Menikmati 10 Obyek Wisata Kota Pontianak dalam Sehari

Kota Pontianak memiliki karakteristik geografis yang unik karena dilintasi langsung oleh garis khatulistiwa. Oleh karena itu, jika sudah datang di Pontianak jangan lupa untuk datang dan berkunjung ke Tugu Khatulistiwa.

Obyek Wisata Kota Pontianak – Selain memiliki karakteristik unik karena tepat dilintasi oleh garis khatulistiwa, kota yang dijuluki sebagai Negeri Khatulistiwa ini juga memiliki berbagai aneka ragam khasanah khas adat istiadat dan corak budaya dari tiga suku besar yang mendiami, yaitu: Suku Melayu, Suku Dayak, dan Suku Tiong Hoa. Perpaduan antar letak geografis dan kemajemukan ketiga unsur kultur budaya ini menjadikan Kota Pontianak memiliki keelokan tersendiri khususnya dalam bidang pariwisata.

Kota Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota Pontianak, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadaikan dalam lambang Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi.

Obyek Wisata Kota Pontianak

Perayaan-perayaan terhadap sebuah momen disetiap budaya memberikan nuansa berbeda dalam kesehariannya. Yang pasti, berbagai jenis aneka kuliner dengan cita rasa cukup bervariasi juga ikut menjadi salah satu ikon pariwisata di Kota Pontianak.

Untuk ke Pontianak sendiri membutuhkan waktu penerbangan sekitar 1 jam 30 menit dari Jakarta. Bisa juga ditempuh melalui perjalanan darat menggunakan bis antar negara dari Malaysia dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Minimal waktu berkunjung ke kota Pontianak adalah 3 hari 2 malam agar bisa berkunjung beberapa lokasi wisata yang ada di kota Pontianak dan sekitarnya.

Baca Juga: Paket Wisata Pulau Randayan

10 Obyek Wisata Kota Pontianak yang dapat dikunjungi, antara lain:

  1. Museum Negeri Pontianak (30-45 Menit)
  2. Rumah Adat Radakng (30-45 Menit)
  3. Rumah Adat Melayu (30-45 Menit)
  4. SD Tertua di Pontianak (30-45 Menit)
  5. Vihara Tertua di Pontianak (30-45 Menit)
  6. Keraton Kesultanan Kadriah dan Masjid Jami’ (45-60 Menit)
  7. Tugu Khatulistiwa (30-45 Menit)
  8. Rumah Produksi Hasil Olahan Tanaman Aloevera Pontianak (45-60 Menit)
  9. Taman Alun Kapuas dan Wisata Air Sungai Kapuas (60-90 Menit)
  10. Ngofee On The Street ( 45-60 Menit )
Paket Wisata Kota Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Selain berkunjung ke beberapa obyek wisata kota Pontianak yang telah ditentukan diatas, para tamu juga akan diajak untuk menikmati sajian kuliner khas kota Pontianak, antara lain:

  1. Bubur Pedas Pa’ Ngah (Muslim)
  2. Restoran Seafood Pondok Ale-Ale (Muslim)
  3. Mie Tiaw Apollo (Chinese)
  4. Mie Tiaw Antasari (Chinese)
  5. Restoran Alila / Prasmanan (Muslim)
  6. Bakmi Okie (Chinese)
  7. Dan lain sebagainya

Nah, yang terakhir tak kalah serunya adalah para tamu akan diajak untuk menikmati pemandangan di sepanjang Sungai Kapuas ketika sore hari hingga menjelang malam dengan menaiki perahu kayu bertenaga mesin pendorong. Sambil menyusuri sungai, para tamu juga bisa sambil menikmati cemilan-cemilan yang bisa dipesan sesuai selera.

Wisata Sungai Kapuas

Sungai Kapuas atau sungai Kapuas Buhang atau sungai Batang Lawai (Laue) merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

Nama sungai Kapuas diambil dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga muaranya disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai.

Baca Juga: Paket Wisata Pulau Lemukutan

Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.

Silahkan menonton rekaman video mengenai pemandangan ketika Blogger Borneo menaiki kapal motor sembari menikmati hembusan angin Sungai Kapuas yang cukup menyentuh jiwa raga. Dijamin baper yang masih jomblo dan bagi yang membawa pasangan sah nya, dijamin dunia milik berdua.

 

Nah, khusus bagi para tamu yang datang ke Pontianak dan ingin menikmati perjalanan ke 10 obyek wisata ini dapat menggunakan jasa sewa mobil online yang dapat dipesan melalui website atau aplikasi smartphone. Selain lebih simpel, biaya yang harus dikeluarkan tentu saja akan semakin murah apalagi jika perginya secara rombongan.

Mengenai lokasinya jangan kuatir deh, ga bakalan kesasar karena aplikasi penunjuk arah sekarang sudah cukup banyak tersedia. Tinggal pakai saja yang umum digunakan orang banyak, Insya Allah ke 10 obyek wisata di kota Pontianak ini akan dapat dikunjungi dalam waktu sehari. (DW)

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Kapuas

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More