4 Smartwatch Terbaik untuk Mendukung Aktivitas Olahraga

Smartwatch atau jam tangan pintar sudah bukan jadi barang asing lagi untuk mendukung aktivitas olahraga. Kalau dulu cuma bisa mengandalkan HP saja untuk melacak aktivitas olahraga, kini sudah ada smartwatch.

Smartwatch atau jam tangan pintar ini punya fungsi sebagai health assistant. Apalagi umumnya produk ini kaya fitur penting seperti melacak kalori yang terbakar, jumlah langkah kaki, hingga melacak aktivitas fitness.

Beberapa smartwatch canggih bahkan bisa melacak pola tidur, siklus menstruasi, hingga mengukur saturasi oksigen dan tingkat energi tubuh. Menarik bukan?

Smartwatch Terbaik untuk Olahraga

Ada banyak brand yang memiliki lini smartwatch. Beberapa di antaranya bahkan khusus diciptakan dan didesain untuk mendukung aktivitas olahraga. Supaya kamu tidak bingung memilih, berikut rekomendasi 4 smartwatch terbaik untuk mendukung aktivitas olahraga:

Fitbit Versa 3

Fitbit Versa 3 adalah salah satu produk paling populer dari Fitbit. Smartwatch Fitbit ini sudah dilengkapi dengan built in GPS + GLONASS (Global Navigation Satellite System).

Fitbit Versa 3
Image: www.fitbit.com

Beberapa fitur dasar seperti 20++ exercise modes, SmartTrack, dan 3 Axis accelerometer, gyroscope, dan altimeter pun sudah tersemat di dalamnya.

Tak hanya itu, Fitbit Versa 3 ini juga dilengkapi fitur canggih yang tak banyak dimiliki jam tangan pintar lainnya.

Fitbit Versa 3 ini dilengkapi dengan Sleep Tracker, laporan Sleep Score, serta SPO2 untuk mengukur estimasi oksigen selama kamu tidur. Fitur canggih lainnya adalah PurePlus 2.0 untuk mengukur detak jantung selama 24 jam non-stop.

Nah, untuk kamu yang ingin memaksimalkan intensitas olahraga, Fitbit Versa 3 ini dibekali fitur Active Zone Minutes. Fitur satu ini berfungsi untuk mengukur detak jantung pada posisi istirahat dan memberikan getaran untuk meningkatkan intensitas supaya olahraga lebih maksimal.

Selain fitur-fitur di atas, Fitbit Versa 3 ini juga tahan air hingga kedalaman 50 meter dan baterainya mampu bertahan 6 hari dengan satu kali pengisian daya.

Harga smartwatch ini sendiri berada di kisaran 4 jutaan dengan dua pilihan warna Pink Clay/Soft Gold dan Black.

Apple Watch 6

Apple Watch 6
Image: www.apple.com

Apple memperkenalkan smartwatch terbarunya di tahun 2020 yaitu Apple Watch 6.

Seri terbaru dari Apple Watch ini lebih fokus pada fitur kesehatan terbaru dari Apple.

Sebelumnya Apple sendiri sudah memiliki fitur untuk melacak aktivitas olahraga seperti melacak jumlah langkah kaki.

Namun kali ini Apple Watch 6 diperkaya fitur unggulan terbarunya yaitu fitur pendeteksi tingkat oksigen dalam darah.

Fitur ini menggunakan teknologi sinar infrared untuk mengukur kadar oksigen dengan cepat yakni hanya 15 detik saja.

Menariknya lagi, Apple Watch 6 ini juga sudah bisa melacak siklus tidur kamu dan membantu mengatur rutinitas tidur untuk hidup yang lebih sehat.

Smartwatch Apple ini bahkan mampu melacak siklus menstruasi, memberikan peringatan jika berada di situasi yang bising, hingga melatih keseimbangan mental kamu.

Salah satu fitur yang tak kalah menarik dari Apple Watch 6 ini adalah fitur otomatis yang mendeteksi saat kamu cuci tangan.

Smartwatch Apple ini akan secara otomatis mengaktifkan timer selama 20 detik.

Selesai olahraga tidak ada lagi kata lupa cuci tangan, kan? Harga smartwatch ini dipatok mulai dari seharga USD 399 atau setara 6 jutaan.

Samsung Galaxy Watch Active 2

Samsung belakangan juga turut mengembangkan smartwatch-nya untuk mendukung aktivitas olahraga. Samsung Galaxy Watch Active2 ini merupakan pengembangan dari generasi pertamanya yang dirilis tahun 2019.

Samsung Galaxy Watch Active 2
Image: news.samsung.com

Samsung Galaxy Watch Active2 sendiri punya fitur dasar seperti heart rate tracking dan movement tracking. Saat ini Samsung Galaxy Watch Active2 mampu melacak 7 olahraga yaitu jogging, lari, bersepeda, dayung, elliptical training, dan renang.

Selain fitur-fitur di atas, Galaxy Watch Active2 fitur menarik yang mampu membantu menjaga kesehatan mental kamu yaitu stress tracker. Fitur stress tracker ini berfungsi untuk mendeteksi tingkat stress selama berkegiatan.

Jika fitur ini mendeteksi kau sedang stress, makan Galaxy Watch Active2 akan memberikan rekomendasi latihan pernafasan untuk menstabilkan diri kamu.

Harga Galaxy Watch Active2 dibanderol seharga 5 jutaan. Cukup tinggi namun fitur yang kamu dapatkan sangat bermanfaat.

Garmin Venu

Garmin Venu merupakan GPS Multisport Watch yang dapat berfungsi sebagai health assistant. Jam tangan pintar Garmin ini dapat memantau kesehatan selama 24 jam.

Garmin Venu
Image: www.theverge.com

Smartwatch ini punya fitur yang dapat memantau energi tubuh, saturasi oksigen, melacak hidrasi, aktivitas pernafasan, hingga melacak siklus tidur.

Selain itu, Garmin Venu punya 20 mode latihan luar ruangan dan dalam ruangan seperti lari, berenang, bersepeda, yoga, pilates, aerobik, dayung, ski, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu bingung mau memulai olahraga dengan gerakan apa, Garmin punya berbagai jenis animasi latihan untuk olahraga.

Kamu tidak perlu bingung mencari gerakan di internet karena Garmin sudah menyediakan di jam tangan pintarnya. Ada 12 jenis gerakan dasar olahraga yang disediakan Garmin.

Selain itu dengan Aplikasi Garmin Connect, kamu bisa mendapatkan 33 animasi latihan lainnya seperti Pilates, Yoga, dan latihan kekuatan yang bisa diunduh gratis.

Jam tangan pintar yang cocok untuk kamu yang baru mulai olahraga ini harganya sekitar 5 jutaan.

Jadi, si antara keempat smartwatch ini, mana yang dapat mendukung aktivitas olahraga kamu? (ADV)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More