Panduan Pembuatan Skripsi bagi Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN

Penulisan karya ilmiah dalam bentuk skripsi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN Pontianak masih banyak terdapat perbedaan, baik proses penyusunan maupun formatnya. Walaupun hampir tidak mungkin menyeragamkan proses penyusunan dan format penulisan skripsi di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura.

Panduan Pembuatan Skripsi – Fakultas Ekonomi UNTAN mewajibkan para mahasiswa program Sarjana (S1) nya untuk membuat skripsi sebagai salah satu syarat penyelesaian studi.

Hal ini didasari pemikiran bahwa membuat karya ilmiah berupa skripsi, yang dimulai dari usulan penelitian, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data, serta penuangan ke dalam bentuk tulisan ilmiah, agar proses pembelajaran yang berguna dalam melatih mahasiswa agar mampu membangun pemikirannya.

Panduan Pembuatan Skripsi

Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan latar belakang dari setiap program studi di Fakultas Ekonomi dalam mendesain penulisan skripsi, dalam arti disesuaikan dengan bidang ilmu yang dikembangkan pada tiap-tiap jurusan, fakultas perlu membuat suatu pedoman yang akan menghasilkan karya ilmiah dengan ciri khusus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Pedoman ini bersifat rujukan yang sistematikanya harus diikuti oleh civitas akademika. Walaupun demikian, masih dimungkinkan untuk disesuaikan dengan kondisi khusus setiap jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAN Pontianak.

Definisi Skripsi

Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah, berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas suatu masalah dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah yang berlaku dalam suatu bidang ilmu tertentu.

Penelitian adalah kegiatan yang terencana, terarah, sistematis dan terkendali dalam upaya memperoleh data dan informasi dengan menggunakan metode ilmiah untuk menjawab pertanyaan atau menguji hipotesis dalam bidang ilmu tertentu.

Baca Juga: Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Data untuk penyusunan skripsi dapat diperoleh melalui beberapa sumber data, antara lain: Data Primer, Data Sekunder, dan Data Tersier. Data primer adalah data yang diperoleh peneliti di lapangan, baik melalui wawancara maupun hasil pengukuran langsung lainnya.

Data sekunder adalah data yang diperoleh dengan memanfaatkan hasil pengumpulan data pihak lain, misalnya profil perusahaan, data Badan Pusat Statistik, dan data-data laporan keuangan. Data tersier dapat diperoleh dari tesis, disertasi, jurnal, dan majalah ilmiah.

Tujuan Penulisan

Penyusunan skripsi dilaksanakan dengan tujuan agar:

  • Mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh.
  • Mahasiswa mampu melakukan penelitian mulai dari merumuskan masalah, mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data, dan menarik suatu kesimpulan.
  • Membantu mahasiswa menyampaikan, menggunakan, mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh menjadi suatu sistem yang terpadu untuk pengembangan ilmu.

Materi Skripsi

Permasalahan yang akan diangkat menjadi topik skripsi dikembangkan dari bidang ilmu masing-masing dan jurusan yang terkait. Materi karya tulis ilmiah didasarkan atas data dan/atau informasi yang berasal dari studi kepustakaan dan penelitian lapangan.

Secara garis besar sebelum masuk ke bagian materi skripsi, ada beberapa bagian yang harus menjadi perhatian karena urutan panduan pembuatan skripsi ini sudah baku. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai 11 bagian tersebut, antara lain:

1. Halaman Judul

Halaman judul adalah salah satu unsur daftar isi yang harus terpenuhi dalam proses panduan pembuatan skripis, biasanya pada lembar yang berisi judul penulisan karya ilmiah seperti makalah, skripsi, laporan, atau karya ilmiah lainnya. Untuk lembar judul yang baik dan benar harus terdapat judul, logo sekolah/instansi/organisasi (jika ada), nama penyusun, dan nama sekolah/instansi/organisasi kemudian tahun penulisannya.

2. Kata Pengantar

Kata Pengantar adalah sebuah unsur daftar isi yang harus dibuat dan biasanya pada lembar yang berisi kata pengantar berupa ucapan puji syukur, terima kasih, gambaran singkat isi dan harapan penulis pada skripsi atau laporannya.

3. Latar Belakang

Latar belakang adalah lembar yang berisikan halaman pokok yang menjadikan sebab ditulisnya sebuah karya ilmiah tersebut.

4. Batasan Masalah

Batasan masalah adalah halaman atau lembar yang berisikan masalah karya ilmiah yang sudah dipersempit dari latar belakang untuk kedepannya.

5. Rumusan Masalah

Rumusan maslah adalah poin penting masalah pada topik yang dibahas menjadi karya penulisan. Umumnya menulis rumusan masalah yang baik ditulis pada bentuk sebuah pertanyaan.

6. Tujuan

Tujuan merupakan poin yang menjadi tujuan dari si penulis pada penulisan suatu karya ilmiah seperti makalah, laporan, atau skripsi.

7. Manfaat

Manfaat merupakan hal yang akan di dapatkan dari penulisan makalah, laporan, atau skripsi setelah selesai dipublikasikan.

8. Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah adalah sebuah pendekatan yang di ambil oleh penulis untuk menganalisa suatu permasalahan yang akan disampaikan dalam materi makalah atau yang berhubungan dengan karya ilmiah.

9. Hipotesis

Hipotesis merupakan dugaan awal yang bersifat subjektif dalam suatu isi dan kesimpulan pada penulisan makalah dan karya ilmiahnya.

10. Kesimpulan

Kesimpulan adalah inti dari isi dan pembahasan karya ilmiah skripsi, makalah, laporan, atau karya ilmiah lainnya.

11. Saran

Saran merupakan point yang berisi sebuah saran dari penulis pada karya ilmiahnya untuk si pembaca.

Unduh Dokumen Lengkap Mengenai Panduan Pembuatan Skripsi Fakultas Ekonomi UNTAN

Referensi:

  • https://rumus.co.id/contoh-daftar-isi/

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More