil Rangga Saputra di halaman Tentang Penulis, baru tahu ternyata sosok ini merupakan putra kelahiran Desa Kuala Dua Kabupaten Kubu Raya 23 tahun lalu.

Kesukaannya akan dunia IT dimulai pada saat masuk SMP. Berbekalkan laptop pinjaman dari Sang Kakak, sosok Rangga muda memulai langkah hidupnya dengan belajar mengeksplorasi keterampilan desain visual.

Tiga tahun proses belajar secara otodidak, Rangga Saputra ingin fokus mendalami ilmu IT yang semakin dicintainya. Oleh karena itu, SMK Negeri 7 Pontianak menjadi pilihan utama. Banyak ilmu dan pengalaman diperolehnya di sekolah kejuruan ini.

Politeknik Negeri Pontianak menjadi pelabuhannya untuk tingkatan Akademi. Menyelam sambil minum air, sambil kuliah Rangga pun mengasah kemampuannya menulis dengan bergabung dalam Forum Indonesia Menulis (FIM) yang diasuh dan dimentori oleh Fakhrul Arrazi.

Alhamdulillah kisah perjalanan hidupnya terjun di dunia IT sejak duduk di bangku SMP hingga lulus di Politeknik Negeri Pontianak telah memberinya banyak ilmu dan pengalaman dan semua itu telah dituangkan dalam buku Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi yang baru saja diterbitkan.

Daftar Isi

Sesuai judulnya, buku Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi ini berisikan 13 jenis “dosa” yang menurut penulisnya selama ini sering dilakukan oleh para mahasiswa jurusan IT dan mungkin termasuk dirinya sendiri.

Saya sendiri butuh waktu untuk mengetahui dan memahami dengan jelas, bahwa beberapa jalan yang saya pilih adalah salah. Saat inilah membutukan sebuah framework. Saya mencoba menggunakan cara me-time diwaktu-waktu terbaik, seperti saat libutr, sehabis salat, atau disaat-saat hening dalam kesendirian. – Rangga Saputra

Secara keseluruhan, berikut ini adalah daftar isinya:

  • Testimoni
  • Kata Pengantar
  • Big Thanks To
  • Daftar Isi
  • Potret Mahasiswa IT
  • Salah Jalan
  • 13 Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi
  • Reward bagi Teman-teman yang Sampai pada Titik Ini
  • Daftar Pustaka
  • Tentang Penulis

Untuk saat ini, proses penerbitan buku 13 Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi telah masuk Batch 2. Mohon do’anya proses penerbitan berjalan lancar tanpa ada kendala sehingga bisa cepat sampai ke tangan para pembacanya.

Di bagian akhir, penulis ada juga memberikan bonus bagi para pembaca yang sudah membaca keseluruhan isi dari 13 Dosa Mahasiswa IT Hingga Pasca Skripsi dalam bentuk daftar aplikasi bermanfaat apa saja yang digunakan sendiri oleh penulis bukunya.

Kategori Pembaca

Menurut penulisnya, buku sangat cocok bagi para pembaca dengan kategori sebagai berikut:

  • Yang masih SMA sederajat, dan ingin berkuliah IT.
  • Mahasiswa Baru IT.
  • Mahasiswa semester atas.
  • Merasa salah jurusan.
  • Menjadi aktivis atau adakemis.
  • Sedang Tugas Akhir (TA) atau Skripsi.
  • Pasca wisuda.
  • Orang umum yang ingin tahu tentang IT.

Cara Memesan

Karena masih dalam proses cetak Batch 2, maka proses pemesanan buku untuk sekarang ini hanya bisa dilakukan secara pre-order melalui link https://bit.ly/DMITHPS.

Advertisement

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards