Indonesia Website Awards

President University Menjadi Salah Satu Lokasi Kunjungan Peserta Amprokan Blogger 2010

Image: Dok. Pribadi

Universitas Presiden (bahasa Inggris: President University), adalah universitas berstandar internasional yang bertempat di Jababeka Education Park di Kawasan Industri Jababeka, Indonesia. Universitas ini dikepalai oleh Dr. Jony Oktavian Haryanto, SE, MM, MA.

President University didirikan pada tahun 2001 di Kota Jababeka, Cikarang, Jawa Barat. Cikal bakal diawali dengan Sekolah Tinggi Teknik Cikarang dan diresmikan menjadi President University oleh Menteri Pendidikan pada 16 April 2004.

President University

Sebagai perguruan tinggi swasta, universitas ini bertujuan untuk menyediakan pendidikan tinggi berkualitas dengan standar internasional. Dalam perkembangannya, universitas ini telah tumbuh pesat dan mendapatkan pengakuan baik di dalam maupun luar negeri.

Universitas Presiden dikonsep oleh Bapak Setyono Djuandi Darmono selaku Presiden Direktur PT Jababeka Tbk. dan Prof. Donald W. Watts selaku Presiden Universitas Bond (Queensland) dan Wakil Penasehat Universitas Curtin di Australia Barat.

Komitmen yang Kuat

Salah satu pilar utama yang membuat President University menjadi destinasi bagi para calon mahasiswa adalah komitmennya terhadap kualitas pendidikan.

Universitas ini memiliki fakultas-fakultas yang berkualitas dengan didukung oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.

Selain itu, fasilitas modern dan teknologi terkini juga menjadi bagian dari upaya universitas untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan kondusif.

President University juga menawarkan beragam program studi yang sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan pasar kerja. Program-program tersebut mencakup berbagai bidang mulai dari ilmu sosial, bisnis, teknik, hingga ilmu komputer.

Baca Juga:   Muhaya Collection, UMKM Kriya Kalbar yang Berhasil Tembus Pasar Dunia

Dengan adanya diversifikasi program studi, mahasiswa memiliki fleksibilitas untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya serta mengikuti passion di bidang yang diminatinya.

Fasilitas yang Dimiliki

Universitas Presiden dilengkapi dengan:

  • Kurikulum Internasional – Universitas Presiden menerapkan kurikulum standar internasional.
  • Lingkungan Berbahasa Inggris – Semua mata kuliah disajikan dengan pengantar bahasa Inggris. Mahasiswa akan dibiasakan berbicara, menulis, dan berpikir dalam bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional dewasa ini.
  • Ekstrakurikuler Mahasiswa – Universitas Presiden menyediakan fasilitas yang menunjang aktivitas mahasiswa sepeti President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang, lapangan tenis, lapangan sepak bola, lapangan bola basket.
  • Komunitas Multinasional – Mahasiswa Universitas Presiden berasal dari seluruh pelosok Indonesia dan mancanegara seperti Cina, Vietnam dan Laos.
  • Pengalaman Kerja – Universitas Presiden menyediakan program magang selama maksimum 2 semester bagi semua mahasiswa sebagai upaya mempersiapkan mahasiswa ke jenjang karier.

Universitas Presiden menyediakan kompleks asrama yang tidak terlalu jauh dengan kampus. Kompleks asrama Academia terdiri dari Student Boarding House dan Student Pavillion. Unit Student Boarding House berjumlah 189 bangunan yang masing-masing bangunan dihuni oleh 4 orang mahasiswa.

Sedangkan unit Student Pavillion terdiri dari 64 bangunan yang masing-masing dihuni 22 orang mahasiswa. Setiap unit Student Pavillion terdiri dari 2 lantai, 5 kamar di lantai dasar, 6 kamar di lantai atas, dengan fasilitas AC, kamar tidur dan lemari di setiap kamar.

Mitra Kerjasama

President University menjalin kerjasama yang erat dengan berbagai perusahaan dan industri baik di dalam maupun luar negeri. Melalui program kerjasama ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan magang, berpartisipasi dalam proyek bersama, serta membangun jaringan profesional sejak dini.

Baca Juga:   Membahas Kode Etik Online di FDG ICT Watch 2011

Dukungan ini menjadi modal berharga bagi lulusan universitas ini untuk lebih siap dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Universitas Presiden telah mengadakan program kerjasama dengan institusi-institusi berikut:

  • Kerjasama dengan International Pacific College (IPC) New Zealand untuk program pertukaran mahasiswa dan dosen.
  • Kerjasama dengan Deakin University Australia untuk program Double Degree.
  • Kerjasama dengan William Angliss Institute Australia untuk mahasiswa Manajemen Turis dan Perhotelan.
  • Kerjasama dengan Cologne Business School (CBS) Jerman untuk program Double Degree.
  • Kerjasama dengan PT Zahir Internasional untuk program Zahir Goes Campus.

Hasil dokumentasi pada saat mengunjungi salah satu universitas terkemuka yang berada di lokasi JABABEKA yaitu President University.

Prestasi yang Pernah Diraih

Sejak berdiri, President University telah mengukir berbagai prestasi dan pengakuan, baik dari tingkat nasional maupun internasional. Prestasi tersebut mencakup bidang akademik, penelitian, olahraga, seni, dan lainnya.

Pengakuan dari berbagai lembaga dan pihak terhadap kualitas universitas ini menjadi bukti nyata dari dedikasi dan komitmen yang kuat dalam memberikan pendidikan yang bermutu.

Kesimpulan

President University merupakan salah satu perguruan tinggi yang patut diperhitungkan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dengan komitmen pada kualitas pendidikan, program studi yang beragam, iklim kreativitas, serta kerjasama industri dan internasional, universitas ini telah mencetak lulusan-lulusan berkualitas yang siap bersaing di pasar kerja global.

Semoga keberadaan perguruan tinggi ini terus memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia dan mencetak generasi penerus bangsa yang berkompeten. (DW)

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Presiden
RajaBackLink.com
Don`t copy text!