Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Pengalaman Pertama Menjadi Pemateri di Seminar Blog Internasional

B2.0 Event : Borneo Bloggers + New Media Dialogue

Dari Kiri ke Kanan : Eric Constantine (MC), Dwi Wahyudi (Saya), Kamarul D Ajimain (Blogger Brunei), Delwin Keasberry (Blogger Brunei), dan Cyril Daison (Ketua Komunitas Blogger Sarawak)

Menghadiri sebuah event seminar blog internasional, apalagi menjadi pembicaranya tidak pernah terlintas di pikiran saya selama ini. Kegemaranku untuk menulis di blog selama tiga tahun terakhir ternyata membuat hal tersebut menjadi kenyataan. Berawal dari perkenalan saya kepada Mr. Daniel Doughty yang merupakan pengelola web komunitas BorneoColours.Com, akhirnya saya diundang sebagai salah satu perwakilan Komunitas Blogger en Netter Pontianak (BELETER) sekaligus perwakilan Blogger Kalimantan dalam event yang akan diselenggarakannya yaitu Borneo Bloggers Award 2010. Kebetulan salah seorang finalisnya adalah sahabat saya sendiri sesama Blogger Pontianak yaitu Muhammad Irhamna. Kami berdua pun diminta untuk berangkat ke Kota Kinabalu, Sabah, tempat dimana event tersebut akan diselenggarakan.

Keingintahuan para blogger-blogger negara tetangga seperti Malaysia, Sabah, Brunei Darussalam, dan Singapura mengenai perkembangan dunia perbloggeran di Kalimantan menjadi alasan kenapa Mr. Daniel Doughty meminta saya menjadi salah satu pembicara pada sesi seminar dan diskusi yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2010.  Dengan mengambil tempat di 1Borneo Hypermall Grand Ball Room Kota Kinabalu Sabah, saya memberikan presentasi mengenai segala keterbatasan fasilitas maupun sumber daya yang ada sehingga kondisi dunia perbloggeran di Kalimantan Barat khususnya masih sangat jauh ketinggalan.


Mereka begitu tertarik begitu saya memaparkan mengenai harga untuk sebuah jaringan internet di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. Ternyata menurut mereka harga yang ditetapkan di Indonesia masih terlampau mahal, itulah sebabnya kenapa perkembangan teknologi informasi masih berjalan lambat. Belum lagi didukung oleh faktor akses jaringan yang masih belum menjangkau kawasan-kawasan pedesaan membuat masyarakat-masyarakat di daerah terpencil akan tetap seperti “KATAK DALAM TEMPURUNG”. Namun, mereka tetap memberikan apresiasi yang positif begitu mengetahui adanya sebuah komunitas online yang dibentuk dengan maksud dan tujuan untuk mengembangkan dunia perbloggeran di Kalimantan Barat yaitu Komunitas Blogger en Netter Pontianak (BELETER).

Pada saat yang bersamaan, beberapa pemateri dari negara-negara tetangga juga turut memberikan presentasinya. Ternyata dari apa yang mereka paparkan, mereka telah berhasil memanfaatkan media blog sebagai sebuah media informasi yang efektif dan efisien. Bahkan ada beberapa diantaranya menjadi konsultan online dimana kliennya berasal dari belahan dunia lain seperti Amerika dan Eropa. Sungguh luar biasa menurut saya, menjadi motivasi tersendiri bagi saya untuk dapat mengembangkan komunitas yang ada menjadi sebuah tempat bernaungnya blogger-blogger dan pecinta IT di Kalimantan Barat. Memang tidak mudah untuk mewujudkan hal itu, akan tetapi jika sahabat-sahabat saya saja bisa melakukannya kenapa saya tidak bisa. Benar ngga?. Dan Insya Allah di tahun 2011 apa yang saya impikan tersebut dapat tercapai, aminnn… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.