Leontinus Alpha Edison, Co Founder TokoPedia Ini Ternyata Orang Pontianak

Image: rm.id

Leontinus Alpha Edison adalah salah satu pendiri Tokopedia, sebuah perusahaan teknologi besar di Indonesia. Ia lahir pada tanggal 19 Maret 1981 di Pontianak, Indonesia.

Bersama dengan William Tanuwijaya, ia memulai Tokopedia pada tahun 2009 dengan tujuan menciptakan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

Sebelumnya, ia memiliki pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak di berbagai industri. Saat ini, ia menjabat sebagai Vice Chairman di Tokopedia.

Di dunia politik, Beliau terlibat dalam politik sebagai bagian dari tim pemenangan nasional pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk pemilihan presiden 2024.

Latar Belakang

Leontinus Alpha Edison menyelesaikan pendidikannya di bidang Teknologi Informasi dengan meraih gelar sarjana dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada tahun 2003.

Leontinus Alpha Edison memiliki karir profesional yang beragam sebelum mendirikan Tokopedia.

Berikut adalah beberapa peran penting yang pernah diembannya:

  • General Manager di PT Indocom Mediatama (2006-2008).
  • Co-founder dan Vice Chairman di Tokopedia, dimana ia berfokus pada pembinaan dan pengembangan generasi pemimpin masa depan di perusahaan tersebut.
  • Presiden Komisaris di Dekara sejak Juli 2022 hingga saat ini.

Selain itu, ia juga memiliki pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak di berbagai industri termasuk ISP, asuransi, maskapai, dan beberapa proyek pemerintah.

Sejarah Mendirikan TokoPedia

Sejarah pendirian Tokopedia dimulai ketika William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison melihat masalah urbanisasi dan kesenjangan ekonomi di Indonesia.

Mereka ingin menciptakan solusi yang memungkinkan penjual dari kota kecil untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan membantu konsumen mendapatkan akses ke berbagai produk tanpa harus pindah ke kota besar.

Pada tanggal 6 Februari 2009, William dan Leontinus Alpha Edison mendirikan PT Tokopedia. Setelah berbulan-bulan pengembangan, mereka meluncurkan platform Tokopedia pada 17 Agustus 2009, bertepatan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia.

LinkCollider - Free Social Media Advertising

Free Social Media Advertising

Misi mereka adalah pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia, dengan visi untuk menciptakan ekosistem di mana siapa pun bisa memulai dan menemukan apa pun.

TokoPedia Tumbuh dengan Cepat

Tokopedia tumbuh dengan cepat dan menjadi salah satu perusahaan internet terkemuka di Indonesia. Dengan berbagai inisiatif dan kampanye, seperti “Ciptakan Peluangmu” dan “Mulai Aja Dulu”.

Dengan platform online yang dicipitakan, Leontinus Alpha Edison melalui Tokopedia berupaya mendorong masyarakat Indonesia untuk berjualan secara online dan mengembangkan usaha mereka.

Pada tahun 2021, Tokopedia dan Gojek mengumumkan merger, membentuk Grup GoTo, yang menggabungkan layanan e-commerce, on-demand, serta layanan keuangan dan pembayaran, dengan tujuan untuk mendorong kemajuan dan perubahan positif di Indonesia.

Video Wawancara

Kisah lebih lengkap mengenai sosok co-founder TokoPedia putra kelahiran Pontianak ini dapat dilihat melalui video wawancara Beliau di bawah ini:

Part 1: Dirikan TokoPedia karena Kepepet

Part 2: Tokopedia, Kuncinya ada di DNA

Part 3: TokoPedia untuk Generasi Selanjutnya

Referensi:

  • https://www.liputan6.com/bisnis/read/5453335/profil-leontinus-alpha-edison-pendiri-tokopedia-yang-masuk-tim-sukses-anies-cak-imin
  • https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/8koPRPlK-profil-leontinus-alpha-edison-co-founder-tokopedia-mengisi-posisi-vital-di-timnas-amin
  • https://www.tokopedia.com/about/our-story/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
  • https://teknologi.bisnis.com/read/20231114/266/1714346/profil-leontinus-alpha-pendiri-tokopedia-yang-menjadi-timses-anies-cak-imin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Don`t copy text!