Tips Mencari Jurusan Pertanian dan Jurusan Bimbingan Konseling di Bandung

Tak lama lagi para siswa setingkat SMU/SMK akan menerima hasil pengumuman kelulusan mereka. Seiring dengan itu, tentu saja mereka harus sudah mulai mencari informasi mengenai universitas apa saja yang akan mereka masuki nantinya. Untuk di Bandung sendiri, Masoem University bisa menjadi pilihan utama.

Masoem University Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang saat ini menjadi tujuan para siswa lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan kuliahnya setelah Jogjakarta. Diantara beberapa universitas yang ada, Masoem University termasuk salah satu diantara yang menawarkan kualitas pendidikan terbaik untuk beberapa fakultas dan jurusan yang disediakan,

Masoem University Bandung memiliki beberapa fakultas, antara lain: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Komputer, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Jika pada dua tulisan sebelumnya, Blogger Borneo membahas mengenai sejarah berdirinya Universitas Masoem Bandung dan Kuliah Kelas Karyawannya, pada kesempatan ini Blogger Borneo ingin mengulas mengenai Jurusan Pertanian di Bandung dan Jurusan Bimbingan Konseling di Bandung.

Kenapa harus kuliah di jurusan pertanian di Bandung atau jurusan Bimbingan Konseling di Bandung? Tentu saja pertanyaan ini akan langsung dipertanyakan oleh siapa saja yang membaca tulisan ini. Nah, untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut berikut adalah penjelasan lengkapnya. Silahkan disimak…

Fakultas Pertanian di Bandung

Sebenarnya jika diperhatikan, diantara semua fakultas yang terdapat di universitas di Indonesia, rata-rata semua sudah memiliki Fakultas Pertanian. Fakultas pertanian memang bukan fakultas baru di Perguruan tinggi di Indonesia, terlebih Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Namun diluar itu, masih banyak pihak yang belum paham untuk memaksimalkan potensi alam yang luar biasa tersebut.

Baca Juga: Universitas Masoem Bandung

Fakultas Pertanian di Masoem University dibentuk atas kerjasama dari beberapa lembaga yang berkompeten di bidangnya dimana kesemuanya memiliki cita-cita untuk meningkatkan sosialisasi dan pengetahuan, khususnya di bidang pertanian. Semua bidang terkait pertanian diajarkan disini, dari sisi teknologi dimaksimalkan dan bagaimana cara membangun bisnis yang berhubungan dengan dunia kuliner.

Jurusan Bimbingan Konseling di Bandung
Image: FormaIska.Com

Ada 2 (dua) jurusan yang diajarkan di Masoem University Bandung, yaitu: Agribisnis (S1) dan Teknologi Pangan (S1).

Jurusan Agribisnis

Agribisnis berasal dari kata dalam Bahasa Inggris, yaitu “Agribusiness”. Merupakan gabungan dari dua suku kata, yaitu: Agriculture (Pertanian) dan Business (Bisnis). Jika disatukan akan bermakna sebagai bisnis atau manajemen yang bergerak dibidang pertanian serta segala hal pendukungnya. Sebagai program studi, jurusan agribisnis memadukan antara ilmu Soshum dan Saintek, karena mempelajari tentang segala aspek budidaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan dan pemasaran produk.

Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan mempelajari mengenai proses produksi makanan dan memastikan makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi konsumen. Dari definisi ini maka cukup jelas bahwa di jurusan ini akan mempelajari komponen kimiawi dan biologis yang terkandung di dalam makanan serta apa efeknya terhadap tubuh manusia.

Baca Juga: Kuliah Kelas Karyawan di Bandung

Tidak hanya sampai disitu, di jurusan Teknologi Pangan juga mempelajari efek sosial dari makananan yang kita konsumsi, termasuk bagaimana makananan mempengaruhi aspek ekonomi, psikologi dan kebudayaan kita. Dengan berkuliah disini, kita akan belajar bagaimana teknologi pengawetan dilakukan, pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, hingga produk makanan tersebut sampai siap saji di tangan konsumen.

Jurusan Bimbingan Konseling di Bandung

Bimbingan dan Konseling adalah proses interaksi antara konselor dengan konseli baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka untuk membantu konseli agar dapat mengembangkan potensi dirinya atau pun memecahkan permasalahan yang dialaminya.

Bimbingan dan Konseling juga dapat didefinisikan sebagai upaya sistematis, objektif, logis, dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh konselor untuk memfasilitasi perkembangan konseli untuk mencapai kemandirian dalam kehidupannya.

Lahirmya Bimbingan dan Penyuluhan (kini Bimbingan dan Konseling) di Indonesia merupakan hasil Konferensi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (disingkat FKIP, yang kemudian menjadi IKIP) pada tanggal 20-24 Agustus 1960 di Malang.

Biaya Kuliah di Masoem University

Kuliah Kelas Karyawan

Biaya Kuliah Fakultas Pertanian Bandung
Image: MasoemUniversity.Ac.Id

Kuliah Kelas Reguler

Biaya Kuliah Jurusan Bimbingan dan Konseling di Bandung
Image: MasoemUniversity.Ac.Id

Bagi yang ingin mendaftar di Jurusan Pertanian di Bandung dan Jurusan Bimbingan Konseling di Bandung dapat langsung berkunjung ke alamat Masoem University dibawah ini:

Jalan Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat

Telp: 022-7798340  /  WhatsApp: 0815-6033-022

Referensi:

  • https://masoemuniversity.ac.id/fp/agribisnis/
  • https://masoemuniversity.ac.id/fp/teknologi-pangan/
  • https://masoemuniversity.ac.id/fkip/bimbingan-dan-konseling/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bimbingan_dan_Konseling_(BK)

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More