Bersama UNTAN Membangun Negeri, Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa

Selama 12 tahun setelah menjadi alumni, begitu banyak perubahan yang telah dilakukan UNTAN. Demi membangun negeri, Universitas Tanjungpura Pontianak terus berusaha membenahi diri agar menjadi universitas yang lebih baik.

Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi slogan baru yang sedang digaungkan oleh pihak Universitas Tanjungpura Pontianak melalui sebuah kompetisi menulis blog dengan mekanisme keikutsertaan terbuka untuk umum. Secara pribadi Blogger Borneo melihat ini sebagai sebuah kemajuan dimana UNTAN sudah melihat peranan Blogger Pontianak sebagai salah satu media promosi yang cukup efisien dan efektif dalam menyuarakan suatu informasi.

Sepertinya untuk saat sekarang ini, perubahan yang dialami UNTAN tidak terlepas dari peran besar Rektor Untan terpilih yaitu Bapak Profesor Thamrin Usman DEA.

BERSAMA UNTAN MEMBANGUN NEGERI

Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi negeri di Nusantara yang berbentuk Universitas, dinaungi oleh dikti dan termasuk kedalam kopertis wilayah 0. Perguruan Tinggi ini telah berdiri sejak tahun 6 Mei 1963 dengan Nomor Surat Keputusan PT 53 Tahun 1963 dan Tanggal Surat Keputusan PT 16 Mei 1963. UNTAN berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat.

Di tahun ini, UNTAN baru saja menyelesaikan proses Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 dan hasil pengumuman para peserta yang lulus seleksi jugas sudah keluar pada akhir bulan April lalu. Tercatat ada 85 PTN se-Indonesia yang mengikuti SNMPTN ini. Dari total kuota penerimaan SNMPTN UNTAN ada 1.547 kursi dan yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat hanya 1.527 siswa dari 7.216 pelamar.

Bersama UNTAN Membangun Negeri
Image: Dok. Pribadi

Dari semua fakultas yang ada di UNTAN, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) paling banyak diminati oleh para peserta SNMPTN 2018. Ini bisa dilihat berdasarkan lima prodi yang paling dominan dipilih pada saat mendaftar, antara lain: Akuntansi 679 orang , Manajemen 630 orang, PGSD 483 orang, Farmasi 348 orang dan IAN 324 orang.

JUMLAH FAKULTAS DI UNTAN

Fakultas-fakultas yang terdapat di Universitas Tanjungpura terdiri atas sembilan fakultas, antara lain:

  1. Fakultas Hukum;
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis;
  3. Fakultas Pertanian;
  4. Fakultas Teknik;
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL);
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP);
  7. Fakultas Kehutanan;
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA); dan
  9. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

DAFTAR NAMA REKTOR UNTAN

  1. Dr. M. Soedarso Presiden Universitas Daya Nasional Tahun 1959-1961.
  2. Kolonial Sudarmo Presiden Universitas Daya Nasional Tahun 1961.
  3. Letkol Dr. Soegeng Presiden Universitas Daya Nasional Tahun 1961-1967.
  4. Letkol Chk. Muhammad Isa, SH. Tahun 1967-1973.
  5. Prof. Drs. Hindersah Wiratmadja Tahun 1973-1974.
  6. Drs. Wan Usman, M.A. Tahun 1974-1975.
  7. I. Soepartono Siswopranoto Tahun 1975-1982.
  8. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Tahun 1982-1991.
  9. Prof. H. Mahmud Akil, S.H Tahun 1991-1999.
  10. Ir. Hj. Purnamawati Tahun 1999-2003.
  11. Prof. Hj. Asniar Ismail, SE, MM. Tahun 2003-2007.
  12. Dr. H. Chairil Effendy, MS. Tahun 2007-2011.
  13. Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA Tahun 2011-2015.
  14. Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA Tahun 2015-2019.

REALISASI PROYEK PEMBANGUNAN 7 IN 1 UNTAN

Proyek Pembangunan 7 in 1 Universitas Tanjungpura
Image: Dok. Pribadi

Jika diperhatikan, sekarang UNTAN sedang dalam proses pembangunan gedung 7 in 1 yang sumber dananya berasal dari Islamic Development Bank (IDB). Menurut info dilansir dari laman TheTanjungpuraTimes.Com, Sabtu (30/12/2017), proses pembangunan ini akan selesai pada September 2018. Ditargetkan akan ada 5 (lima) bangunan yang selesai terlebih dahulu, antara lain:

  • 1 Unit Gedung Tiga Lantai;
  • 1 Unit Perpustakaan Modern;
  • 1 Unit Gedung Serbaguna Tiga Lantai;
  • 2 Unit Classroom Tiga Lantai; dan
  • 1 Unit Gedung Laboratorium Terpadu Empat Lantai.

Khusus untuk perpustakaan sendiri, demi mencapai tujuan bersama UNTAN membangun negeri maka pemanfaatannya nanti akan difokuskan untuk para mahasiswa dan pihak internal UNTAN sendiri. Dan sumber-sumber referensinya akan juga dilengkapi dalam versi softcopy.

BERUBAH STATUS MENJADI BLU

Alhamdulillah setelah melalui proses yang cukup panjang, per akhir 2017 lalu akhirnya Universitas Tanjungpura berubah status menjadi Badan Layanan Usaha atau lebih sering disingkat sebagai BLU. Menurut definisi, BLU adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Foto Bareng Para Penyelenggara UNIEX 2018 dan Mitra Pelaksana
Image: Dok. Pribadi

Foto diatas merupakan program kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh UNTAN sejak berubah status menjadi BLU. Perubahan status ini membuat UNTAN sekarang memiliki keleluasaan dalam mengelola keuangan (otonomi keuangan). Dan ketika otonomi keuangan ini dijalankan, maka secara otomatis kebijakan pendapatan seutuhnya akan dilakukan oleh kampus. Sedangkan di sisi lain, BLU memiliki tanggungjawab untuk menyajikan layanan yang diminta, hal ini sama seperti ketika mengelola pendidikan layaknya seperti sebuah perusahaan.

BLU diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

PRESTASI MAHASISWA UNTAN

Bicara mengenai prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa Universitas Tanjungpura, sejak awal berdiri hingga saat ini sudah cukup banyak pencapaian prestasi yang ditorehkan. Mungkin jika mau dijelaskan semuanya di tulisan ini, ga kebayang akan menjadi sepanjang apa nanti. Oleh karena itu, Blogger Borneo hanya memasukkan tiga prestasi terbaru yang telah dicapai.

Bulan Maret 2018

Prestasi Mahasiswa UNTAN - Juara 3 LKTI Nasional 2018
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Program Studi Matematika Universitas Muhammadiyah Malang, tiga mahasiswa dari Program Studi Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura berhasil menyabet juara 3. Adapun judul yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Pendekatan Regresi Linier Berganda untuk Analisis Tingkat Kekeruhan Akhir pada Air Baku PDAM Tirta Khatulistiwa”.

Bulan Januari 2018

Prestasi Mahasiswa Untan - Juara 2 Karya Tulis Ilmiah ITB 2018
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi lomba karya ilmiah nasional yang bertemakan “Agricultural Farming System Competition AGRIFASCO 2018“, mahasiswa Ilmu dan Teknologi Fakultas Pertanian UNTAN yang diwakili oleh Gwen Sahara Desfanny dan Dinda Chandra Anggrayni berhasil menyabet juara ke-2 karya tulis ilmiah dalam rangka Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Kompetisi ini diselenggarakan di ITB dari tanggal 19-22 Januari 2018 dan diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia.

Bulan Desember 2017

Prestasi Mahasiswa Untan - Juara 3 LKP Tingkat Umum Kalbar 2017
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi Lomba Karya Perekayasaan (LKP) Tingkat Umum se-Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalbar, mahasiswa Teknik Lingkungan UNTAN berhasil menyabet juara 3. Pada kompetisi ini, alat yang dibuat oleh tim ini adalah alat portabel pengolah air sungai atau air sumur menjadi air bersih siap minum dengan teknologi UV. Alat merupakan karya mahasiswa dalam mata kuliah Rekayasa Lingkungan Berbasis Masyarakat (RLBM) yang merupakan mata kuliah keahlian berkarya dengan muatan lokal.

EDUKASI SEBAGAI KUNCI KEMAJUAN BANGSA

Ketiga prestasi diatas merupakan beberapa prestasi terbaru yang berhasil diraih oleh para mahasiswa UNTAN. Semua prestasi yang diraih tersebut telah menjadi wujud nyata bahwa para mahasiswa sangat mendukung misi bersama UNTAN membangun negeri. Masih banyak lagi daftar prestasi yang telah ditorehkan sejak universitas negeri di Pontianak ini berdiri. Tentu saja sebagai salah satu almamater UNTAN Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Tahun 2000-2005, Blogger Borneo turut merasa bangga dengan kenaikan posisi ini.

Diharapkan untuk kedepannya dari Universitas Tanjungpura terus melahirkan lulusan-lulusan terbaik sehingga slogan Bersama UNTAN Membangun Negeri bisa tercapai sesuai harapan dan keinginan seluruh civitas akademik. Amin… (DW)

Referensi:

  • http://untan.ac.id/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Tanjungpura/
  • http://thamrinusman.untan.ac.id/biodata/

LOKASI UNTAN

You might also like
  1. Liswanti says

    Jurusannya banyak juga ya, bisa jadi pilihan buat ade-ade yang mau kuliah.

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Kak, salah satu the best adalah jurusan Akuntansi. Eeeaaa…

      1. Warman says

        Banyak sekali jurusan pendidikan yang bisa dipilih oleh siswa semua keren, semoga anak saya bisa kuliah di sini.

        1. Dwi Wahyudi says

          Amin… Dijamin keren Bang, ape agik kalau masuk ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN.

  2. Ryna Safitri says

    Membangun maritim Kalbar bersama Untan
    https://www.youtube.com/watch?v=h3Ra4swDWNw

  3. Bangfad says

    Blogger Cerdas 🙂 beritanya juga mencerdaskan

    1. Dwi Wahyudi says

      Ma kasih Abang Gantenk 😉

  4. budi says

    Mantap..
    Keren..
    Maju terus Untan..

    1. Dwi Wahyudi says

      Sebagai salah seorang alumni, saye cukup merase bangge dengan kondisi UNTAN saat ini.

  5. Evrinasp says

    Pernah ke Untan waktu main ke Pontianak kemarin, walaupun weekend dan sore hari ternyata kampus nya tetap ramai

  6. Nucky Prayanta Natalius says

    Saya belum pernah ke pontianak nih .. padahal saya juga orang Kalimantan yang tinggal di Kalteng
    wah banyak ya jurusan nya nanti saya mau rekomendasikan buat keluarga.

  7. bunda sugi says

    kampusnya lumayan besar juga ya … jurusannya banyak

  8. […] Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. Saat ini Universitas Tanjungpura memiliki 9 fakultas, […]

  9. […] menjadi bagian dari slogan Bersama UNTAN Membangun Negeri, para calon mahasiswa bisa masuk melalui jalur SNMPTN 2018. Jalur SNMPTN merupakan seleksi […]

  10. […] salah satu pencapaian dari slogan yang telah di-sounding-kan UNTAN beberapa waktu lalu yaitu Bersama UNTAN Membangun Negeri. Image: Dok. […]

  11. […] 42. Universitas Tanjungpura Pontianak […]

  12. […] Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer (HIMASTER) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Tanjungpura Pontianak akan menyelenggarakan salah satu kegiatan rutin kampus tahunannya yaitu System Computer Grand Event […]

  13. […] Daya Manusia (SDM) melalui bidang pendidikan, maka mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak melaksanakan seminar sehari dengan tema “Peluang dan Tantangan Teknologi Pendidikan Dalam Era […]

  14. […] yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (FKMI) Ulul Albab Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak (FAPERTA UNTAN). Kegiatan pelatihan blog ini menjadi salah satu bagian rangkaian acara Milad FKMI […]

  15. […] di bidang komputer akuntansi merupakan faktor utama kenapa pihak Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Tanjungpura Pontianak berminat untuk menjalin kerjasama dengan PT. Zahir […]

  16. […] sesuai dengan tuntutan kebutuhan pemerintah dan masyarakat luas. Hal itu berarti bahwa warga Universitas Tanjungpura Pontianak harus meluangkan waktu yang lebih banyak, menyiapkan energi yang lebih besar, serta membangun […]

  17. […] kembali untuk hadir dalam Musyawarah Akhir Tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HIMASI) Fakultas Ekonomi UNTAN atau lebih sering disingkat sebagai MUSAT HIMASI. Kegiatan ini secara rutin diselenggarakan setiap […]

  18. Latifika says

    Adik ipar aku kmren LKTI di Untan bulan Mei tadi, alhamdulillaah nyangkut di harapan 1,hihi

    1. Dwi Wahyudi says

      Kakak orang Pontianak juga ya???

  19. […] Fakultas Ekonomi UNTAN mewajibkan para mahasiswa program Sarjana (S1) nya untuk membuat skripsi sebagai salah satu syarat penyelesaian studi. Hal ini didasari pemikiran bahwa membuat karya ilmiah berupa skripsi, yang dimulai dari usulan penelitian, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, serta penuangan ke dalam bentuk tulisan ilmiah, agar proses pembelajaran yang berguna dalam melatih mahasiswa agar mampu membangun pemikirannya. […]

  20. Bacalagers Media says

    UNTAN memang wajib diacungi jempol, bukan hanya melahirkan mahasiswa berprestasi, namun juga UNTAN termasuk salah satu universitas terbaik di kalimantan, Mantap!

  21. Badrul Mozila says

    Memang benar kok ya, pendidikan merupakan dasar pembangunan suatu bangsa, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara pun menganggap begitu. Tapi memang selain pendidikan mahasiswa/i tentunya bisa memanfaatkan waktunya untuk ikut kursus online supaya keahliannya juga dapat dimaksimalkan sehingga kelak karya yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk Indonesia.

  22. Bimakuru says

    Semoga kedepan Untan semakin maju untuk kemajuan Indonesia juga

    1. Dwi Wahyudi says

      Amin. Insya Allah…

  23. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri – Who does not know this one university? Especially for those of you who live in Pontianak and West Kalimantan. Tanjungpura University itself is one of the State Universities located in Pontianak West Kalimantan, located in Jalan Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jalan Ahmad Yani and can be easily recognized because it is close to Tugu Digulis. For the people of West Kalimantan, this campus is a favorite campus for young people coming from Pontianak city itself as well as areas in West Kalimantan to continue their education to higher education level. […]

  24. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri – Who does not know this one university? Especially for those of you who live in Pontianak and West Kalimantan. Tanjungpura University itself is one of the State Universities located in Pontianak West Kalimantan, located in Jalan Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jalan Ahmad Yani and can be easily recognized because it is close to Tugu Digulis. For the people of West Kalimantan, this campus is a favorite campus for young people coming from Pontianak city itself as well as areas in West Kalimantan to continue their education to higher education level. […]

  25. […] prestasi mahasiswa sehingga Untan dapat berjejer di posisi teratas Perguruan di Indonesia. Salam Bersama UNTAN Membangun Negeri. […]

  26. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri […]

  27. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri […]

  28. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri […]

  29. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri […]

  30. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri […]

  31. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri […]

  32. […] Bersama UNTAN Membangun Negeri […]

  33. Andrie Kristianto says

    Berprestasi kabeh euy

  34. maschun says

    Semoga dengan bertambahnya perguruan tinggi terbaik di Indonesia membuat pendidikan semakin maju dan sukses dalam membentuk karakteristik generasi penerus bangsa berikutna. sukses untuk UNTAN dalam membangun negeri indonesia ini.

    1. Dwi Wahyudi says

      Tetap semangat dan optimis UNTAN akan menjadi pusat pendidikan terbaik di Kalimantan Barat. Amin…

  35. Ilman Nafian says

    Edukasi menjadi kebutuhan dewasa ini, UNTAN memberikan yang terbaik bagi Mahasiswa yang mau belajar bersama. Yakinlah pendidikan akan mengangkat siapa saja yang mau belajar.

    1. Dwi Wahyudi says

      Tanpa ilmu kita bukanlah siapa2, tanpa belajar kita bukanlah apa2.

  36. arif says

    informasi bagus

    1. Dwi Wahyudi says

      Ma kasih Kak…

  37. Bier Pinter says

    Mantap bro artikelnya. Sangat menginspirasi anak bangsa. Mari kita bangun website edukasi untuk membangun bangsa kita menjadi lebih baik lagi.

    1. Dwi Wahyudi says

      Ma kasih Bang, salam kenal ya…

  38. Tuteh says

    Eaaaa akhirnya ketemu juga kolom komentar hahaha 😀 Terus bingung mau komentar apa *dikeplak*

    1. Dwi Wahyudi says

      Hahahahahaha… Ga papa Kak, ma kasih banyak udah dukung yak dengan memberikan komentar disini. Miss u My Sister…

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

CommentLuv badge