BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

7 Manfaat Menggunakan WooCommerce untuk Bisnis Online

Manfaat Menggunakan WooCommerce

WooCommerce merupakan plugin yang bisa digunakan sebagai toko online yang memiliki beragam fitur di dalamnya yang sangat mendukung. Plugin ini dikembangkan oleh WooThemes dan bersifat open-source yang membuat penggunanya bebas melakukan kustomisasi. Produk yang dijual di dalamnya bisa diatur sesuai keinginan.

WooCommerce hadir dengan berbagai fitur penjualan di dalamnya. Karena itu, tanpa perlu pengaturan terlalu banyak sebenarnya sudah bisa digunakan dengan mudah untuk memulai penjualan online.

Plugin Ini Cocok Digunakan Oleh…

  1. Perusahaan atau individu yang membutuhkan platform jual beli online yang fleksibel dalam menjalankan toko online.
  2. Pengguna menginginkan control yang lengkap untuk data web, seperti fitur pemantau performa, analisa visitor, dan sebagainya.
  3. Pengguna WordPress dengan keinginan akan keleluasaan membuat fitur tambahan toko online.

Jika Anda belum memahami bagaimana membuat toko online di WordPress, kunjungi tips membuat toko online dengan WooCommerce. Namun, Anda juga harus tahu apa saja manfaat menggunakan WooCommerce, antara lain:

1. Dibuat menggunakan WordPress

WooCommerce dibuat sehingga bisa terintegrasi dengan WordPress. WordPress adalah CMS yang banyak digunakan dikarenakan performanya dan plugin yang mudah digunakan lagi gratis.

2. Tanpa biaya

WooCommerce tersedia secara gratis. Agar Anda bisa mendapatkannya maka cukup berkunjung ke WordPress.org dan mengunduh plugin di dalamnya. Pada saat update ke versi terbaru pun tidak akan dikenakan biaya sama sekali.

3. Profesional dengan Kemudahan Kustomisasi

Hampir sebagian besar plugin yang terdapat di WordPress dan gratis hanya membawa fitur standar saja. Sedangkan WooCommerce bisa terbilang istimewa karena sudah dilengkapi berbagai fitur yang menarik dan Anda bisa melakukan kustomisasi sendiri.

Fitur standar memang lumrah didapati dalam plugin gratis. Sedangkan WooCommerce merupakan plugin yang bisa dikustomisasi secara bebas dan bisa diintegrasikan dengan banyak template ecommerce WordPress dengan mudah dan yang Anda inginkan.

Jadi salah satu manfaat menggunakan WooCommerce adalah Anda bisa memiliki toko online yang berbeda dibandingkan toko online lain milik kompetitor Anda.

4. Analytics dan Pelaporan

WooCommerce merupakan plugin yang menawarkan banyak macam tool, seperti tool analytics bagi para penggunanya. Hal ini menjadi alasan lain yang membuat WooCommerce menjadi pilihan yang tepat dalam mengembangkan website toko online. 

Data mengenai penjualan seperti omzet, laba dan sebagainya bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Data seperti ini yang nanti bisa sangat berguna bagi Anda dalam mengembangkan bisnis hingga jadi lebih besar lagi.

5. Keamanan

Hal penting yang sangat dibutuhkan saat membuka toko online adalah masalah keamanan yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Pelanggan yang mengunjungi toko online Anda tentu saja membutuhkan keamanan. Mereka dan pastinya Anda juga menginginkan proses transaksi secara aman.

WooCommerce sudah diaudit oleh Sucuri. Jadi Anda tidak perlu merasa khawatir mengenai masalah keamanan yang ada pada script plugin tersebut. Sucuri adalah sebuah otoritas yang sudah diakui secara global mengenai masalah keamanan pada website, dan dengan spesialisasi mengenai keamanan yang ada pada WordPress.

6. Komunitas

Pada pengguna WordPress sangatlah banyak. Hal tersebut menandakan bahwa WordPress memiliki komunitas yang sangat besar dan tersebar di berbagai belahan dunia. Komunitas ini yang bisa membuat WordPress jadi lebih hidup karena Anda bisa secara langsung melakukan interaksi dengan pengguna WordPress lainnya.

WordPress sebenarnya tidak menyediakan adanya layanan hotline support untuk para pelanggannya. Namun, dengan adanya komunitas yang selalu aktif di dalamnya bisa dengan mudah memberikan solusi yang sangat tepat bagi Anda saat terjadi masalah yang tidak diinginkan.

7. Mobile Friendly

Anda tentu sudah sangat paham mengenai penggunaan smartphone yang sekarang ini semakin banyak. Orang-orang lebih mementingkan penggunaan smartphone dibandingkan penggunaan desktop. Karena itu, toko online milik Anda ada kesempatan yang lebih besar untuk diakses dengan menggunakan perangkat mobile oleh pelanggan yang berkunjung.

Bahkan ada banyak toko online dengan halaman website yang keren dan menawan. Meski begitu, sulit untuk mengakses toko online tersebut dengan smartphone. Hal ini akan jadi kerugian besar karena bisa mengurangi peluang konversi.

Plugin ini jelas memberikan kemudahan agar nantinya toko online Anda bisa diakses pada perangkat apa saja. Jadi para pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan pada saat melihat produk Anda dengan layar smartphone sekalipun.

Kesimpulan

Memiliki toko online tentu saja bukan hal mustahil. Dengan plugin WooCommerce maka siapa saja bisa menjual produk secara online dan membuka bisnis di dalamnya. Namun demikian, diperlukan keahlian dan pengalaman yang cukup untuk dapat menggunakannya secara maksimal.

Oleh karena itu, dibutuhkan juga jasa digital marketing untuk dapat men setup semuanya, sehingga Anda bisa menghemat waktu dan bisa mengurus  bisnis Anda secara maksimal.

Itulah mengenai manfaat menggunakan WooCommerce yang ada di WordPress sebagai plugin untuk toko online. Mulailah sekarang juga jika Anda ingin berbisnis secara online dengan mudah dan penuh dengan kustomisasi, dan masih banyak lagi manfaat menggunakan WooCommerce yang bisa Anda dapatkan. (ADV)

Advertisement

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards