Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

6 Jenis Batu Akik Khas Kalimantan Barat

BLOGGERBORNEO.COM – Popularitas batu akik sekarang tengah melejit dan laris manis dipasaran, khususnya batu akik di Kalimantan Barat tidak kalah populernya dengan batu-batu daerah lain. Batu asli daerah Kalimantan Barat biasa disebut dengan “batu kecubung”. Batu kecubung kini menjadi incaran hampir setiap anak muda di Kalimantan Barat karena warnanya yang cantik dan khas itu.

Tapi tahukah anda? ternyata batu alami yang dihasilkan Kalimantan Barat ternyata cukup banyak dan beragam. Hal ini yang akan kita bahas disini. Khusus penduduk Kalimantan Barat harus mengetahui apa saja batu akik yang dimiliki daerah tercinta kita ini. Berikut adalah beberapa macam batu akik yang ada di Kalimatan Barat :

1. Batu Kecubung

kecubung ungu
Kecubung Ungu (Sumber: bisnisborneo.com)

Batu kecubung atau ametis merupakan jenis batuan mineral kuarsa. Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda. Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung.

BACA JUGA: MENJAJAL PELUANG BISNIS BATU AKIK KALIMANTAN

Batu ini menjadi primadona di Kalimantan Barat dan menjadi incaran para kolektor batu. Batu kecubung juga terbagi menjadi beberapa jenis seperti kecubung ungu, es, kristal, madu, bensin, solar, teh, kopi dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya jenis-jenis batu kecubung ini terkenal berasal dari kota Ketapang yang biasa disebut Kota Ale-Ale.

2. Batu Kecubung Sempalai

kecubung sempalai
Kecubung Sempalai (Sumber: olx.co.id)

Batu ini masih sejenis dengan batu kecubung, akan tetapi batu  ini berasal dari kabupaten Sambas dan mulai ngetrend baru-baru ini. Batu ini juga pernah dipertandingkan di kontes-kontes nasional akan tetapi masih kalah pamor dengan batu dari luar seperti bacan dan lainnya.

Menurut seorang kolektor batu antik, batu kecubung sempalai ini pernah di tawar hingga 15 juta rupiah, cukup fantastis bukan harganya?

3. Batu Kecubung Biru Laut

kecubung biru laut
Kecubung Biru Laut (Sumber: tokopedia.com)

Batu ini merupakan batu jenis premium dan harganya sangat mahal. Untuk ukuran kecil saja bisa mencapai jutaan. Batu ini dalam dunia batu akik biasa disebut sebagai batu “Aqua Marine” dan sudah terkenal diseluruh dunia.

4. Batu Kecubung Karang

Batu jenis ini biasanya memiliki motif karang didalam batu, maka dari itu disebut sebagai kecubung karang. Batu ini juga mulai meningkat popularitasnya dikalangan pecinta batu.

5. Red Borneo

Batu Red Borneo Kalimantan
Batu Red Borneo Kalimantan (Sumber: BukaLapak.Com)

Batu red borneo merupakan jenis batu akik yang berasal dari Kalimantan Barat, untuk namanya saja sudah memakai “Borneo” yang menandakan kalau batu ini berasal dari Kalimantan Barat. Warna Merah Cerah yang nyaman dipandang ( Kualitas super memiliki warna seperti sirup atau fanta), Jika warna tidak terlalu Merah atau Pink tapi cerah itu lumayan bagus. Jika warna tidak hidup, kusam, tidak cerah, tidak nyaman dipandang itu adalah kualitas rendah. Batu ini juga sedang meningkat popularitasnya dipasaran.

6. Panca Warna

Batu akik panca warna sendiri adalah jenis batu akik yang memiliki ciri-ciri banyaknya warna pada batu tersebut. Biasanya batu panca warna yang terkenal adalah dari Jawa, akan tetapi batu panca warna dari Kalimantan sendiri tidak kalah bersaing di pasaran.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis batu akik khas Kalimantan Barat, oleh karena keterbatasan data dan sumber yang kita miliki, BloggerBorneo hanya dapat merangkum beberapa jenis batu diatas. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda untuk menjalankan bisnis batu akik ini khususnya di Kalimantan Barat. (PA)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Comments are closed.