Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

OnePlus 5, Flagship Killer Tahun 2017

Setelah kehadiran OnePlus 3T, rumor hadirnya flagship killer semakin terdengar kencang diperbincangkan. Dia adalah OnePlus 5, smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang sama dengan Samsung Galaxy S8 dan smartphone flagship lainnya ini akan rilis dengan 2 varian, yaitu RAM 6GB dan 8GB.

OnePlus 5 Review
OnePlus 5 Review (Image: CNET.Com)

Besarnya RAM menjadi salah satu daya tarik smartphone ini, karena dengan spesfikasi yang tinggi smartphone ini akan dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding dengan smartphone flagship lainya. Selain 2 varian RAM, ada juga 2 varian memory internal yaitu 64 GB dan 128GB yang menjadikan smartphone ini semakin power full.

Dengan harga yang relatif lebih murah, berikut spesifikasi lengkap dari OnePlus 5:

Chipset : Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835

Processor : Octa-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)

GPU : Adreno 540

Kartu Sim : Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Tipe Layar : 16 colours, Optic AMOLED capacitive touchscreen

Resolusi : 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)

Ukuran Layar : 5.5 inches

Pelindung layar : Corning Gorilla Glass 5

Sistem Operasi : Android OS, v7.1.1 (Nougat) / Oxygen OS

Memori : 64 GB/ 6 GB RAM, or 128 GB/ 8GB RAM

Kecepatan Internet : HSPA, LTE

Konektivitas : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, DLNA, Bluetooth 5 ,hotspot, A-GPS, Glonass, USB Type-C

Kamera Belakang : 23 MP, phase detection autofocus, OIS, LED flash, Video [email protected], Auto HDR

Kamera Depan : 16 MP, 1080p

Baterai : Non-removable Li-Ion 3300 mAh (Fast Charging)

Sensor : Fingerprint, proximity, gyro, accelerometer, compass

ONEPLUS 5 REVIEW

Dari segi desain sangat indah, karena dibalut dengan full metal yang tipis dan ringan. Penempatan tombol home yang terintegrasi dengan sensor sidik jari (fingerprint) terlihat pas dan menarik. Meskipun smartphone ini tipis namun pada saat dipegang akan terasa tegas dan nyaman digenggam. Namun peletakan kamera terlihat mirip dengan iPhone 7,mungkin karena menggunakan dual kamera.

Teknologi Optic Amoled Capacitive membuat OnePlus 5 tetap nyaman walaupun digunakan dibawah terik sinar matahari, dan dilindungi dengan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 yang menjadikan tidak mudah tergores dan pecah. Bentang layar 5.5 Inch dengan resolusi Quad HD 1440 x 2560 Pixels menjadikan Anda nyaman dalam menggunakannya.

GPU Adreno 540 yang tertanam pada OnePlus 5, dapat memberikan performa yang baik ketika smartphone ini digunakan untuk multitasking maupun bermain game karena juga disokong dengan kapasitas RAM yang besar juga yaitu, 6GB dan 8GB. Smartphone ini juga sudah menggunakan Sistem Operasi Android Nougat 7.1.1 dengan Interface Oxygen OS yang bisa meningkatkan kestabilan Smartphone ini.

Dual kamera 16M + 20MP pada OnePlus 5 ini dipastikan akan menghasilkan gambar yang super jernih serta mampu merekan video kualitas 4k 2160p @30 frame per second. Kamera utama 16Mp dengan bukaan aperture f/1.7 sebagai lensa utama pada saat mode normal yang siap dipakai untuk selfie dengan hasil yang tajam dan jernih dengan adanya fitur auto HDR, kemudian kamera sekunder 20 Mp dengan bukaan aperture f/2.6 akan menjadi lensa zoom agar menghasilkan 2 kali optical zoom.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-fi 802 a/b/g/n/ac dual band, NFC, Bluetooth dan navigasi GPS yang berteknologi A-GPS dan Glonass. Type USB yang digunakan adalah type C yang biasa untuk mengisi baterai berkapasitas 3300 mAh. Dengan kapasitas baterai 3300 mAH OnePlus 5 mampu bertahan seharian untuk bersosial media maupun bermain game. Karena teknologi pada layar Optic Amoled dan Snapdragon 835 bisa menghemat penggunaan daya.

Di setiap produk tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Nah, berikut adalah kekurangan dari smartphone ini yaitu tidak adanya slot microSd sehingga data foto, aplikasi, dan game harus diletakkan dalam memory internal. Kemudian dari segi keamanan masih kurang karena tidak adanya Iris Scaner.

Ada beberapa kelebihan dari smartphone ini diantaranya :

  1. Prosesor yang digunakan adalah chipset terbaru yaitu Snapdragon 835.
  2. Kapasitas RAM yang besar sangat mendukung multitasking dan gaming
  3. Dengan spesifikasi yang tinggi namun dibandrol dengan harga yang lebih murah dibanding dengan vendor lain.
  4. Kualitas kamera setara iPhone 7

Oneplus 5 dirilis pada bulan Juni 2017 dengan harga di bawah USD$500 atau setara di bawah 7 Juta Rupiah. Masih tergolong mahal memang, namun dengan spesifikasi yang hampir mirip dengan Samsung Galaxy S8 dan kualitas foto setara dengan iPhone 7 harga 7 juta tergolong murah.

Namun sayang Smartphone secanggih ini tidak bisa rilis di Indonesia karena tidak mampu untuk memenuhi peraturan TKDN yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang yang ingin memiliki smartphone dengan chipset Snapdragon 835 masih bisa membeli di berbagai toko online dengan garansi Internasional. (DW)

Leave A Reply

Your email address will not be published.