BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Jadwal Vaksin Covid Terbaru Pontianak Tahun 2021

Jadwal Vaksin Covid Terbaru Pontianak

Ayo Vaksin. Desa Teluk Kapuas mengadakan vaksin Covid 19 pada hari Rabu, 7 Juli 2021 dari jam 8 pagi sampai selesai. Lokasi Gedung Olah Raga (GOR) Samping Kantor Desa. Cukup bawa fotokopi E-KTP Anda sudah bisa mendaftar vaksin. Jangan lupa untuk selalu mengenakan masker.

Sebuah pesan diatas Blogger Borneo terima dari salah seorang sahabat ketika beberapa waktu sebelumnya ada menanyakan mengenai info vaksin terbaru di daerah Kabupaten Kubu Raya. Pucuk dicinta ulam pun tiba, bertepatan dengan tanggal tersebut Blogger Borneo tidak ada jadwal kegiatan.

Sebenarnya untuk domisili, Blogger Borneo terdaftar sebagai penduduk Desa Parit Baru, Kabupaten Kubu Raya. Dan memang lokasi rumah juga sangat dekat dengan Kantor Desa. Beberapa waktu lalu Pemerintah Desa Parit Baru ada mengadakan vaksin gratis juga, hanya saja pada saat itu tidak bisa ikut serta dikarenakan ada agenda kegiatan.

Persiapan Awal

Bagi Blogger Borneo sendiri, mengikuti jadwal vaksin covid terbaru Pontianak ini merupakan pengalaman pertama kali. Oleh karena itu, berusaha mencari informasi melalui internet untuk mendapatkan gambaran mengenai situasi dan kondisinya seperti apa.

Blogger Borneo juga mendapatkan informasi dari beberapa orang sahabat yang menjadi tenaga medis dalam pelaksanaan kegiatan Ayo Vaksin Covid 19 ini. Alhamdulilah dari mereka diperoleh gambaran mengenai persiapan awal yang bisa dilakukan.

1. Istirahat Cukup

Memastikan tubuh dalam kondisi terbaik, ini hal terpenting yang harus diperhatikan. Istirahat cukup sehari sebelumnya, minum air putih secukupnya, dan tidur awal. Ini yang Blogger Borneo lakukan pertama kali.

2. Sarapan Pagi

Jangan lupa untuk sarapan pagi karena kemungkinan besar proses pelaksanaan vaksin akan lama karena akan banyak masyarakat ikut serta. Jika di waktu awal pandemi ini menyerang masih banyak yang awam dan takut untuk divaksin, sekarang kondisinya sangat berbeda.

3. Datang Awal

Jadwal vaksin Covid 19 di Kubu Raya Desa Teluk Kapuas sudah ditentukan dimulai jam 8 pagi, Blogger Borneo telah tiba di lokasi satu jam sebelumnya. Tampak para petugas dari kantor desa masih sedang mempersiapkan meja dan kursi. Jangan lupa bawa fotokopi E-KTP sebagai syarat utama.

4. Ikuti Prosedur

Secara umum mengenai prosedur pelaksanaan kegiatan Ayo Vaksin Covid 19 akan Blogger Borneo jelaskan secara spesifik di bagian bawah tulisan ini. Intinya jika ingin kegiatan ini berjalan secara lancar, kita harus patuh dan ikuti prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Testimoni Positif

Ketika proses vaksin selesai dilakukan, jangan lupa bagikan kisah pengalaman Anda dalam bentuk testimoni positif melalui status di akun media sosial atau tulisan di blog pribadi. Alhamdulillah Blogger Borneo tidak mengalami efek apapun setelah melakukan proses vaksin.

6. Simpan Bukti

Nah, sebenarnya ini menjadi satu alasan utama kenapa Blogger Borneo mengambil keputusan untuk mengikuti jadwal vaksin covid terbaru Pontianak yaitu untuk mendapatkan bukti resmi dalam bentuk sertifikat.

Insya Allah dalam waktu dekat Blogger Borneo berencana untuk mengikuti kegiatan nasional di luar kota sehingga kepemilikan sertifikat ini merupakan bentuk antisipasi agar tidak ada kendala selama proses perjalanan nanti.

Prosedur Pelaksanaan

Setelah sebelumnya membahas mengenai persiapan awal yang harus dilakukan ketika Anda akan mengikuti program jadwal vaksin covid terbaru Pontianak, sekarang Blogger Borneo akan membahas mengenai prosedur umum pelaksanaan dari sudut pandang pribadi berdasarkan pengalaman hari ini.

Ada 3 (tiga) jenis prosedur yang harus menjadi pusat perhatian ketika mengikuti jadwal vaksin covid terbaru Pontianak, antara lain:

  • Prosedur Pendaftaran dan Pengambilan Nomor Antrian.
  • Prosedur Penginputan Data Peserta ke Sistem.
  • Prosedur Vaksin Covid 19.

Prosedur Pendaftaran

Tahap Pendaftaran Program Ayo Vaksin Covid 19
Image: Dok. Pribadi

Untuk menghindari kerumunan pada saat proses pendaftaran, tentukan waktu kedatangan mulai dari jam 7 – 9 pagi. Berikan nomor antrian ketika para peserta memberikan dokumen fotokopi E-KTP. Minta mereka untuk duduk kembali sambil menunggu nama mereka kembali dipanggil oleh petugas input data.

Prosedur Input Data

Data peserta yang ikut dalam jadwal vaksin covid terbaru Pontianak akan diinput ke dalam sistem agar tercatat sehingga berhak untuk mendapatkan bukti resmi ketika proses vaksinasi selesai dilakukan. Begitu nama dipanggil sesuai nomor antrian, tahap selanjutnya adalah masuk ke area vaksinasi.

Prosedur Vaksin

Formulir Cek Kesehatan
Image: Dok. Pribadi

Sebelum dilakukan vaksin, para peserta akan diperiksa kesehatannya untuk memastikan memenuhi syarat. Selain memeriksa tekanan darah dan kadar gula dalam darah, dokter juga akan menanyakan beberapa hal mengenai riwayat penyakit yang pernah di idap dan historis konsumsi obat dalam seminggu terakhir.

Satu hal menjadi fokus utama dalam proses pelaksanaan program jadwal vaksin covid terbaru Pontianak ini adalah jumlah para peserta yang datang. Sekiranya tempat menunggu dan kursi terbatas, bisa dibagi menjadi beberapa sesi dengan jumlah peserta dibatasi.

Proses Pemeriksaan Kesehatan
Image: Dok. Pribadi

Pengalaman Pribadi

Hanya ingin memberikan gambaran mengenai pengalaman pribadi hari ini bahwa Blogger Borneo tiba di Kantor Desa Teluk Kapuas Kubu Raya sekitar jam 07.30 pagi. Pada saat itu sudah ada beberapa orang yang datang. Karena lupa membawa fotokopi E-KTP maka harus keluar sebentar.

Begitu kembali ke lokasi, tampak yang datang sudah lebih ramai dan pada saat melakukan pendaftaran dengan memberikan fotokopi E-KTP, Blogger Borneo mengisi absen di urutan ke 47. Setelah itu kembali duduk dan menunggu proses inputan data dilakukan.

Bukti Resmi Program Ayo Vaksin
Image: Dok. Pribadi

Ketika petugas selesai menginput data peserta ke sistem, nama-namanya akan dipanggil lagi untuk diberikan formulir cek kesehatan dan diminta masuk ke ruangan GOR untuk menjalani proses vaksinasi oleh tim kesehatan. Jumlah peserta didalam ruangan dibatasi untuk menjaga prokes.

Terdapat 3 (tiga) tahapan harus dilalui, yaitu:

  • Dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Ketika diketahui sedang mengalami tekanan darah tinggi dan kadar gula darah juga tinggi, maka proses vaksinasi tidak bisa dilakukan. Jika aman, lanjut ke tahap selanjutnya.
  • Dilakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak memiliki riwayat penyakit dan historis konsumsi obat dalam kurun waktu seminggu terakhir. Jika aman dan dianggap memenuhi syarat, lanjut ke tahap vaksinasi.
  • Dilakukan proses vaksinasi jenis Sinovac yang diberikan melalui suntikan di lengan kiri. Prosesnya cukup singkat, sekitar 10-15 detik saja. Begitu selesai kita diminta untuk menunggu bukti resminya dicetak dan diberikan.

Sebenarnya setelah proses vaksinasi selesai dilakukan, Blogger Borneo masih belum berani untuk membuat tulisan ini karena mau melihat apakah menimbulkan efek samping atau tidak. Alhamdulillah setelah kurang lebih 6 (enam) jam tidak ada efek apapun yang dirasakan.

Rencana Vaksin Kedua

Setelah proses vaksinasi tahap pertama selesai dilakukan, sekarang Blogger Borneo tinggal mencari jadwal vaksin covid terbaru Pontianak untuk mengikuti program Ayo Vaksin Covid 19 untuk kedua kalinya karena syarat minimal adalah dua kali mengikuti vaksin dan jeda waktu adalah 14 hari dari proses vaksinasi pertama.

Berikut ini merupakan jadwal vaksin covid terbaru untuk wilayah Kabupaten Kubu Raya:

Hari/Tanggal

Lokasi

Vaksin

Target

Selasa, 27-07-2021

KEMENAG

1

500

LAPAS IIA

2

220

Rabu, 28-07-2021

SMP Bhayangkari

1

500

Kamis, 29-07-2021

SMP Bhayangkari

1

500

Sabtu, 31-07-2021

Mall GAIA

2

800

Mega Mall

2

700

Keraton

1

300

Minggu, 01-08-2021

Mall GAIA

2

700

Mega Mall

2

700

Senin, 02-08-2021

Lapas Wanita

2

350

HGB Bhayangkari

1

80

Selasa, 03-08-2021

Senkom

2

390

Pelabuhan Seng Hie

2

400

Rabu, 04-08-2021

POLAIRUD

2

570

Pelabuhan Seng Hie

2

400

Kamis, 05-08-2021

Vihara Kwan Im

2

200

Jum’at, 06-08-2021

Lapas IIA

2

400

Mall GAIA

2

420

Sabtu, 07-08-2021

Pemadam Kebakaran

2

450

Mall GAIA

2

300

Sumber: https://www.instagram.com/prc_samaptapoldakb/

Sebagai kalimat penutup tulisan ini, Blogger Borneo berharap kondisi pandemi ini dapat cepat pulih sehingga kondisi bisa kembali normal meskipun dengan kebiasaan yang berbeda dari sebelumnya. Sehat selalu untuk semua pembaca dan tentu saja para sahabat di media sosial. Tetap lakukan prosedur kesehatan dan jaga stamina. (DW)

Advertisement

Indonesia Website Awards