Muhaya Collection, UMKM Kriya Kalbar yang Berhasil Tembus Pasar Dunia

Tiada hasil tanpa adanya kerja keras, dari modal minim sebuah usaha pun bisa menembus pasar bebas karena hasil kreasi itu nilainya tak terbatas. Siapa yang bakal mengira hanya bermula dari modal 50 ribu saja, produk khas lokal Kalbar ini mampu tembus pasar bebas.

Sebuah inspirasi yang Blogger Borneo anggap dapat memberikan pencerahan bagi kawan-kawan para pelaku UMKM Kalbar datang dari seorang pemilik UMKM Kriya Kalbar bernama Mbak Suriyani. Jika selama ini kita selalu bicara modal, modal, dan modal, ternyata oleh Beliau persepsi itu berhasil dipatahkan dimana modal awal dirinya mulai menjalankan usaha hanya 50 ribu saja.

Sejak didirikan pada tanggal 21 April 2015, usaha kreatif yang diberi nama “Muhaya Collection” ini terus tumbuh dan berkembang. Dengan modal awal 50 ribu saja, Mbak Suriyani mampu menghasilkan beberapa produk-produk kriya dalam bentuk Clutch, Tas Tangan, bahkan Sepatu dan Sandal untuk wanita dari bahan kulit kayu, rotan, dan juga kain. Dari produk-produk kreatif yang dihasilkan inilah, Beliau mampu menunjukkan kepada dunia bahwa modal bukanlah segalanya.

UMKM KRIYA KALBAR

Seiring berjalannya waktu, produk-produk hasil kreasi Muhaya Collection UMKM Kriya Kalbar mulai dilirik dan diminati oleh para pembeli dari lokal maupun internasional. Beberapa pesanan produknya pernah dikirim ke Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Hongkong dan Tokyo.

Produk-produk kerajinan tangan miliknya Muhaya Collection telah mampu memikat hati para konsumen internasional. Tentu saja karena bersifat khas, unik, dan menarik menjadi alasan utama kenapa produk ini sangat diminati masyarakat dunia.

Produk kriya UMKM kota Pontianak telah mempu menembus pasar internasional dengan keunikan dan kualitas yang sangat bersaing dengan produk kriya dari negara-negara lain. Hal ini tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar Komunitas UMKM Kalbar PontiMarket karena satu dari sekian banyak UMKM kreatifnya mampu membuktikan eksistensi dan dedikasi yang begitu mengagum untuk bersaing di era global dan merebut perhatian pasar.

TERUS MELAKUKAN EKSPANSI PASAR

Mendapat respon positif dari pelanggan di luar negeri membuat Mbak Suriyani semakin bersemangat untuk terus membuat produk-produk kreasinya dalam berbagai aneka macam bentuk dan rupa. Jika selama ini target pemasarannya masih berada dalam kawasan Asia Tenggara, maka kedepannya Muhaya Collection akan semakin agresif dengan mulai melakukan ekspansi pemasarannya hingga ke belahan dunia lainnya seperti: Eropa, Amerika, dan kawasan balkan.

Mimpi ini bukanlah harapan kosong semata, karena Muhaya Collection telah memiliki jejaring pemasaran yang terpercaya di sejumlah daerah dan negara tujuan. Selain itu dengan dukungan pemasaran melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, Muhaya Collection terus memperkenalkan berbagai koleksi terbarunya ke pasar bebas. Alhamdulillah sekarang Mbak Suriyani juga sudah bergabung dalam PontiMarket, semoga penguatan basis internal usahanya bisa dilakukan secara maksimal dan profesional.

MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT SEKITAR

Untuk urusan produksi, Muhaya Collection memberdayakan masyarakat disekitar rumah tinggalnya.  Semua pesanan yang masuk akan langsung dipersiapkan perencanaan produksinya secara matang. Setelah itu, proses pengerjaannya akan dilakukan oleh para pengerajin yang telah cukup terlatih dan berpengalaman.

UMKM Kriya Kalbar
Image: PontiMarket.Com

Dengan pengawasan yang ketat dan panduan yang diberikan secara terus menerus kepada para pengerajin di sekitarnya, Muhaya Collection dapat dengan mudah memastikan kualitas produk yang dihasilkan terpantau dengan baik dan seksama. Hal ini terkait erat dengan tujuannya dibangun bisnis kriya ini oleh penggagasnya, yaitu memberikan penghidupan yang layak bagi banyak orang yang bekerjasama dan saling bersinergi.

Baca Juga: PontiMarket.Com Komunitas UMKM Kalbar

Mbak Yani, demikian dirinya akrab dipanggil meyakini untuk kedepannya, usaha kriya khas lokal Kalimantan Barat ini akan mampu berdiri sejajar dengan perusahaan kreatif lainnya di tingkat internasional, sekaligus membawa harum nama daerah serta Indonesia ke mancanegara. Dengan dedikasi dan hasil kerja kerasnya dalam membangun usaha ini, Beliau telah menunjukkan bahwa kita bisa jika kita mau, bukan hanya sekedar mampu.

MUHAYA COLLECTION MENJADI INSPIRASI

Mbak Yani juga telah mampu menginspirasi banyak pelaku bisnis Kriya di tanah air dimana salah seorang diantaranya meraih juara 1 dalam event Lomba Kreasi Kriya di Kota Palembang beberapa waktu lalu. Menurutnya, awal mula menjalankan usaha kriya terinspirasi dari sosok wanita kreatif Pontianak yang telah banyak berprestasi dalam sejumlah event daerah. Ini dapat menjadi pertimbangan bahwa sebenarnya potensi UMKM Kriya Kalbar masih cukup besar untuk dijalankan dan dikembangkan.

Pemilik Muhaya Collection Foto Bersama Ibu Walikota Pontianak
Image: Muhaya Collection

Di akhir tulisan, sosok yang ternyata berprofesi sebagai seorang guru SD Negeri di Pontianak ini mengajak para pelaku UMKM Kalbar yang notabene didominasi oleh kaum perempuan ini untuk tetap semangat dalam berkreasi dalam menciptakan produk-produk khas yang ada di Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya.

Jangan jadikan modal sebagai kendala, jangan jadikan keterbatasan waktu sebagai alasan karena di sela-sela waktunya sebagai Instruktur Nasional kurikulum 2013 dari tahun 2013, dan juga Widya Iswara di Kota Pontianak. Beliau masih mampu untuk beraktifitas dalam menghasilkan produk-produk UMKM Kriya Kalbar miliknya. Salam sukses, tetap semangat para UMKM Kalbar. (DW)

You might also like
5 Komentar
  1. steo says

    UMKM GO INTERNASIONAL (Y)

    1. Dwi Wahyudi, SE says

      Amin… UMKM Kalbar Bisaaa…

  2. Sukardi (Adi TB) says

    Mantaps

  3. Aya says

    UMKM kota Pontianak semoga sukses dan berjaya di negeri sendiri dan mampu bersaing dengan dunia luar

    1. Dwi Wahyudi, SE says

      Aminnn… UMKM Kalbar Bisaaa…

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More