BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

ChromeBook Flip C214, Laptop Merah Putih Ala ASUS

Laptop Merah Putih Ala ASUS

Sehari menjelang peringatan Hari Kemerdekaan ke 76 Republik Indonesia, ASUS memperkenalkan Laptop Merah Putih versinya yaitu ChromeBook C214. Sesuai namanya, laptop untuk belajar online ini menggunakan sistem operasi ChromeBook yang di beberapa negara seperti Amerika, Jepang, dan Inggris telah umum dijadikan fasilitas pendukung pembelajaran online.

Dihadirkan khusus sebagai perangkat yang dirancang untuk kebutuhan edukasi anak-anak, ASUS ChromeBook C214 didesain dengan perlindungan ekstra dan juga dilengkapi dengan fitur khusus yang tidak hanya untuk menunjang kegiatan belajar anak-anak, tetapi juga memperkaya interaksi dalam proses belajar.

Menurut ASUS Regional Director Southeast Asia Jimmy Lin, pengenalan perangkat komputasi sejak dini bukan hanya bertujuan untuk memperkenalkan teknolgi terhadap anak-anak. Laptop modern saat ini juga dapat menjadi perangkat pendukung pembelajaran interaktif untuk anak-anak.

“ASUS mengerti bahwa kebutuhan akan laptop edukasi untuk anak-anak pun sangat dibutuhkan di Indonesia. Untuk itulah ASUS menghadirkan Chromebook C214.” demikian jelasnya.

Desain Ringkas, Ringan, dan Tahan Banting

ASUS Chromebook C214 merupakan laptop berbasis Chrome OS yang ditujukan sebagai komputer edukasi untuk anak-anak. Atas dasar itulah ASUS menghadirkan beragam fitur khusus ke dalam dua laptop ini, salah satunya adalah desainnya yang ringkas dan ringan. Sedangkan untuk bobotnya, Laptop Merah Putih ala ASUS ini cukup ringan yaitu sekitar 1,2 kilogram.

Berbicara soal layar, ASUS Chromebook C214 dilengkapi dengan layar berukuran 11,6 inch anti-glare sehingga anak-anak dapat menggunakan laptop ini di luar ruangan lebih aman. Berbeda dengan laptop pada umumnya, laptop yang digunakan anak-anak memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi.

Sebenarnya kondisi seperti ini merupakan satu hal yang wajar mengingat sebagian besar anak-anak lebih aktif bergerak ketimbang orang dewasa. Untuk itulah ASUS Chromebook C214 dilengkapi dengan berbagai fitur proteksi khusus sehingga kedua laptop ini tidak mudah rusak.

Belajar Online Nyaman dengan ASUS Chromebook
Image: ASUS.Com

3 Fitur Utama

Fitur Pertama

Keyboard di ASUS Chromebook Flip C214 sudah dilengkapi dengan fitur spill dan tamper resistant. Kedua fitur tersebut membuat keyboard pada Laptop Merah Putih ala ASUS ini tahan terhadap tumpahan air serta memiliki key caps yang lebih kuat sehingga tidak mudah untuk dicongkel oleh jari anak-anak. Keyboard kedua laptop ini bahkan telah melewati uji ketahanan ekstrem dan dapat bertahan hingga 10 juta kali tekan untuk setiap tombolnya.

Fitur Kedua

Chromebook Flip C214 hadir dengan bodi 3D-textured finish. Berbeda dengan laptop konsumen pada umumnya yang rata-rata menggunakan brushed finish, 3D-textured finish membuat ASUS Chromebook C214 lebih tahan terhadap goresan. Finishing pada bodi Laptop Merah Putih ala ASUS ini juga dirancang agar tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari setelah dipegang.

Fitur Ketiga

ASUS Chromebook C214 sudah dilengkapi dengan lapisan pelindung berbahan karet di sekeliling bodinya. Pelindung tersebut akan melindungi bodi ASUS Chromebook C214 saat terjatuh atau terbentur. Bagian internal kedua laptop ini juga diperkuat dengan struktur khusus berbahan logam sehingga keseluruhan bodinya lebih tahan banting. Durabilitas ASUS Chromebook C214 juga telah teruji dan mendapatkan sertifikasi lolos uji ketahanan bersandar militer AS (MIL-STD-810H)

Interaktif Sekaligus Produktif

ASUS Chromebook C214 merupakan laptop tepat sebagai perangkat edukasi anak-anak. Chrome OS memiliki sejumlah aplikasi dan layanan khusus edukasi yang banyak digunakan, seperti Google Classroom. Chrome OS juga memiliki antarmuka yang simpel dan lebih mudah digunakan oleh anak-anak.

Selain itu, Chrome OS juga dapat menjalankan aplikasi Android melalui Google Play Store. Kemudahan operasional dan dukungan layanan Google membuat Laptop Merah Putih ala ASUS yang ditenagai Chrome OS menjadi perangkat tepat untuk edukasi anak.

Untuk menambah pengalaman penggunaan, ASUS Chromebook C214 hadir dengan teknologi layar sentuh yang mendukung hingga 10 titik sentuh. Berkat fitur ini, anak-anak dapat belajar secara lebih interaktif melalui gesture sentuh yang telah didukung oleh Chrome OS.

Fitur layar sentuh tersebut juga sangat penting mengingat Chrome OS juga mendukung penggunaan aplikasi Android yang memang dirancang untuk layar sentuh.

Laptop Merah Putih Ala ASUS
Image: ASUS.Com

Chromebook Flip C214 telah mengadopsi tipe layar flip screen yang dapat diputar hingga 360 derajat, sehingga laptop ini dapat digunakan layaknya sebuah tablet. ASUS bahkan menyediakan stylus khusus (opsional) sehingga ASUS Chromebook C214 juga dapat difungsikan sebagai papan gambar digital, sangat ideal digunakan untuk mengasah kreativitas anak-anak.

Tidak hanya itu, Laptop Merah Putih ala ASUS ini juga dilengkapi dengan dua kamera yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana observasi interaktif. Saat layar laptop dibuka 360 derajat, kamera kedua yang berada di dekat keyboard dapat digunakan untuk menangkap gambar yang ada di depan penggunanya layaknya smartphone.

Powerful untuk Edukasi dan Mudah di-Maintenance

ASUS Chromebook C214 ditenagai oleh prosesor Intel Celeron N4000 yang sudah cukup powerful untuk menjalankan berbagai aplikasi edukasi yang terdapat di Chrome OS. Keduanya juga dilengkapi dengan memori DDR4 RAM sebesar 4GB sehingga dapat diandalkan untuk multitasking di Chrome OS, serta penyimpanan berupa eMMC hingga 32GB.

Chromebook Flip C214 juga hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun. Layanan tersebut termasuk penyimpanan awan (cloud storage) hingga 100GB. Sebagai laptop modern, ASUS Chromebook C214 juga unggul dalam hal konektivitas.

Kedua laptop ini hadir dengan beragam port mulai dari USB Type-A dan Type-C, combo audio jack, hingga pembaca kartu MicroSD. Port USB Type-C yang terdapat di dua laptop ini bahkan telah mendukung teknologi USB Power Delivery serta dapat digunakan sebagai display output.

Sementara untuk koneksi nirkabel, Laptop Merah Putih ala ASUS ini mengandalkan WiFi 5 (802.11ac) sehingga kedua laptop ini dapat terhubung dengan internet secara praktis dan mudah. Selain itu juga terdapat fitur Bluetooth 5.0 untuk menghubungkan perangkat tambahan lainnya.

Chromebook Flip C214 juga sangat ideal untuk digunakan sebagai perangkat belajar online karena sudah dilengkapi dengan kamera HD. Salah satu yang paling menarik dari ASUS Chromebook C214 adalah ketahanan baterainya. Keduanya dapat bertahan hingga 11 jam penggunaan, sangat cukup untuk menemani kegiatan belajar anak-anak seharian.

Terakhir, Laptop Merah Putih ala ASUS ini sangat mudah di-maintenance. Hampir seluruh komponen inti pada laptop untuk pelajar ini dapat diakses dengan mudah, membuatnya sangat cocok digunakan sebagai perangkat pembelajaran di sekolah yang rata-rata memiliki akses terbatas terhadap teknisi IT ketimbang perusahaan.

Spesifikasi Teknis

CPU Intel® Celeron™ N4000 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
Sistem Operasi Chrome OS
Memori 4GB RAM
Penyimpanan 32GB eMMC 5.1
Layar 11.6″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare, Touchscreen
Grafis Intel HD Graphics 600
Input/Output 1 x COMBO audio jack, 1 x Type-A USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1), 2 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1) with display and power delivery support, 1 x micro SD card
Kamera User-facing HD 720p camera, world-facing 5MP AR camera
Konektivitas Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac), Bluetooth 5.0
Audio Built-in 2 W Stereo Speakers with Microphone
Baterai 3 -Cell 50 Wh Battery
Dimensi Ukuran 292 x 199 x 19,5 ~20,1 mm (WxDxH)
Bobot 1,2 Kg
Warna Dark Grey
Harga Jual Mulai dari Rp 5.609.000,-
Garansi 3 Tahun

 

Advertisement

Indonesia Website Awards