UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Konsep cyber university sebenarnya telah digaungkan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir pada saat menyampaikan paparan kesiapan perguruan tinggi menghadapi revolusi industri 4.0 di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Rabu (28/03/2018).

Masih ada hubungan dengan tagline UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, M. Nasir menyebutkan bahwa cyber university dicanangkan sebagai bentuk pengawasan terhadap sistem perkuliahan secara online yang sebenarnya beberapa diantara perguruan tinggi di Indonesia sudah menerapkannya, seperti: Universitas Terbuka, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Universitas Bina Nusantara (Binus)

Sistem perkuliahan secara online memungkinkan perguruan tinggi tersebut memiliki mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai wilayah bahkan bisa sampai dari luar negeri. Nah disinilah penerapan cyber university berperan penting untuk menjaga standar kurikulum dan materi yang diberikan sama.

Akreditasi UNTAN

Sekarang bagaimana dengan UNTAN sendiri??? Sepertinya untuk saat sekarang ini, satu-satunya perguruan tinggi negeri di Kalimantan Barat ini sedang berupaya untuk membangun ekosistem digital sebagai langkah utama menuju cyber university.

Kita ketahui sendiri bahwa sejak awal tahun 70-an, dunia telah memasuki era digital. Tidak dapat dipungkiri, mau tidak mau, suka tidak suka, secara perlahan namun pasti perkembangan teknologi digital telah menjadi bagian dari kehidupan manusia.

Keberadaan teknologi digital telah membuat pekerjaan-pekerjaan yang dulunya sulit untuk dikerjakan manusia menjadi lebih mudah. Seiring dengan itu, terus meningkatnya kemampuan layanan jaringan internet membuat pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dari jarak jauh karena bentuknya telah berubah dari wujud fisik (hardcopy) menjadi digital (softcopy).

Tagline UNTAN

Jika diperhatikan, perkembangan teknologi digital dalam kurun waktu 15 tahun terakhir telah memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru di bidang keahlian digital. Sebenarnya ini memberikan dampak positif karena membuka kesempatan lapangan kerja baru, namun di sisi lain akan menutup beberapa jenis pekerjaan lain yang sifatnya konvensional.

Melihat kondisi ini, perguruan tinggi sebagai lembaga penyedia pendidikan di Indonesia juga tidak boleh tinggal diam. Sesuai tagline UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, maka secepatnya konsep ini harus diterapkan untuk mendorong terjadinya proses evolusi sistem pendidikan dari pendekatan tradisional ke digital.

Dan untuk memulai proses evolusi tersebut, tidak mudah untuk dilakukan dan tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena semuanya dimulai dari penyesuaian sistem manajemen universitas, peningkatan kapasitas database mahasiswa, efisiensi pelaporan keuangan, penyempurnaan proses akademik, penerapan e-scoring, pembangunan perpustakaan digital, dan lain sebagainya.

Cyber University

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf diatas bahwa cyber university memungkinkan sistem perkuliahan dilakukan secara jarak jauh. Hal ini membuat para mahasiswa dan mahasiswinya tidak perlu harus hadir di kelas pada saat kuliah, cukup mengakses materi kuliah secara online dan mengerjakan tugas yang diberikan.

Cyber University menyediakan layanan belajar formal melalui media online yang bisa diakses semua orang, terlepas dari keterbatasan akibat lokasi geografis, fleksibilitas, dan lainnya. Mahasiswa dapat dengan mudah mengakses tugas, perpustakaan serta perkuliahan online tanpa perlu bertatap muka.

Selain itu, mahasiswa yang bekerja atau berada di tempat yang jauh bisa memiliki akses pendidikan yang lebih mudah. Bahkan mereka juga dapat mengikuti kuliah dari rumah atau tempat lain selama mereka memiliki akses ke internet. Semua perubahan positif ini telah mulai dilakukan demi terwujudnya tagline UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University.

Ekosistem Digital

Dalam upayanya mewujudkan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, pihak manajemen internal Universitas Tanjungpura terus melakukan pembenahan dan penyempurnaan di berbagai aspek yang dianggap memiliki fungsi penting, antara lain:

Sistem Pendaftaran Online

Mekanisme pendaftaran secara online telah lebih dulu diimplementasikan UNTAN dalam proses penerimaan calon mahasiswa mahasiswi baru yang akan diterima. Ada 4 (empat) jalur pendaftaran yang dibuka, antara lain:

Alur Pendaftaran SNMPTN Untan 2020
Image: PendaftaranMahasiswa.Web.Id
  • Pendaftaran Jalur Mandiri UNTAN via www.untan.ac.id
  • Pendaftaran Jalur SNMPTN UNTAN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) via www.snmptn.ac.id
  • Pendaftaran Jalur SBMPTN UNTAN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) via www.sbmptn.ac.id
  • Pendaftaran Bea Siswa Bidik Misi UNTAN via www.bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Kesemua jalur pendaftaran diatas menggunakan sistem online melalui website resmi yang telah ditentukan sebelumnya.

Sistem Informasi Akademik

Begitu para mahasiswa/i baru diterima masuk dan mulai menjalankan aktivitas perkuliahan resminya, mereka diharuskan mendaftarkan mata kuliah per semester ke dalam SIAKAD UNTAN.

Di Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura akan dapat dilihat juga perkembangan akademik dari setiap mahasiswa dalam bentuk jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang telah dikumpulkan serta pencapaian IP (Indeks Prestasi) dan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif).

Pengembangan Digital Library

Dalam proses perkuliahan, peningkatan kapasitas dari setiap sumber daya manusia yang menimba ilmu di UNTAN menjadi salah satu bidang yang difokuskan. Menyediakan perpustakaan berbasis digital baru saja diwujudkan dalam bentuk pembangunan 7 (tujuh) infrastruktur tahun lalu.

Melalui website resmi Perpustakaan Universitas Tanjungpura dapat dilihat bagaimana kondisi koleksi bahan bacaan yang dimiliki dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Jenis-jenis katalog yang tersedia, antara lain: Katalog Induk, Katalog Tugas Akhir, Jurnal Ilmiah, dan Repositori UNTAN.

Mitra Kerjasama Internasional

Masih dalam divisi yang sama yaitu Perpustakaan UNTAN, pihak universitas juga melakukan bekerjasama dengan beberapa mitra internasional, antara lain: American Corner, British Culture and Language, dan Kedai Perancis.

Kesemua fasilitas ini dapat digunakan oleh para mahasiswa UNTAN dari berbagai disiplin ilmu tanpa terkecuali. Silahkan memanfaatkannya semaksimal mungkin bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang ingin dapat mengembangkan kemampuan dirinya.

Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni

Secara umum, UNTAN menyediakan SIMALUN UNTAN, merupakan singkatan dari Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni. Disini semua informasi yang berhubungan dengan mahasiswa aktif maupun alumni dapat di-update secara berkala.

Ingin tahu info beasiswa UNTAN terbaru, lowongan kerja terbaru, data calon wisudawan terbaru, validasi ijazah kelulusan, daftar nama alumni terbaru, dan informasi sejenis lainnya dapat diakses melalui portal UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University ini.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Sebagai salah satu alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Tanjungpura Tahun Angkatan 2000, Blogger Borneo tetap mendukung sepenuhnya agar universitas yang baru saja mendapat akreditasi UNTAN terbaru “A” bisa mendapat status cyber university secepatnya.

Semoga dari yang semula hanya berbentuk tagline UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University dapat terwujud menjadi kenyataan di tahun 2020 ini. Amin. Insya Allah… (DW)

Referensi:

  • https://www.wartaekonomi.co.id/read175511/pemerintah-bakal-bentuk-cyber-university-tujuannya-apa
  • http://www.prestasi-iief.org/index.php/id/feature/146-cyber-university-pendidikan-canggih-di-era-digital
  • https://www.pendaftaran.net/2016/10/cara-pendaftaran-untan.html
7 Komentar
  1. Fadli says

    Keren tulisannye, agik nunggu di tangga pejwan neh, kebut terus bang….. Jangan kasi kendor

    1. Dwi Wahyudi says

      Baru publish Bang, slow lok… Dah berape hari baru genjot… Tulisan Abang pun mantab gak, dah di pejwan sekarang. 😀

  2. whandi says

    Mantap, akhirnya pemenang lomba yang sebelumnye udah mulai nampil. ayo genjot genjot

    1. Dwi Wahyudi says

      Wahhhh… ketahuannn…

  3. Multi Juniarti says

    Semakin bangga kita punya UNTAN di Kalimantan Barat ya, Bang.

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya Kak, almamater saye tu. UNTAN mah tjakep abis…

  4. Pondok Pesantren Ulil Albab says

    Jadi membayangkan suatu saat nanti Pondok Pesantren Ulil Albab dapat memiliki fasilitas seperti ini. Amin Ya Allah…

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More