Gedung Rektorat UNTAN Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Bersama UNTAN Membangun Negeri untuk Kalbar Lebih Baik

Diposting pada

Bersama UNTAN Membangun Negeri menjadi slogan baru yang sedang digaungkan oleh pihak Universitas Tanjungpura Pontianak melalui sebuah kompetisi menulis blog dengan mekanisme keikutsertaan terbuka untuk umum. Secara pribadi Blogger Borneo melihat ini sebagai sebuah kemajuan dimana UNTAN sudah melihat peranan Blogger Pontianak sebagai salah satu media promosi yang cukup efisien dan efektif dalam menyuarakan suatu informasi.

Tidak terasa kurang lebih 12 tahun menjadi alumni (Blogger Borneo merupakan alumni UNTAN Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Untan Tahun Angkatan 2000), begitu banyak perubahan yang telah dilakukan. Salah satu diantaranya adalah dengan berdirinya Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak. Sepertinya untuk saat sekarang ini, perubahan yang dialami UNTAN tidak terlepas dari peran besar Rektor Untan terpilih yaitu Bapak Profesor Thamrin Usman DEA.

PROFIL UNIVERSITAS TANJUNGPURA

Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan salah satu Perguruan Tinggi negeri di Nusantara yang berbentuk Universitas, dinaungi oleh dikti dan termasuk kedalam kopertis wilayah 0. Perguruan Tinggi ini telah berdiri sejak tahun 6 Mei 1963 dengan Nomor Surat Keputusan PT 53 Tahun 1963 dan Tanggal Surat Keputusan PT 16 Mei 1963. UNTAN berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat.

Di tahun ini, UNTAN baru saja menyelesaikan proses Seleksi Masuk Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 dan hasil pengumuman para peserta yang lulus seleksi jugas sudah keluar pada akhir bulan April lalu. Tercatat ada 85 PTN se-Indonesia yang mengikuti SNMPTN ini. Dari total kuota penerimaan SNMPTN UNTAN ada 1.547 kursi dan yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat hanya 1.527 siswa dari 7.216 pelamar.

Rektor Untan Tinjau Langsung Pelaksanaan SBMPTN 2018
Image: Untan.Ac.Id

Dari semua fakultas yang ada di UNTAN, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) paling banyak diminati oleh para peserta SNMPTN 2018. Ini bisa dilihat berdasarkan lima prodi yang paling dominan dipilih pada saat mendaftar, antara lain: Akuntansi 679 orang , Manajemen 630 orang, PGSD 483 orang, Farmasi 348 orang dan IAN 324 orang.

JUMLAH FAKULTAS DI UNTAN

Fakultas-fakultas yang terdapat di Universitas Tanjungpura terdiri atas sembilan fakultas, antara lain:

  1. Fakultas Hukum;
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis;
  3. Fakultas Pertanian;
  4. Fakultas Teknik;
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIPOL);
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP);
  7. Fakultas Kehutanan;
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA); dan
  9. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

DAFTAR NAMA REKTOR UNTAN

  1. Dr. M. Soedarso Presiden Universitas Daya Nasional Tahun 1959-1961.
  2. Kolonial Sudarmo Presiden Universitas Daya Nasional Tahun 1961.
  3. Letkol Dr. Soegeng Presiden Universitas Daya Nasional Tahun 1961-1967.
  4. Letkol Chk. Muhammad Isa, SH. Tahun 1967-1973.
  5. Prof. Drs. Hindersah Wiratmadja Tahun 1973-1974.
  6. Drs. Wan Usman, M.A. Tahun 1974-1975.
  7. I. Soepartono Siswopranoto Tahun 1975-1982.
  8. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Tahun 1982-1991.
  9. Prof. H. Mahmud Akil, S.H Tahun 1991-1999.
  10. Ir. Hj. Purnamawati Tahun 1999-2003.
  11. Prof. Hj. Asniar Ismail, SE, MM. Tahun 2003-2007.
  12. Dr. H. Chairil Effendy, MS. Tahun 2007-2011.
  13. Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA Tahun 2011-2015.
  14. Prof. Dr. H. Thamrin Usman, DEA Tahun 2015-2019.

Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa

Jika diperhatikan, sekarang UNTAN sedang dalam proses pembangunan gedung 7 in 1 yang sumber dananya berasal dari Islamic Development Bank (IDB). Menurut info dilansir dari laman TheTanjungpuraTimes.Com, Sabtu (30/12/2017), proses pembangunan ini akan selesai pada September 2018. Ditargetkan akan ada 5 (lima) bangunan yang selesai terlebih dahulu, antara lain:

  • 1 Unit Gedung Tiga Lantai;
  • 1 Unit Perpustakaan Modern;
  • 1 Unit Gedung Serbaguna Tiga Lantai;
  • 2 Unit Classroom Tiga Lantai; dan
  • 1 Unit Gedung Laboratorium Terpadu Empat Lantai.

Khusus untuk perpustakaan sendiri, demi mencapai tujuan bersama untuk membangun negeri maka pemanfaatannya nanti akan difokuskan untuk para mahasiswa dan pihak internal UNTAN sendiri. Dan sumber-sumber referensinya akan juga dilengkapi dalam versi softcopy.

Proyek Pembangunan 7 in 1 Universitas Tanjungpura
Image: Dok. Pribadi

PRESTASI MAHASISWA UNTAN

Bicara mengenai prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa Universitas Tanjungpura, sejak awal berdiri hingga saat ini sudah cukup banyak pencapaian prestasi yang ditorehkan. Mungkin jika mau dijelaskan semuanya di tulisan ini, ga kebayang akan menjadi sepanjang apa nanti. Oleh karena itu, Blogger Borneo hanya memasukkan tiga prestasi terbaru yang telah dicapai.

Bulan Maret 2018

Prestasi Mahasiswa UNTAN - Juara 3 LKTI Nasional 2018
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Program Studi Matematika Universitas Muhammadiyah Malang, tiga mahasiswa dari Program Studi Kimia FMIPA Universitas Tanjungpura berhasil menyabet juara 3. Adapun judul yang diangkat dalam kompetisi ini adalah “Pendekatan Regresi Linier Berganda untuk Analisis Tingkat Kekeruhan Akhir pada Air Baku PDAM Tirta Khatulistiwa”.

Bulan Januari 2018

Prestasi Mahasiswa Untan - Juara 2 Karya Tulis Ilmiah ITB 2018
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi lomba karya ilmiah nasional yang bertemakan “Agricultural Farming System Competition AGRIFASCO 2018“, mahasiswa Ilmu dan Teknologi Fakultas Pertanian UNTAN yang diwakili oleh Gwen Sahara Desfanny dan Dinda Chandra Anggrayni berhasil menyabet juara ke-2 karya tulis ilmiah dalam rangka Ketahanan Pangan Berkelanjutan. Kompetisi ini diselenggarakan di ITB dari tanggal 19-22 Januari 2018 dan diikuti oleh hampir seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia.

Bulan Desember 2017

Prestasi Mahasiswa Untan - Juara 3 LKP Tingkat Umum Kalbar 2017
Image: www.untan.ac.id

Dalam kompetisi Lomba Karya Perekayasaan (LKP) Tingkat Umum se-Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kalbar, mahasiswa Teknik Lingkungan UNTAN berhasil menyabet juara 3. Pada kompetisi ini, alat yang dibuat oleh tim ini adalah alat portabel pengolah air sungai atau air sumur menjadi air bersih siap minum dengan teknologi UV. Alat merupakan karya mahasiswa dalam mata kuliah Rekayasa Lingkungan Berbasis Masyarakat (RLBM) yang merupakan mata kuliah keahlian berkarya dengan muatan lokal.

Ketiga prestasi diatas merupakan beberapa prestasi terbaru yang berhasil diraih oleh para mahasiswa UNTAN. Masih banyak lagi daftar prestasi yang telah ditorehkan sejak universitas negeri di Pontianak ini berdiri. Tentu saja sebagai salah satu almamater UNTAN Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Tahun 2000-2005, Blogger Borneo turut merasa bangga dengan kenaikan posisi ini.

Diharapkan untuk kedepannya dari Universitas Tanjungpura terus melahirkan lulusan-lulusan terbaik sehingga slogan Bersama UNTAN Membangun Negeri bisa tercapai sesuai harapan dan keinginan seluruh civitas akademik. Amin… (DW)

Referensi:

  • http://untan.ac.id/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Tanjungpura/
  • http://thamrinusman.untan.ac.id/biodata/

30 thoughts on “Bersama UNTAN Membangun Negeri untuk Kalbar Lebih Baik

  1. Memang benar kok ya, pendidikan merupakan dasar pembangunan suatu bangsa, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara pun menganggap begitu. Tapi memang selain pendidikan mahasiswa/i tentunya bisa memanfaatkan waktunya untuk ikut kursus online supaya keahliannya juga dapat dimaksimalkan sehingga kelak karya yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *