Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Pola Makan 3J bagi Pengidap Diabetes

Mengidap penyakit diabetes bukanlah akhir dari segalanya. Meskipun penyakit ini berisiko menimbulkan komplikasi, namun penanganan secara intensif akan membuat Anda tetap bugar dan sehat. Deteksi penyakit diabetes memang harus dilakukan sedini mungkin agar upaya penanggulangannya bisa segera Anda lakukan.

Bila selama ini pola makan Anda tergolong kurang sehat, mungkin sudah saatnya untuk memperbaikinya. Tidak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat sebab pola makan sehat penderita diabetes  bisa mengembalikan kebugaran Anda secara bertahap. Lantas apa yang dimaksud dengan pola makan 3J untuk penderita diabetes?

Jadwal Makan yang Teratur

Pengaturan jadwal makan penderita diabetes berbeda dengan orang lain. Sebaiknya jadwal makan penderita diabetes diatur sebanyak 5 hingga 6 kali sehari dengan jeda waktu yang teratur. Jadwal makan yang teratur akan membuat tubuh Anda bisa menstabilkan kadar gula darah dengan baik. Sehingga insulin yang diproduksi oleh tubuh tidak akan kerepotan mengatur kestabilan gula darah yang berasal dari asupan makanan Anda. Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan dicerna secara perlahan-lahan dan sensitivitas insulin pun semakin meningkat.

Pola Makan bagi Penderita Diabetes
Pola Makan bagi Penderita Diabetes (Sumber: Merdeka.Com)

Jumlah Makanan yang Harus Dikonsumsi

Jumlah makanan sangat berpengaruh pada kestabilan kadar gula darah Anda. Penderita diabetes disarankan untuk mengontrol jumlah makanan secara lebih ketat. Mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun lebih sering akan membuat tubuh Anda tidak mengalami kelebihan kalori. Asupan kalori yang dibutuhkan setiap orang ternyata berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, aktivitas, umur, serta tinggi dan berat badan. Membatas jumlah makanan bukan berarti menyiksa diri dengan diet yang ketat. Anda tetap bisa menikmati waktu makan 3 kali sehari yang diselingi dengan 2 kali konsumsi camilan sehat.

Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Jenis makanan yang Anda konsumsi adalah hal terakhir yang tidak boleh luput dari perhatian. Pola makan penderita diabetes memang harus diatur secara lebih teliti. Untuk jenis karbohidrat, sebaiknya Anda mengonsumsi karbohidrat kompleks yang berasal dari gandum, oatmeal, atau beras merah. Karbohidrat kompleks akan dicerna dengan waktu yang lebih lama di dalam tubuh sehingga Anda pun merasa kenyang lebih lama. Selanjutnya, imbangi asupan karbohidrat dengan asupan nutrisi lainnya seperti sayuran, buah-buahan, protein hewani dan nabati, serta sumber serat dan mineral. Porsi konsumsi sayuran harus lebih banyak dari bahan makanan lainnya, yaitu mencapai setengah dari porsi makan Anda setiap hari. Sementara untuk asupan protein dan karbohidrat, masing-masing hanya seperempat porsi makan saja.

Kedisiplinan Anda dalam mengatur pola makan sehat akan membuat diabetes menjadi lebih terkontrol. Miliki tubuh yang bugar dan bebas dari gangguan penyakit diabetes sekarang juga. (BP)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.