Mencicipi Bakmie Kepiting Pontianak Halal Pertama di Kalimantan Barat

Menjelang pelaksanaan event Pontianak Creative Culinary Festival 2019, salah satu pihak pendukung kegiatan yaitu Ayam Pak Usu Pontianak menyelenggarakan Blogger Competition bertemakan Mie Sagu dan Bakmie Kepiting Khas Pontianak dengan total hadiah 6 juta rupiah.

Bakmie Kepiting Pontianak Halal – Rumah Makan Ayam Pak Usu merupakan salah satu Restoran dan Rumah Makan Halal Pontianak yang sudah mendapatkan Sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (SH MUI) dengan nomor registrasi 21310004670616 yang berlaku hingga tanggal 15 Oktober 2020. Dengan dimilikinya label halal ini, maka dijamin semua menu makanan dan minuman yang disajikan disini aman dikonsumsi oleh pengunjung dari kalangan Muslim.

Secara garis besar, sesuai namanya, Bakso dan Bakmie Pak Usu Pontianak menyediakan menu makanan untuk kategori Bakso dan Bakmi. Diantara semua jenis menu makanan tersebut, Bakmie Kepiting Halal Khas Pontianak menjadi salah satu menu istimewa selain Mie Sagu yang direkomendasikan untuk dicoba pertama kali ketika berkunjung kesini.

Bakmie Kepiting Pontianak Halal

Sebelum lanjut ke pembahasan lebih dalam, terlebih dahulu Blogger Borneo ingin memberikan apresiasi tersendiri kepada pemilik Ayam Pak Usu Pontianak karena telah “bersedia” untuk melabeli brand usahanya dengan SH MUI dimana menurut orang-orang diluar sana bahwa proses untuk mendapatkan label halal tersebut adalah sulit dan mahal.

Sebagai salah seorang blogger yang suka makan, kondisi pelabelan halal ini selalu menjadi pertimbangan utama dalam memilih lokasi kuliner yang ingin dituju. Meskipun status lokasi kuliner tersebut terkenal atau khas di sebuah daerah, tapi jika belum memiliki label Halal resmi dari MUI maka statusnya diragukan. Apalagi jika “maaf” yang mengelola lokasi kuliner tersebut bukan seorang Muslim.

Tempat Kuliner Halal Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Pada foto diatas dapat dilihat penampakan dua menu istimewa yang disajikan oleh Rumah Makan Ayam Pak Usu yaitu Mie Sagu Khas Pontianak dan Bakmie Kepiting Pontianak Halal pertama ini. Penampakan foto ini Blogger Borneo abadikan ketika sedang berkunjung, khusus ingin mencoba kedua menu istimewa tersebut.

Tidak Hanya Sekedar Halal

Untuk bisa mendapatkan label SH MUI memang butuh pengorbanan karena ketika kita bicara Halal maka cakupannya tidak hanya sekedar ada menggunakan daging babi atau tidak dalam olahan menu makanannya. Tapi juga dilihat bahan baku, alat-alat yang digunakan, higienitas lingkungan, dan masih banyak lagi hal lainnya. Oleh karena itu, ketika Rumah Makan Halal Pontianak Ayam Pak Usu sudah mendapat SH MUI maka tidak diragukan lagi.

Hampir jam 11 siang Blogger Borneo tiba di lokasi. Begitu sampai di pintu masuk, pelayan dengan ramah telah menunggu di samping dua layar monitor besar sembari menanyakan menu-menu apa saja yang ingin dipesan. Setelah proses pemesanan dilakukan, Blogger Borneo diminta untuk langsung menuju bagian Kasir dengan membawa kertas nomor antrian pemesanan.

Sesuai Alur Satu Arah

Paket Menu Bakmi Kepiting Khas Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Sesampainya di meja Kasir, Blogger Borneo langsung melakukan pembayaran sejumlah menu yang sudah dipesan. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau debit melalui BNI. Selesai membayar, Blogger Borneo langsung menuju meja yang tersedia sambil menunggu menu pesanan datang.

Jika diperhatikan, sejak pertama kali masuk hingga duduk di meja, alur prosedurnya berjalan satu arah. Pengaturan mekanisme pelayanan internal secara teratur seperti ini masuk dalam kriteria penilaian ketika proses pengajuan SH MUI dilakukan. Jadi sudah cukup jelas bahwa bicara SH MUI tidak hanya sekedar bicara HALAL SEMATA.

Paket Menu

Untuk dapat menikmati cita rasa menu istimewa Bakmi Kepiting Halal Khas Pontianak, harga yang harus ditebus cukup murah yaitu hanya Rp. 25.000,- untuk paket menu biasa dan Rp. 30.000,- untuk paket menu spesial. Dalam satu porsinya sama-sama berisikan: Bakmi Kering, Telur Dadar, Fish Cake, Kacang Kedelai, Potongan Daging Ayam dan Kepiting, Bakso Ikan, dan Pangsit. Yang membedakannya ada pada tambahan capit kepiting dalam paket menu spesialnya.

Nah, sekarang sajian menu yang dipesan sudah tampak didepan mata. Setelah sempat mengulik-ngulik bahan-bahan apa saja yang terdapat dalam paketan menu Bakmi Kepiting Khas Pontianak Rumah Makan Ayam Pak Usu, sekarang saatnya untuk menyantap habis hidangan tersebut.

Aplikasi Android

Demi mempermudah para pelanggannya, Ayam Pak Usu Pontianak membuat sebuah aplikasi android yang bisa diinstal melalui Google Play Store. Melalui aplikasi android Ayam Pak Usu, kita dapat melihat informasi seperti: Berita UMKM Terbaru, Daftar Produk UMKM Kalbar, Menu Makanan dan Minuman, serta Daftar Menu Favorit Pilihan Para Pelanggan.

Aplikasi Android Ayam Pak Usu Pontianak
Image: Google PlayStore

Selain itu, kita dapat mengumpulkan poin demi poin dari hasil transaksi ketika berkunjung ke Ayam Pak Usu Pontianak. Setiap pembelian minimal 50 ribu, maka kita berhak atas 5000 poin.  Ini berlaku kelipatan dan tidak dapat diuangkan. Cukup scan qr code dari aplikasi pada saat proses pembayaran selesai dilakukan.

Kumpulkan poin-poin ini untuk kemudian ditukarkan pada saat datang kembali. Penukaran poin berlaku kelipatan 10.000, 20.000, 30.000, dan seterusnya. Maksimal penukaran untuk satu kali transaksi adalah 200.000 poin. Batas akhir penukaran poin adalah pada tanggal 31 Desember di setiap tahunnya.

Video Liputan

Secara lengkap Blogger Borneo ada membuat video singkat mengenai kunjungan ke salah satu lokasi kuliner halal di Pontianak ini. Silahkan melihat hasil liputannya dibawah ini, semoga bermanfaat.

Pontianak Creative Culinary Festival 2019

Dalam rangka memperingati hari jadi ke-248 Kota Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DISPORAPAR) akan menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan dimana salah satunya adalah Pontianak Creative Culinary Festival 2019.

Pada pelaksanaan kegiatan kali ini, DISPORAPAR Pontianak menggandeng beberapa pihak kerjasama, antara lain: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Ayani Mega Mall, dan Ayam Pak Usu. Insya Allah selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 16 sampai 20 Oktober 2019,  kegiatan ini akan mengambil tempat di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak.

Akan banyak stan kuliner akan ambil bagian dalam penyelenggaraan event kuliner besar di Pontianak ini, dan salah satu diantaranya adalah Ayam Pak Usu sendiri. Jadi bagi kawan-kawan yang ingin mencicipi menu Mie Sagu Khas Pontianak dan Bakmie Kepiting Pontianak Halal pertama ini bisa langsung datang ke standnya nanti.

So, bagi masyarakat kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung kesini ya. Mari bersama kita semarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pontianak tercinte. I Love Pontianak… (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More