BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Cara Memulai Bisnis Masker Organik, Perhatikan 5 Hal Ini

Cara Memulai Bisnis Masker Organik

Bisnis kecantikan merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Pasalnya semua perempuan menginginkan wajah yang bening dan cantik bak artis Korea Selatan.

Nah, bagi yang ingin memulai bisnis kecantikan dengan modal yang minim, cobalah membuat bisnis masker organik. Cara bisnis masker organik pun tergolong mudah karena pemilik tidak membutuhkan banyak barang dan bisa dibuat sendiri.

Masker organik adalah salah satu bentuk perawatan wajah yang terbuat dari bahan alami saja. Jadi, masker ini seharusnya aman digunakan untuk semua orang, baik anak-anak hingga orang dewasa.

Selain itu, karena tidak ada bahan kimia, masker organik digunakan untuk orang hamil maupun menyusui. Karena kelebihan inilah, bisnis masker organic bisa sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Persiapan Awal

Bagi yang ingin memulai usaha bisnis masker organik, maka pastikan melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Meskipun mudah dijalankan, namun tetap ada tips dan trik yang harus diterapkan agar bisnis dapat berjalan lancar dan laris di pasaran.

Untuk lebih detailnya, berikut adalah beberapa tips dalam memulai bisnis masker organik:

1. Mempelajari Jenis Bahan yang Bisa Digunakan

Cara bisnis masker organik yang pertama adalah mengetahui bahan-bahan yang bisa digunakan. Pada dasarnya, hampir semua jenis buah dan sayur yang ada di pasaran memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, pilihlah buah dan sayur yang memang memiliki manfaat paling banyak seperti tomat, timun, alpukat atau bengkoang.

Selain jenis bahan yang digunakan, jangan lupa juga untuk mempelajari manfaat dan fungsi dari setiap bahan. Dengan begitu, pemilik usaha dapat menentukan jenis bahan yang terbaik untuk dijadikan masker.

2. Identifikasi Masalah Kulit yang Paling Banyak

Bagi yang ingin usahanya laris di pasaran, maka lakukan survei untuk mengetahui masalah kulit yang paling banyak dihadapi. Cara ini akan membantu untuk menentukan bahan serta jenis masker yang akan dibuat nantinya. Agar survei tidak terlalu meluas, maka cantumkan beberapa jenis masalah kulit yang biasanya sering terjadi pada wanita seperti jerawatan, kucel ataupun berkomedo.

3. Mengetahui Cara Pembuatan yang Tepat

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membuat masker organik adalah proses pembuatanya. Karena ini adalah masker organik, maka produk tidak bisa tahan terlalu lama dan akan mudah rusak. Oleh karena itu, pastikan untuk mempelajari cara membuat masker organik yang bagus namun bisa bertahan lama tanpa tambahan kimia. Jadi, pemilik bisa menentukan jumlah yang harus diproduksi setiap periodenya.

4. Memilih Jenis Kemasan

Pada umumnya, masker organik berbentuk bubuk sehingga mudah tumpah. Agar hal ini tidak sampai terjadi, maka pastikan untuk memilih bentuk kemasan yang kuat namun juga tetap menarik. Jika produk tidak hanya sekali pakai, maka pastikan untuk menggunakan kemasan yang memang reusable dan tidak rusak ketika dibuka tutup. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan logo dan identitas usaha pada kemasan.

5. Menyediakan Varian yang Berbeda

Setelah mengetahui cara bisnis masker organik, maka saatnya menjalankan usaha tersebut. Salah satu tips agar bisnis tersebut menarik peminat di pasaran adalah dengan memberikan beberapa varian sekaligus. Usahakan untuk menyediakan minimal 3 varian bahan yang memang dapat menyelesaikan berbagai masalah wajah.

Tips Laris Manis

Salah satu bagian tersulit dalam menjalankan bisnis masker organik adalah menjualnya agar laris manis pasaran. Selain ada banyak pesaing, mendapatkan kepercayaan pelanggan juga tidak mudah. Untuk membantu melariskan produk di pasaran, berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan:

1. Melakukan Promosi Secara Rutin

Apabila usaha masker ini masih baru, maka pastikan untuk terus melakukan promosi secara rutin, terutama secara online. Pertama, buatlah akun khusus untuk produk tersebut dan jangan lupa untuk mempromosikannya secara rutin. Selain produk, informasikan manfaat dari bahan-bahan yang dijual di toko tersebut.

Untuk menarik perhatian pembeli, jangan lupa untuk memberikan penawaran menarik seperti promo atau bonus. Jadi, berikan diskon 10% untuk beberapa pembeli pertama agar orang tertarik untuk membelinya segera.

2. Memberikan Sampel

Agar orang dapat mengetahui jenis produk yang dijual, maka cobalah berikan sampel gratis kepada orang-orang tertentu. Dengan begitu, orang bisa melihat kualitas produk serta efeknya terhadap kulit. Buatlah sampel dengan varian yang berbeda agar orang bisa merasakan setiap produk yang ada.

3. Titipkan Produk di Tempat Lain

Salah satu cara memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas adalah dengan menitipkan produk ke klinik atau tempat lain dulu. Titipkan pada tempat yang memiliki banyak pengunjung seperti salon, klinik kecantikan atau supermarket. Dengan begitu, peluang orang melihat produk tersebut serta membelinya menjadi lebih besar.

4. Menggunakan Bahan yang Berkualitas

Dalam proses pembuatan masker, pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan yang alami. Pastikan tidak menambahkan bahan kimia di dalamnya untuk membuatnya bertahan lebih lama. Jika pelanggan sudah percaya dengan kualitas dari produk, maka pastikan untuk menjaga kepercayaan tersebut dengan selalu menjaga kualitasnya. Cara lain untuk meyakinkan pembeli bahwa bahan yang digunakan berkualitas, cantumkan jenis komponen yang ada di dalamnya.

5. Mencantumkan Testimoni

Cara lain untuk meyakinkan pelanggan agar membeli masker adalah dengan mencantumkan testimoni dari para pembeli yang sudah menggunakannya. Pastikan testimoni yang diberikan nyata sehingga orang lain pun percaya untuk menggunakannya. Jangan lupa juga untuk menyertakan kotak saran dan kritik di media sosial untuk mengetahui kekurangan dari produk.

6. Daftarkan BPOM

Jika usaha sudah mulai berkembang, maka usahakan untuk mendaftarkan ke BPOM agar kualitasnya lebih dipercaya lagi. Mendaftarkan produk ke BPOM memang tidak murah, namun jika sudah terdaftar orang tidak akan ragu lagi dalam menggunakan masker tersebut.

Saatnya Memulai Bisnis

Jadi, cara bisnis masker organik tidaklah sulit sehingga bisa dilakukan oleh siapapun termasuk mahasiswa hingga para IRT. Modal untuk memulai bisnis ini tidaklah besar, karena bahannya mudah dan murah didapatkan, serta proses pembuatannya pun mudah. Bahkan, hanya dengan modal Rp 100.000 orang bisa memulai bisnis ini dengan skala yang kecil.

Kelebihan lain dari bisnis masker organik adalah peluangnya yang cukup besar. Dengan jumlah wanita di Indonesia yang cukup banyak dan bahkan bertambah setiap tahunnya, peluang bisnis ini pun juga ikut meningkat.

Pastikan untuk memberikan varian yang cukup banyak agar pembeli bisa membeli sesuai dengan yang mereka butuhkan. Beberapa bahan terbaik yang bisa dicoba terlebih dahulu adalah tomat, alpukat dan bengkoang.

Jadi, bagi yang ingin memulai sebuah usaha dalam bidang kecantikan, cobalah pelajari cara bisnis masker organik diatas. Dengan prosesnya yang mudah, serta modal yang tidak terlalu besar, bisnis ini cocok untuk semua kalangan.

Untuk yang masih ragu, cobalah untuk membuat masker organik dengan bahan-bahan yang mudah dulu serta dalam jumlah yang kecil/ sedikit. (CW)

Advertisement

Indonesia Website Awards