Kata Sambutan Perwakilan Pengurus HIMASI UNTAN Tahun 2017-2018
Image: Dok. Pribadi

HIMASI UNTAN Selenggarakan MUSAT XXII Kepengurusan 2017-2018

Diposting pada

Sebuah undangan yang disampaikan oleh Ketua Ikatan Alumni Mahasiswa Akuntansi Universitas Tanjungpura (IKASI UNTAN) melalui media sosial membuat Blogger Borneo terpanggil kembali untuk hadir dalam Musyawarah Akhir Tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMASI) Fakultas Ekonomi UNTAN atau lebih sering disingkat sebagai MUSAT HIMASI. Kegiatan ini secara rutin diselenggarakan setiap tahunnya sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban para pengurus di akhir periode masa kepengurusannya.

Khusus di tahun ini dan mungkin untuk selanjutnya akan ada perubahan mekanisme dalam periode kepengurusan dimana pelantikan kepengurusan HMJ baru harus sudah dilakukan pada saat kegiatan wisuda dilaksanakan. Oleh karena itu untuk kepengurusan 2017-2018 kegiatan MUSAT HIMASI XXII harus dimajukan meskipun masih ada satu program kerja (progja) lagi yang belum selesai dilaksanakan yaitu Accounting Charity Night (ACN).

Kegiatan MUSAT HIMASI XXII dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 1-3 Juni 2018 bertempat di Ruang Pertemuan Gedung PKPA Lantai 1 yang terletak di sisi kiri bangunan induk Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNTAN.

Meski pada penyelenggaraan hari pertama bertepatan dengan hari libur nasional Hari Kelahiran Pancasila, namun Blogger Borneo tetap berusaha untuk hadir di sesi awal pembukaan. Tepat pada jam 8 pagi Blogger Borneo sudah tiba di lokasi pelaksanaan MUSAT HIMASI XXII. Sebenarnya Ketua IKASI UNTAN Bang Mamad juga berencana untuk turut hadir dalam acara pembukaan, namun dikarenakan sesuatu dan lain hal maka Beliau tidak bisa hadir.

MUSAT HIMASI XXII UNTAN

Pada pelaksanaan hari pertama, ada tiga agenda kegiatan yang akan diselenggarakan yaitu: Pembukaan, Pemilihan Ketua Presidium dan Sidang Pleno 1 untuk Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Inti yaitu: Ketua Umum, Sekretaris Umum, dan Bendahara Umum HIMASI UNTAN Tahun 2017-2018. Blogger Borneo sendiri hanya bisa mengikuti agenda sampai menjelang siang karena masih ada aktivitas yang dilakukan selepas Jum’atan hingga sore hari.

Proses Pemilihan Ketua Presidium MUSAT HIMASI XXII 2017-2018
Image: Dok. Pribadi

Di hari kedua pelaksanaan, Blogger Borneo kembali berusaha untuk hadir karena agendanya adalah Sidang Pleno II dimana laporan pertanggungjawaban akan dilakukan oleh Bidang Humas dan Advokasi dan Bidang Seminar dan Akademik (SEKDEM).

Sengaja Blogger Borneo datang karena kedua bidang ini masih memiliki keterkaitan dengan bidang yang pernah diemban sewaktu masih menjadi Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan (LITBANG) HIMASI Tahun 2002-2003. Untuk saat ini LITBANG telah dilebur menjadi satu dengan Bidang SEKDEM dengan jumlah pengurus adalah 9 orang.

Baca Juga:  Menyikapi Era Revolusi Industri 4.0 UNTAN Gelar UNIEx 2018

SEKILAS MENGENAI HIMASI UNTAN

Sebelum bercerita lebih lanjut mengenai kegiatan MUSAT HIMASI XXII Tahun 2018, Blogger Borneo akan menjelaskan sekilas mengenai apa itu HIMASI dan sejarah awal mulanya terbentuk. Menurut informasi yang diperoleh dari laman Organisasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UNTAN, dijelaskan bahwa Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMASI) Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura ditetapkan di Pontianak tanggal 29 April 1997.

Logo HIMASI FEB UNTAN
Image: Untan.Ac.Id

HIMASI berkedudukan di tingkat jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Selain itu HMASI bersifat independen dan berasaskan kekeluargaan serta berlandaskan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat.

VISI DAN MISI HIMASI UNTAN

HIMASI bertujuan untuk menciptakan mahasiswa-mahasiswi akuntansi menjadi pribadi yang memiliki kemampuan akademis dan non akademis, keterampilan organisasi, dan bermoral baik, serta berakhlak mulia. HIMASI juga mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Berperan aktif mentransformasi informasi terbaru, khususnya di bidang akuntansi.
  2. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan, baik yang berhubungan dengan bidang akuntansi, maupun di luar bidang akuntansi dalam skala regional, nasional maupun internasional.
  3. Menumbuhkan dan membina kepribadian serta keterampilan yang baik dalam berorganisasi.
  4. Mengembangkan potensi kreativitas akademis/non akademis, dan religi.
  5. Berperan aktif mentransformasi informasi terbaru, khususnya di bidang akuntansi.
  6. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan, baik yang berhubungan dengan bidang akuntansi, maupun di luar bidang akuntansi dalam skala regional, nasional maupun internasional.
  7. Menumbuhkan dan membina kepribadian serta keterampilan yang baik dalam berorganisasi.
  8. Mengembangkan potensi kreativitas akademis/non akademis, dan religi.
Pengurus HIMASI UNTAN Tahun 2017-2018
Image: Dok. Pribadi

Susunan kepengurusan organisasi HIMASI UNTAN Tahun 2017-2018, antara lain:

Ketua Umum: Rahmad Wahyuda Putra (NIM.B1031151118);

Sekretaris Umum:

  • Sekretaris: Utin Nurhaliza (NIM.B1031151083);
  • Kesekretariatan: Putri (NIM.B1031161030);

Bendahara Umum: Lulu Nur Hayyuningdyah (NIM.B1031151024)

Bidang Humas dan Advokasi:

  • Ketua: Febri (NIM.B1031151080);
  • Sekretaris: Vidya Irsanti Kharis (NIM.B1031161119);
  • Bendahara: Citra Mahsa Aulia (NIM.B1031161089);
  • Anggota: 6 (Enam) Orang.

Bidang Seminar dan Akademik:

  • Ketua: Kevi Calvin Sie (NIM.B1031151019);
  • Sekretaris: Erin Rafita (NIM.B1031161099);
  • Bendaraha: Arie Pradina Putri (NIM.B1031161083);
  • Anggota: 6 (Enam) Orang.

Bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa:

  • Ketua: Reza Prathama (NIM.B1031151089);
  • Sekretaris: Shahnaz Alifa D. (NIM.B1031161067);
  • Bendahara: Desy Agustiana (NIM.B1031161114);
  • Anggota: 3 (Tiga) Orang;

Bidang Art dan Sport:

  • Ketua: Ikhsan Hasyikin (NIM.B1031151108);
  • Sekretaris: Sari Mawarni (NIM.B1031161038);
  • Bendahara: Dheta Hirlyana Ningrum (NIM.B1031161036);
  • Anggota: 6 (Enam) Orang.
Majelis Kehormatan HIMASI UNTAN
Image: Dok. Pribadi

Setiap tahunnya HIMASI UNTAN selalu mengalami pergantian pengurus dimana untuk periode kepengurusan 2017-2018 merupakan kepengurusan ke 22. Dan dalam struktur organisasi, MUSAT memiliki kedudukan tertinggi dimana para pengurus harus memberikan laporan pertanggungjawabannya sebelum masa kepengurusannya berakhir.

Baca Juga:  Info SNMPTN Universitas Tanjungpura Tahun 2017

EVALUASI DEMI PERBAIKAN HIMASI UNTAN

Karena tidak mengikuti semua proses MUSAT yang berlangsung selama 3 hari tersebut, Blogger Borneo hanya bisa mengambil kesimpulan berdasarkan bidang yang diikuti yaitu Bidang Humas dan Advokasi serta Bidang Seminar dan Akademik (SEKDEM).

Terutama di Humas dan Advokasi, disini Blogger Borneo sudah melihat aktivitas yang dilakukan oleh para pengurus sudah masuk ke ranah penggunaan media sosial sebagai sarana informasi dan sosialisasi. Hanya saja pemanfaatannya kurang dimaksimalkan sehingga proses penyebaran informasinya belum terlalu luas. Kedepannya diharapkan hal ini bisa lebih dioptimalkan. Selain itu, keberadaan akan sebuah website organisasi juga menjadi pertimbangan pada kesempatan ini.

Disini Blogger Borneo mencoba untuk memberikan saran dan masukan untuk kepengurusan baru HIMASI UNTAN Tahun 2018-2019. Sedangkan untuk Bidang Seminar dan Akademik, beberapa masukan diberikan oleh Majelis Kehormatan terutama yang ada kaitannya dengan pelaksanaan beberapa kegiatan seperti Accounting Scholar Club (ASC) dan Accounting Days.

Dari sudut pendapat pribadi Blogger Borneo menyimpulkan bahwa kepengurusan HIMASI UNTAN Tahun 2017-2018 ini sudah cukup maksimal, terlepas dari beberapa kritikan yang disampaikan mereka sudah melakukan yang terbaik. Meskipun Blogger Borneo tidak mengikuti kegiatan MUSAT HIMASI XXII sampai selesai hari ketiga, namun sepertinya Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Tahun 2017-2018 tetap akan diterima dengan beberapa catatan untuk perbaikan kedepan.

Demikian tulisan dari Blogger Borneo, alumni Fakultas Ekonomi UNTAN Tahun Angkatan 2000 pemilik Nomor Induk Mahasiswa (NIM) B41100270 yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang LITBANG HIMASI UNTAN Tahun 2002-2003. Kompak dan solid selalu untuk HIMASI UNTAN. (DW)

Referensi:

  • http://feb.untan.ac.id/page/organisasi-mahasiswa/himpunan-mahasiswa-akuntansi-himasi
Gambar Gravatar
Menerima Jasa Review Produk, Liputan Kegiatan, Berita Gadget dan Teknologi Terbaru, dan Perkembangan Startup Lokal. Info Kerjasama: 0811-56-1982 (Telp/WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *