Home Liputan Industri Esports Lokal Terus Berkembang, Mineski Lakukan Ekspansi ke Indonesia

Industri Esports Lokal Terus Berkembang, Mineski Lakukan Ekspansi ke Indonesia

Narasumber MET Events 2018
Image: Dok. Pribadi

Melihat kondisi industri esports di Indonesia yang terus mengalami perkembangan, Mineski sebagai salah satu organisasi esports terbesar di Asia Tenggara mulai bersiap-siap untuk semakin memperkuat posisinya dengan melakukan ekspansi ke Indonesia. Kehadiran Mineski dalam misi membawa ekosistem esports Indonesia ke tahap selanjutnya akan memberikan kesempatan lebih luas bagi para peminat esports baik itu melalui kompetisi, infrastruktur, serta dukungan para gamers.

Dalam satu kesempatan ketika sedang berada di Ibukota, Blogger Borneo diajak untuk hadir dalam event yang diselenggarakan oleh Mineski Indonesia. Waktu sudah menunjukkan jam 11 tepat ketika Blogger Borneo memutuskan untuk menggunakan kereta dengan tujuan stasiun Grogol dari stasiun keberangkatan Pondok Ranji. Kebetulan lokasi pelaksanaan event MET ini sudah tidak asing lagi karena beberapa kali digunakan untuk acara peluncuran smartphone maupun laptop baru sebuah brand cukup terkemuka di Indonesia.

Alhamdulillah meski agak terlambat dari jadwal yaitu jam 12 siang, Blogger Borneo tiba di lokasi sekitar jam 12.30 WIB. Dengan menggunakan transportasi lanjutan Go-Jek dari Stasiun Grogol, Blogger Borneo langsung masuk ke lantai L Hotel Pullman Central Park Jakarta Pusat dan melakukan registrasi. Ternyata sesi makan siang masih belum berakhir, jadi langsung aja mengambil piring, nasi, lauk pauk, minuman, dan seterusnya. Dah laper euy…

INDONESIA MASUK DAFTAR 16 BESAR DI DUNIA

Berselang setengah jam kemudian, para undangan diminta untuk masuk ke dalam ballroom karena acara akan segera dimulai. Tampak para panitia penyelenggara sibuk mempersilahkan para undangan untuk dapat duduk mengisi kursi yang telah disediakan. Sempat bertemu langsung dengan Kak Lita Chai dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk hadir dalam event ini, dan juga bertemu dengan salah seorang blogger Jakarta yang sudah cukup dikenal juga yaitu Maseko.

Mineski EO Esports Nomor Satu Dunia
Image: Dok. Pribadi

Dalam sesi pembukaan, dijelaskan secara singkat bagaimana perkembangan industri game di Indonesia bisa dibilang sangat pesat. Menurut laporan dari NewZoo tahun 2017 lalu, Indonesia masuk dalam peringkat 16 dari 20 negara dengan pasar game terbesar di dunia. Dengan jumlah sekitar 43 juta pemain game di Indonesia, total pendapatan yang diperoleh dari industri ini mencapai kurang lebih 879 juta dollar amerika. Dengan raihan angka ini, diprediksi di tahun 2021 jumlah pendapatannya bisa mencapai 180 miliar dollar amerika per tahun.

Agus Hwang selaku Country Manager MET Indonesia menjelaskan dalam sesinya bahwa dengan melihat potensi industri esports di Indonesia, maka MET Indonesia akan melakukan investasi yang agresif dalam beberapa tahun kedepan. Berbekal pengetahuan dan 14 tahun pengalaman Mineski di ekosistem esports, MET Indonesia optimis standar industri ini dapat terus ditingkatkan.

Untuk menunjukkan keseriusan ini, MET telah berencana menyelenggarakan event-event besar di Indonesia, diantaranya Garuda Cup, Indonesia Profesional Gaming League (IPGL), dan Jakarta Masters. Khusus untuk Jakarta Masters, masuk dalam rangkaian The Masters dan teknis pelaksanaannya nanti akan diadopsi dari event Manila Masters di Filipina. Di tahun 2019, MET berencana untuk mengadakan event ini di dua negara, salah satu diantaranya adalah Indonesia.

MINESKI MENGGANDENG MITRA KERJASAMA

Demi menciptakan sebuah ekosistem esports yang tak terbatas, Mineski Indonesia menjalin kerjasama dengan beberapa mitra yang memiliki keterkaitan langsung dengan industri ini. Beberapa perusahaan yang telah bekerjasama untuk saat ini adalah Telkomsel, Tencent, Go-Jek, dan TokoPedia. Diharapkan dengan adanya kerjasama ekslusif ini akan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi para gamers dan esports enthusiast di Indonesia.

Telkomsel sebagai salah satu provider dengan jumlah pelanggan terbesar di Indonesia mendapat feedback kontribusi dari segmen gaming sebesar 34 persen dari sekitar lebih dari 60 juta pelanggan yang memainkan game di ponsel mereka setiap bulannya. Sedangkan dari TokoPedia sendiri memiliki kegiatan serupa seperti “TokoPedia Battle of Friday” yang sejalan dengan salah satu fokus Mineski untuk memajukan industri kreatif esports di Indonesia.

Di kawasan Asia Tenggara, kiprah Mineski telah teruji dengan memberikan dukungan kepada tim gaming profesional untuk dapat berkembang menjadi tim yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, Mineski mencoba untuk menerapkannya juga di Indonesia. Mineski dikenal memiliki tim esports terbaik di berbagai jenis permainan, seperti: League of Legends, CS:GO, dan DOTA 2. Tak heran jika Mineski mendapat julukan sebagai tim esports primer di kancah dunia.

Mineski Talents 2019
Image: Dok. Pribadi

FOKUS PENGEMBANGAN CYBERCAFE

Sejak berdiri pada bulan April 2017, Mineski Indonesia fokus pada dua cabang bisnis utama, yaitu: Mineski Infinity dan MET. Khusus untuk Mineski Infinity telah memiliki tiga cabang yang tersebar di Jakarta dan Bandung. Secara keseluruhan, jumlah cabang yang ada di kawasan Asia Tenggara, seperti: Filipina, Malaysia, Thailand, dan tentu saja Indonesia sendiri sudah mencapai lebih dari 150 cabang.

Mineski Infinity dibuat untuk memenuhi kebutuhan para gamers dan komunitas esports di dunia. Dan untuk mendukung lahirnya para talenta gamers muda, Mineski akan mengembangkan konsep Cyber Cafe dimana nantinya tempat ini akan menjadi “markas” bagi para gamer lokal yang ingin berkembang ke arah profesional.

Selain rencana untuk pengembangan Cyber Cafe nantinya, sebenarnya Mineski Indonesia telah memiliki MET dengan dua lini produk utama yaitu MET Events dan MET Entertainment. Di Indonesia, MET Events telah memproduksi lebih dari 20 event esports berskala nasional maupun internasional. Begitu juga dengan MineskiTV Indonesia telah menayangkan lebih dari 500 jam konten live streaming yang telah disaksikan puluhan juta penonton setiap tahunnya.

Sedangkan MET Entertaiment lebih berfokus pada bidang talent management untuk membina dan mengasah bakat dan kemampuan para talent sehingga nantinya dapat berkembang dan sejajar dengan talent esports internasional.

MINI KOMPETISI MOBILE LEGEND

Di bagian akhir event ini, pihak panitia mengundang para hadirin yang mau bergabung dalam dua grup untuk mengikuti mini kompetisi game online “Mobile Legend” dengan hadiah total sebesar 5 juta rupiah bagi grup yang berhasil menjadi pemenang. Masing-masing grup diisi oleh 5 orang. Dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit sejak perlombaan dimulai hingga berakhir. Mau tahu grup mana yang menjadi pemenang??? Lihat saja penampakan wajah-wajahnya dibawah ini ya…

Juara Mini Kompetisi Mobile Legend Event Mineski Indonesia
Image: Dok. Pribadi

Sekilas Tentang Mineski Indonesia

Mineski Indonesia pertama kali beroperasi di Indonesia pada April, 2017. Setelah sukses dengan Mineski Infinity (cybercafe) dan MET Events, Mineski Indonesia merambah ke bidang talent management dengan mendirikan MET Entertainment yang akan menayangkan konten-konten menarik seputar esports. Mineski Indonesia telah banyak memfasilitasi tim game profesional untuk bertarung di kancah regional maupun global serta memproduksi dan menayangkan pertandingan esports berskala internasional. (DW)