Cara Merawat Alat Bantu Dengar Agar Tidak Mudah Rusak

Alat bantu pendengaran model CIC (Completely In Canal/di dalam liang telinga) merupakan model alat bantu dengar yang paling kecil dan model ini cocok digunakan untuk gangguan pendengaran ringan sampai gangguan pendengaran sedang.

Telinga merupakan salah satu alat indera penting bagi manusia yang fungsinya adalah untuk mendengarkan suara. Pada dasarnya telinga ini juga sama dengan bagian tubuh yang lainnya yang fungsinya semakin lama juga akan mengalami penurunan, umumnya hal tersebut terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Hal inilah yang membuat kemampuan mendengar seseorang juga menjadi berkurang. Agar fungsinya bisa optimal kembali maka digunakan alat bantu dengar.

Cara kerja alat bantu dengar ini juga sangat sederhana, tinggal dipakai di bagian luar telinga saja, cocok digunakan oleh siapa saja entah itu anak-anak maupun orang dewasa, agar ABD atau yang dikenal sebagai alat bantu dengar tersebut lebih tahan lama dan selalu sehat digunakan, maka pastikan bahwa Anda merawatnya dengan benar, berikut ini diantara beberapa tips perawatannya, yaitu:

  1. Bersihkan menggunakan kain yang bersih, jika perlu gunakan sikat kecil yang bulunya halus untuk membersihkannya, namun tidak sampai merusak permukaannya.
  2. Sebelum memegang alat bantu dengar tersebut maka patikan bahwa jari-jari Anda bersih dan juga dalam kondisi yang kering. Sehingga nantinya alat tersbeut juga tidak kotor ketika dipegang.
  3. Ketika membersihkan ABD tersebut maka pastikan ia berada di atas permukaan alas atau benda yang empuk, hal ini berguna untuk mencegah kerusakan pada permukaannya.
  4. Jika seandainya suara yang didengarkan dengan memakai alat tersebut sudah mulai samar, maka hendaknya gantilah dengan yang baru, karena ini adalah tanda bahwa daya sudah mulai lemah.
  5. Pastikan untuk memakai jenis baterai dan juga memasangnya secara benar, sehingga fungsinya bisa seperti baru lagi ketika sudah diganti dengan baterai.
  6. Ketika tidak digunakan maka hendaknya matikan alat tersbeut dnegan cara mengeluarkan baterainya dan simpan.
  7. Simpanlah ABD di tempat penyimpanan khususnya agar tidak mudah rusak.

Sangat mudah bukan, untuk mendapatkan alat bantu dengar yang tepat guna meningkatkan kemampuan mendengar Anda kembali juga bukan hal yang sulit, Anda bisa membelinya di toko yang menjual alat ini, seperti diantaranya adalah Pusat Alat Bantu Dengar Melawai, cek langsung disini https://pusatalatbantudengarmelawai.com/. (ADV)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More