3 Hal Penting Sebelum Membeli Motor

Begitu banyaknya pilihan tipe motor yang dikeluarkan oleh beberapa produsen besar di Indonesia terkadang membuat kita menjadi bingung untuk menentukan pilihan. Sama halnya seperti memilih jodoh, proses memilih motor pun harus memperhatikan beberapa hal penting.

Mungkin selama ini kita tidak pernah memperhatikan hal-hal penting apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli sepeda motor yang akan digunakan. Biasanya “patokan” yang dipakai adalah sudah pernah menggunakan merek motor tertentu secara turun temurun. Sebagai contoh jika seseorang sebelumnya membeli motor Honda, maka kemungkinan besar untuk selanjutnya dia akan memilih motor yang diproduksi oleh Astra Honda Motor (AHM) kembali.

Hal Penting Sebelum Membeli Motor

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk saat sekarang ini, keberadaan sepeda motor sudah menjadi sebuah kebutuhan. Banyak diantara kita menggunakan sepeda motor sebagai alat bantu mencari nafkah, misalnya untuk ngojek, untuk berdagang, untuk pergi kerja, dan beberapa aktivitas lainnya. Dibanding sepeda atau bahkan mobil, sepeda motor memiliki fungsi dan nilai ekonomis yang berimbang.

Sebenarnya jika dicermati lebih dalam, ada 3 (tiga) hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli motor. Ketiga hal penting tersebut, antara lain:

1. Jenis Motor

Hal penting pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli motor adalan menentukan jenis motor apa yang cocok untuk digunakan. Biasanya acuan yang dipakai adalah jenis kelamin dan bentuk tubuh pengendaranya. Demi menjaga kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, maka harus disesuaikan bentuk desain dan bobot motornya. Berikut 4 (empat) jenis motor yang umum dijual di Indonesia, antara lain:

Bebek

Diantara semua jenis motor yang diproduksi, motor bebek merupakan jenis motor pertama yang hadir di dunia khususnya di Indonesia. Jenis motor ini masih menggunakan sistem manual tanpa kopling dengan kapasitas silinder kecil. Kapasitas mesin kecil namun bandel menjadikan motor bebek dipilih oleh para pengguna dalam aktivitas harian mereka.

Motor Honda Bebek Supra GTR
Image: AstraMotor.Co.Id
Matic

Setelah motor bebek, kemudian muncul motor matic. Sesuai namanya, jenis motor ini menggunakan sistem transmisi otomatis dalam melakukan perpindahan gigi. Hal ini membuat motor jenis ini sangat cocok digunakan di jalanan padat yang sering mengalami kemacetan. Cara penggunannya sangat mudah, cukup menarik tuas gas dan menarik rem saja. Memang awal mulanya tipe motor ini didesain khusus bagi pengendara wanita, namun lama kelamaan keberadaan motor matic juga diminati oleh para pengendara pria.

Sport

Yang dimaksud dengan motor sport adalah motor yang memiliki tenaga dan kecepatan diatas rata-rata. Hal ini dikarenakan jenis motor ini memiliki kapasitas silinder mesin lebih besar, antara 150cc hingga 1000cc. Sesuai jenisnya, motor ini biasa digunakan untuk aktivitas balap. Akan tetapi, ada juga yang menggunakannya untuk aktivitas harian. Dengan tampilan yang gagah dan terkesan macho, kebanyakan motor sport lebih diminati oleh kaum adam.

Trail

Jenis motor terakhir yang ada adalah motor trail. Motor trail merupakan motor khusus yang biasa digunakan untuk melintasi jalanan berlumpur atau medan curam di lintasan gunung. Meski tampak sangar dan extreme, motor trail justru memiliki torsi lebih besar dengan bobot relatif lebih ringan dibanding jenis motor sport.

Motor Trail Honda CRF150
Image: Goozir.Com

Oleh karena itu, jenis motor ini akan terasa sangat nyaman digunakan di jalanan yang penuh rintangan. Ban motor trail juga memiliki bentuk yang berbeda, biasanya disebut sebagai “ban tahu” atau “ban cangkul” karena pola bunga bannya cukup menonjol.

2. Kebutuhan Penggunaan

Setelah menentukan jenis motor apa yang akan digunakan, hal penting berikutnya adalah melihat kebutuhan penggunaan motor nantinya. Secara umum ada 4 (empat) kategori berdasarkan kebutuhan penggunaan, antara lain:

Berkendara Harian

Untuk aktivitas berkendara harian, disarankan menggunakan sepeda motor yang memiliki mesin kapasitas kecil karena sifatnya lebih awet dan tidak boros bahan bakar. Selain itu harus simpel dan nyaman digunakan serta mampu melintasi jalanan sempit karena kemungkinan terjebak macet di jalan bisa saja terjadi, terutama bagi para pengendara yang berasal dari kota-kota besar. Jika dilihat berdasarkan jenis motornya, bebek dan matic paling cocok digunakan untuk berkendara harian.

Hobi Touring

Bagi yang hobi melakukan perjalanan jarak jauh untuk mengunjungi tempat wisata, tentu saja harus menggunakan sepeda motor yang mampu dikendarai dalam waktu lama. Jenis motor ini didukung oleh beberapa fitur, seperti: suspensi nyaman, mesin tidak cepat panas, dan memiliki bentuk bodi kokoh sehingga mampu membawa beban berat.

Jika diperhatikan, sejumlah produsen motor telah membuat jenis motor sport seri “naked” yang dibekali dengan silinder besar namun tetap akan merasa nyaman dikendarai menempuh jarak jauh. Salah satu diantara produsen motor yang mengeluarkan tipe motor sport adalah Astra Honda Motor (AHM) dengan Honda X-ADV nya.

Honda X-ADV
Image: MivecBlog.Com

Demi memberikan kemudahan ketika mengisi bahan bakar, posisi tangki bensin dipasang pada bagian depan. Tidak hanya motor sport, beberapa produsen motor juga telah memproduksi motor matic ukuran besar alias “matic sport” dengan kapasitas silinder mesin umumnya berkisar di 150cc. Baik motor sport “naked” dan “matic sport”, terbilang lebih nyaman untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Akselerasi Tinggi

Meski mendapat gelar motor sport, namun tidak semua motor seri ini diciptakan untuk aktivitas balap. Untuk beberapa tipe motor, meskipun memiliki tampilan racing namun tetap disarankan tidak dikendarai dalam kecepatan tinggi, terutama di jalan raya. Yang dimaksud dengan balap motor selayaknya dilakukan di sirkuit yang sudah terafiliasi dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan masuk dalam agenda balap motor yang resmi.

Bagi yang hobi dengan aktivitas balap, biasanya tergabung dalam klub motor dan juga memenuhi kriteria khusus yang telah ditetapkan. Idealnya, motor balap yang memiliki akselerasi tinggi berkapasitas silinder mesin diatas 250cc. Selain itu, biasanya motor sport jenis ini tidak digunakan di jalan raya karena tarikan mesinnya cukup kuat sehingga agak sulit untuk berjalan pelan.

Motor Honda Sport CBR600RR
Image: Otonity.Com
Extreme Adventure

Bagi pengendara motor yang hobi berakselerasi di lintasan ekstrim seperti jalanan lumpur dan medan yang curam serta terjal, saran terbaiknya adalah menggunakan motor trail. Dalam penggunaannya, motor trail telah diproduksi dengan bodi yang tangguh sehingga dapat “melompat” di lintasan yang tidak rata. Bentuk stang dan sasis depannya dibuat lebih fleksibel agar berbelok di tikungan curam dengan cukup mudah.  Bentuk “ban tahu” yang menonjol membuat motor ini lebih  udah menapak di jalanan dengan permukaan lembek dan berlumpur.

3. Budget 

Nah, hal penting terakhir yang harus diperhatikan pada saat akan membeli sepeda motor adalah berapa jumlah budget yang disediakan. Khusus bagi Anda yang ingin tahu daftar harga motor Honda di kota Pontianak, dapat langsung datang ke dealer-dealer resmi yang ada atau dapat juga mencari informasinya melalui website resmi Astra Motor Kalbar.

Dengan membeli sepeda motor sesuai jenis dan kebutuhan penggunaan di Astra Motor Kalbar, Anda akan mendapatkan layanan istimewa dari staf marketing terbaik mereka. Selain itu, Anda dapat juga mengikuti program-program undian yang diselenggarakan secara periodik dimana hadiah yang diberikan tidak tanggung-tanggung.

Baca Juga: Astra Motor Kalbar Luncurkan Honda CBR250RR

Buktinya beberapa waktu lalu, Astra Motor Kalbar baru saja menggelar kegiatan Lucky Draw khusus bagi pelanggan yang membeli motor Honda Vario di periode Januari – April 2019 dengan hadiah utama berupa 2 (dua) unit motor Honda CBR250RR seharga 70-an juta rupiah.

Selain itu, diberikan juga hadiah dalam bentuk logam mulia masing-masing sebesar 5 gram dan 10 gram untuk pelanggan terpilih kategori pemenang kedua dan ketiga. Kedepannya program-program seperti ini akan tetap terus diselenggarakan. Makanya ketika ada rencana untuk membeli motor, jangan ragu langsung saja datang ke dealer resmi Astra Motor Kalbar. Ditunggu kedatangannya ya… (DW)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More