Besi beton, juga dikenal sebagai tulangan beton, adalah salah satu jenis bahan bangunan yang digunakan dalam konstruksi beton bertulang. Baja beton memiliki karakteristik kekuatan tarik yang tinggi dan digunakan untuk memberikan kekuatan tambahan pada struktur beton.

Besi beton biasanya berbentuk batangan atau gulungan panjang dengan permukaan bergerigi untuk meningkatkan daya lekatnya dengan beton. Bentuk umum dari besi beton adalah batang lurus dengan penampang bulat atau segi empat.

Distributor Besi Beton Pontianak

Besi beton di Indonesia dikelompokkan kedalam 2 jenis, yaitu Baja Tulangan Polos dengan pengkodean BjTP dan Baja Tulangan Sirip dengan pengkodean BjTS. Sebelumnya, standarisasi baja tulangan beton untuk industri baja Indonesia diatur dalam SII 138-1984 tentang Mutu dan Cara Uji Baja Tulangan Beton.

Pada tahun 2002, dilakukan beberapa revisi dan diubah menjadi SNI 07-2052-2002 mengenai Baja Tulangan Beton. Standarisasi ini merujuk pada referensi yang diambil dari besi baja berstandar Jepang atau JIS (Japanese Industrial Standars).

Badan Standarisasi Nasional (BSN) adalah lembaga yang bertanggungjawab dalam pembuatan standarisasi tersebut. Oleh sebab itu, besi beton yang yang memenuhi standarisasi tersebut disebut sebagai besi beton SNI.

Penggunaan besi beton dalam konstruksi beton bertulang sangat penting untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan struktur. Beton memiliki kekuatan tekan yang baik, tetapi rentan terhadap kekuatan tarik yang rendah. Dengan menambahkan besi beton, kekuatan tarik dapat ditangani dengan baik oleh struktur, sementara beton memberikan perlindungan terhadap korosi dan api.

Proses Pembuatan Besi Beton

Besi beton umumnya diproduksi dengan memanaskan baja dalam tungku hingga mencapai suhu yang tinggi dan kemudian membentuknya menjadi batang atau gulungan dengan diameter yang sesuai.

Besi beton kemudian dapat dipasang dan ditempatkan di dalam cetakan beton, lalu dituangkan dengan beton cair. Setelah beton mengeras, besi beton memberikan kekuatan tambahan pada struktur.

Dalam industri konstruksi, spesifikasi dan standar kualitas yang ketat diterapkan untuk besi beton. Ini mencakup penentuan ukuran, bentuk, kualitas material, dan kekuatan yang harus dipenuhi oleh besi beton yang digunakan dalam proyek-proyek konstruksi.

Perlu diingat bahwa informasi di atas mengacu pada pengetahuan saya hingga September 2021. Kemungkinan ada perkembangan baru dalam teknologi atau proses produksi besi beton setelah tanggal tersebut.

Material Konstruksi Wiremesh

Wiremesh adalah material konstruksi yang terbuat dari jaringan kawat baja yang saling terhubung membentuk pola persegi atau segi empat. Wiremesh biasanya digunakan dalam berbagai proyek konstruksi, termasuk struktur beton bertulang, dinding, lantai, dan atap.

Distributor Wiremesh Pontianak
Image: Akshaya Steel

Jaringan kawat baja pada wiremesh biasanya terbuat dari baja karbon rendah atau baja stainless. Kawat-kawat ini saling terhubung dengan cara dilas atau diikat untuk membentuk jaringan yang kuat dan kokoh. Pola persegi atau segi empat pada wiremesh memungkinkan distribusi beban yang merata dan memberikan kekuatan tambahan pada struktur yang dibuat dengan menggunakan wiremesh.

Keuntungan Menggunakan Wiremesh

Keuntungan penggunaan wiremesh dalam konstruksi adalah sebagai berikut:

  1. Penguatan struktur: Wiremesh digunakan untuk memperkuat beton dengan menahan tekanan dan tegangan pada saat beton mengeras. Ini membantu mencegah retak atau kerusakan pada struktur beton.
  2. Pengurangan retakan: Wiremesh membantu mengurangi retakan pada beton yang disebabkan oleh perubahan suhu, beban yang diterapkan, atau gerakan tanah. Ini meningkatkan daya tahan dan masa pakai struktur beton.
  3. Pemasangan yang mudah: Wiremesh dapat dipotong atau dibentuk sesuai kebutuhan proyek konstruksi. Mereka juga dapat dengan mudah dipasang dengan mengikat atau menyalurkan ke dalam cetakan beton.
  4. Perlindungan terhadap korosi: Jika menggunakan wiremesh dari baja tahan karat, ini memberikan perlindungan tambahan terhadap korosi dan memperpanjang masa pakai struktur beton.

Wiremesh umumnya tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan kawat. Pilihan ukuran dan ketebalan wiremesh yang tepat tergantung pada jenis proyek konstruksi yang sedang dilakukan dan persyaratan teknis yang relevan.

Akshaya Steel

Akshaya Steel

Akshaya Steel merupakan distributor besi beton Pontianak dan wiremesh yang melayani area sebagai berikut:

  • Distributor Besi Beton Pontianak;
  • Distributor Wiremesh Kubu Raya;
  • Distributor Besi Beton Mempawah;
  • Distributor Wiremesh Singkawang;
  • Distributor Besi Beton Sambas;
  • Distributor Wiremesh Bengkayang;
  • Distributor Besi Beton Ketapang;
  • Distributor Wiremesh Kayong Utara;
  • Distributor Besi Beton Sanggau;
  • Distributor Wiremesh Sekadau;
  • Distributor Besi Beton Sintang;
  • Distributor Wiremesh Melawi; dan
  • Distributor Besi Beton Kapuas Hulu.

Khusus bagi para tukang, kontraktor, toko, dan masyarakat umum yang membutuhkan besi beton dan wiremesh untuk wilayah Pontianak khususnya dan kalimantan Barat khususnya, semua harga yang distributor besi beton Pontianak berikan sudah termasuk ongkir untuk tujuan pengiriman Pontianak, Kubu Raya, dan Singkawang.

Semua besi beton dan wiremesh yang Akshaya Steel jual bergaransi resmi, terdapat pilihan non sertifikat maupun sertifikat. Harga termurah, jaminan SNI, dan stok tersedia setiap saat. Bagi yang berminat bisa survei terlebih dahulu ke kantor kami.

Kelebihan berbelanja di distributor besi beton Pontianak dan wiremesh adalah Akhsaya Steel memberikan bonus dalam setiap pembelian, berupa: Diskon Harga, Bonus Hadiah, Gratis Ongkos Kirim, dan Komisi bagi Tukang/Kontraktor.

Selain itu, masih banyak bonus-bonus pembelian lainnya. Anda langsung datang saja ke Akshaya Steel distributor besi beton Pontianak untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya. Jangan lupa sebelum datang dapat membuat janji terlebih dahulu melalui nomor whatsapp marketing resmi via 0852-4701-5051 (Okta). (DW)