Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

OPPO N1, Smartphone Android Pertama dalam Hidupku

“Bro, baca tulisan terbaruku mengenai OPPO N1 ya. Jangan lupa kasih komentar juga…” pesan itu muncul dalam notifikasi pesan di salah satu social media terbesar di dunia. Karena merasa belum ngeh maka saya langsung membuka link tulisan tersebut, membacanya secara cepat, dan meninggalkan komentar. Jujur saja, selama ini saya belum pernah mendengar merek OPPO sehingga begitu notifikasi pesan diterima saya menganggap itu hanyalah smartphone biasa saja. Waktu itu bahkan saya sempat berpikir kok merek smartphone ini mirip dengan bahasa jawa ya yaitu OPPO = APA, hehehe… 🙂

OPPO N1 Preview

Akan tetapi, lama kelamaan saya merasa penasaran sendiri dengan merek asing ini. Ketika saya membaca tulisan sahabat saya tersebut, secara sekilas saya melihat penampakan produknya. Tampilan desain yang tipis dan bernuansa elegan telah membuat saya tergoda untuk mencari tahu siapa sebenarnya sosok OPPO N1 ini. Dan setelah selidik punya selidik, ternyata OPPO N1 merupakan produk smartphone terbaru berbasis Android dari OPPO Electronics Corp, sebuah perusahaan manufaktur elektronik yang bermarkas di Dongguan, sebuah kota pusat industri di wilayah Guandong, China.

Menurut informasi yang dilansir dari Wikipedia, OPPO Electronics Corp. telah berdiri pada tahun 2004. Nama OPPO sendiri telah didaftarkan dan digunakan sejak awal perusahaan beroperasi sebagai merek resmi untuk semua produk yang diciptakan. Selain telepon seluler, OPPO Electronics Corp. juga memproduksi produk-produk elektronik lainnya, seperti: MP3 Player, Media Player Portabel, TV LCD, eBook, dan DVD/Blu-Ray Disc Player. Dan untuk saat ini, OPPO telah memiliki beberapa perwakilan di Asia, Amerika, dan Eropa.

OPPO N1 Color OS

Sepertinya OPPO Electronics Corp. bukanlah sebuah perusahaan biasa, hal ini dapat dilihat dari track record bidang bisnisnya terutama untuk kategori telepon seluler. Meski baru terjun secara penuh di pasar ponsel pada tahun 2008, OPPO terus melakukan inovasi terhadap kemunculan teknologi terbaru sehingga terciptalah produk-produk berkualitas terbaik yang sangat mudah untuk digunakan (user friendly). Salah satu contohnya adalah produk smartphone OPPO Finder yang dirilis pada pertengahan tahun 2012, dengan ketebalan fisik yang dimiliki hanya 6,65 mm membuat ponsel ini menyandang status sebagai smartphone tertipis pada saat itu. Selain itu, teknologi yang diusung pada tipe ponsel setelahnya yaitu OPPO Find 5 menjadikan ponsel android ini dianggap sebagai smartphone pertama di dunia yang telah didukung teknologi HDR untuk perangkat keras layar dan kameranya. Dari sini sudah terlihat jelas bahwa OPPO selalu mengedepankan standar kualitas tertinggi dalam menciptakan semua produk-produknya.

httpv://youtu.be/C2E1CMtZERY

Sekarang bagaimana dengan OPPO N1? Apa saja fasilitas-fasilitas unggulan yang dimiliki oleh produk smartphone terbaru ini?. Sebenarnya OPPO N1 baru akan dijual secara resmi di Indonesia pada bulan Desember 2013, sedangkan rilis resmi produknya telah dilakukan pada tanggal 24 September 2013 lalu di kota Beijing, China.

Spesifikasi Teknis OPPO N1Dari tampilan disamping dapat diketahui spesifikasi teknis umum yang diusung oleh OPPO N1. Hanya saja dari beberapa fitur tersebut ternyata ada beberapa diantaranya masuk dalam kategori teknologi baru. Fitur-fitur baru tersebut, antara lain:

  • Fitur kamera 13 MP yang bisa diputar hingga 206 derajat, ini membuat para pengguna OPPO N1 dapat menggunakan kamera tersebut secara multifungsi (bisa menjadi kamera depan maupun kamera belakang). Dengan menggunakan teknologi terbaru yang menggabungkan chip imaging antara miliknya OPPO dan Fujitsu yaitu N-Lens, pihak OPPO berani menjamin bahwa kualitas yang dihasilkan tetap akan lebih baik dari tipe-tipe smartphone sejenis meskipun kualitas mega pikselnya lebih tinggi.
  • Menggunakan platform sistem operasi Android Jelly Bean 4.2 yang dikembangkan sendiri sehingga terciptalah Color OS. Dengan Color OS, para pengguna OPPO N1 cukup melakukan proses pendaftaran hanya dengan satu akun untuk dapat mengakses semua aplikasi, game, tema, wallpaper, dan ebook reader yang tersedia didalamnya. Cukup simpel bukan?.
  • Memiliki teknologi rear touch panel sehingga memungkinkan saya untuk mengoperasikan menu dengan sentuhan tertentu pada area di body bagian belakang OPPO N1. Hal ini dapat dilakukan atas dukungan dari sistem operasi Color OS yang digunakan, selama 10 bulan terakhir OPPO terus melakukan penyempurnaan terhadap sistem operasi ini dimana selama proses pengembangan tersebut OPPO telah mendaftarkan kurang lebih 43 paten baru. Sungguh luar biasa…

Untuk kinerja dan ketahanan dalam beraktifitas, OPPO N1 didukung oleh prosesor Quad-Core 1.7 Ghz dan dipersenjatai dengan baterai Li-Ion 3610 mAh serta memori sebesar 2 Gb. Sepertinya para pengguna OPPO N1 akan merasa puas dengan semua fasilitas yang dimiliki.

Akan tetapi, secara pribadi saya ingin memberikan masukan terhadap pihak OPPO agar bisa menambahkan kantor pusat pelayanan (service center) di Pulau Kalimantan khususnya di Pontianak karena kalau saya perhatikan gambar peta OPPO service center dibawah ini ternyata belum ada satupun yang berada disini.

OPPO N1 Services Center

Nah, setelah mengetahui semua teknologi dan fitur OPPO N1 tentulah teman-teman akan bertanya mengenai harganya bukan?. Dan jangan kaget jika ternyata OPPO N1 dibanderol dengan harga sekitar 7 jutaan. Wewww… lumayan juga ya harganya. Hehehehe… Kalau dilihat dari kemampuan pribadi sih sepertinya tidak akan mungkin bisa merasakan sensasi menggunakan OPPO N1, meskipun saya tahu sepertinya smartphone ini sangat bisa dimaksimalkan sebagai media edukasi dan pengajaran karena saya sendiri biasa memberikan pelatihan internet ke para pelaku UKM di Pontianak. Ya tinggal berharap dan terus berdo’a agar bisa memperolehnya dengan GRATIS karena tulisan ini diikutsertakan dalam OPPO Indonesia Competition. Jadi, mohon do’a restunya aja yach… Aminnnn… (DW)

Referensi Tulisan:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/OPPO
  • http://www.oppomobile.co.id/index.php?open=details&id=88
  • http://www.oppomobile.co.id/index.php?open=details&id=89
DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.