BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

IGI Kalbar, Profil Singkat Ikatan Guru Indonesia Kalimantan Barat

Ikatan Guru Indonesia (IGI) merupakan organisasi profesi guru yang disahkan oleh pemerintah melalui SK Depkumham Nomor AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal 26 November 2009 dan diperbarui dengan Nomor: AHU-0000332.AH.01.08 Tahun 2021.

Ikatan Guru Indonesia

Bicara mengenai Ikatan Guru Indonesia sebenarnya Blogger Borneo pernah mendaftar dan secara resmi masuk dalam wilayah kepengurusan IGI Kalbar dengan nomor anggota 0561-01-000014.

Blogger Borneo juga masih cukup ingat pada saat itu sempat berkeliling ke beberapa sekolah demi menelusuri satu demi satu anggota IGI Kalimantan Barat yang telah terdaftar karena berdasarkan nomor anggota sudah ada 14 orang anggotanya.

Akan tetapi karena sepertinya struktur kepengurusannya pada saat itu masih belum kuat seperti sekarang, maka usaha pencarian tersebut untuk sementara dihentikan dan Blogger Borneo fokus dengan aktivitas rutin harian.

Khusus untuk kartu keanggotaan terdaftar selama ini sengaja Blogger Borneo simpan hingga setelah beberapa tahun kemudian nama IGI Kalbar kembali muncul di beberapa pemberitaan portal berita online Kalimantan Barat.

Alhamdulillah sekarang nama IGI sudah mulai kembali berkibar dengan berbagai aktivitasnya secara daring maupun luring dimana selama ini kegiatan-kegiatan seperti ini tidak pernah difasilitasi oleh Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Profil Umum

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan apa saja aktivitasnya selama ini. Untuk ini Blogger Borneo mencoba mencari informasi melalui 2 (dua) sumber resmi yaitu melalui website resmi IGI dan Wikipedia Indonesia.

Baca Juga:   Tips Anti Nganggur di Era Milenial, Manfaatkan Internet sebagai Sumber Penghasilan

Berikut ini merupakan profil IGI dikutip dari kedua sumber referensi diatas:

Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi pendidikan yang beranggotakan guru, dosen, dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Lembaga ini didirikan pada tanggal 26 November 2009 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009.

Ikatan Guru Indonesia adalah organisasi guru yang diinisiasi tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali.

Pada tanggal 26 November 2009 Klub Guru Indonesia secara resmi berbadan hukum ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009.

SDN 27 Pontianak Utara Gelar Workshop SAGUSAVI IGI Kalbar
Image: igi.or.id

Di Surat Keputusan tersebut, Klub Guru Indonesia berubah nama menjadi Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan dipimpin oleh Ketua Umum Satria Dharma dari IGI Wilayah Jawa Timur serta Ketua Dewan Pembina Indra Djati Sidi dari Wilayah Jawa Barat.

Blogger Borneo sendiri sudah pernah bertemu langsung dengan Bapak Satria Dharma ketika Beliau menjadi narasumber untuk Seminar Pendidikan Pontianak Tahun 2009 dengan tema “The World is My Class“.

Banner 1

Indonesia WP Theme

Pada tanggal 30-31 Januari 2016, Ikatan Guru Indonesia melaksanakan Kongres II di Makassar. Pada Kongres ini, Muhammad Ramli Rahim dari Sulawesi Selatan terpilih sebagai Ketua Umum IGI periode 2016-2021.

Kepengurusan tahun 2021-2026 sebagai hasil Kongres III di Jawa Barat terdaftar di kementerian hukum dan HAM IGI dengan surat keputusan nomor: AHU-0000332.AH.01.08 Tahun 2021 dengan Ketua Umum Danang Hidayatullah dari DKI Jakarta.

Baca Juga:   4 Aktivitas Menghasilkan bagi Lulusan PGSD Selain Menjadi Guru

Program Kerja

  • Sagusatab (Satu Guru Satu Tablet)
  • Sagusanov (Satu Guru Satu Inovasi)
  • Sagusadro (Satu Guru Satu Aplikasi Andorid)
  • Sagusamik (Satu Guru Satu Komik Pembelajaran)
  • Sagusampi (Satu Guru Satu Multi Media Pembelajaran Interaktif)
  • Sagusablog (Satu Guru Satu Blog)
  • Sagusakti (Satu Guru Satu Karya Tulis Ilmiah)
  • Sagusaku (Satu Guru Satu Buku)
  • Sagusaegem (Satu Guru Satu Edu Game)
  • Sagusanimasi (Satu Guru Satu Animasi)
  • Sagusacpad (Satu Guru Satu Casio Pad)
  • Diklat Guru Non IT
  • DIklat Lectora
  • Diklat Geogebra
  • Gerakan Guru Berintegritas
  • Diklat Guru Ramah Anak
  • Menemu Baling
  • Gerakan Hemat Energi dan Penciptaan Energi Baru dan Terbarukan
  • Gerakan peningkatan kemampuan guru Inklusi dan pendidikan untuk semua
  • Gerakan Guru Saudara
  • Gerakan Bayar Balik

Dari daftar program kerja IGI diatas, ada satu program yang menarik perhatian Blogger Borneo yaitu SAGUSABLOG yang merupakan singkatan dari SATU GURU SATU BLOG.

Daftar IGI Wilayah

Daftar IGI Wilayah
Image: Wikipedia Indonesia

Dari tampilan diatas dapat dilihat berapa jumlah struktur kepengurusan untuk IGI Wilayah hingga per tahun 2021. Sepertinya semua provinsi sudah memiliki perwakilan Ikatan Guru Indonesia termasuk IGI Kalbar.

IGI Kalbar

Nah untuk IGI Kalbar sendiri jumlah sebaran anggotanya per kabupaten/kota bisa dilihat melalui tampilan data dibawah ini:

1 Kabupaten Sintang 1280 Orang
2 Kabupaten Ketapang 1051 Orang
3 Kota Pontianak 493 Orang
4 Kabupaten Sekadau 403 Orang
5 Kota Singkawang 321 Orang
6 Kabupaten Melawi 283 Orang
7 Kabupaten Sanggau 266 Orang
8 Kabupaten Kuburaya 254 Orang
9 Kabupaten Sambas 197 Orang
10 Kabupaten Mempawah 189 Orang
11 Kabupaten Bengkayang 183 Orang
12 Kabupaten Kayong Utara 158 Orang
13 Kabupaten Landak 133 Orang
14 Kabupaten Kapuas Hulu 90 Orang
Baca Juga:   A list of Must Recommended Online Resources for Students 

Cara Daftar IGI

Bagi yang berminat untuk menjadi bagian dari Ikatan Guru Indonesia khususnya IGI Kalbar, panduan pendaftaran menjadi anggota dapat dibaca secara lengkap melalui link tautan https://anggota.igi.or.id/pendaftaran.html.

Secara alur mekanisme pendaftaran menjadi anggota IGI dapat dilihat melalui tampilan gambar dibawah ini:

Cara Mendaftar Menjadi Anggota IGI Kalbar
Image: igi.or.id

Alhamdulillah Blogger Borneo untuk saat ini telah terdaftar resmi sebagai salah seorang anggota IGI Kalbar untuk daerah Kabupaten Kubu Raya. Biaya pendaftaran Rp. 50.000 saja dan proses sekitar seminggu paling lama.

Demikian artikel mengenai profil IGI Kalbar ini Blogger Borneo buat dengan mengambil referensi dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan. Salam Literasi… (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More