3 Prinsip Dasar Ngeblog, Berbagi Rahasia Membuat Konten Kreatif ala Blogger Borneo

Image: Priangga.Web.Id

Prinsip Dasar Ngeblog

Alhamdulillah sampai detik ini masih konsisten dengan apa yang sudah dimulai yaitu NGEBLOG. Ternyata belajar membuat konten kreatif itu tidak sesulit yang dibayangkan lho Friends. Mau tahu apa rahasianya???

Tidak terasa sudah 6 tahun Blogger Borneo mulai menjalankan profesi sebagai seorang BLOGGER. Sejak pertama kali memutuskan untuk terjun kedalam dunia yang tidak kasat mata ini, Blogger Borneo sama sekali tidak pernah membayangkan perjalanannya akan sampai sejauh ini.

Ternyata memang benar anggapan yang mengatakan bahwa mengelola blog tidak semudah membuatnya, hal ini Blogger Borneo rasakan sendiri ketika melewati tahun demi tahun proses ini.

Alhamdulillah sampai sekarang, spirit tersebut masih bisa terus bertahan dan per awal tahun 2017 sudah sekitar 1500-an postingan yang terpublikasi di Blogger Borneo Network.

“Bang, apa sih rahasianya bisa terus eksis ngeblog? Abang tak pernah kehabisan ide untuk menulis kah?”, pertanyaan ini sering dilontarkan kepada Blogger Borneo ketika sedang memberikan seminar, pelatihan, workshop, atau apapun namanya.

Memang dalam beberapa kesempatan, Blogger Borneo diundang untuk mengisi materi bertemakan aktivitas kepenulisan online melalui blog. Disini Blogger Borneo tidak pernah bosan untuk menularkan semangat dan pengalaman yang didapatkan selama menjadi seorang blogger.

Baca Juga:   Mari Selamatkan Hutan, Mari Selamatkan Indonesia

Dalam mempertahankan semangat dalam menulis blog, Blogger Borneo selalu berpegang pada 3 prinsip dasar ngeblog, yaitu:

1. Berpikir Sederhana

Prinsip dasar ngeblog yang pertama, membuat sebuah tulisan itu tidak harus berpikir ribet karena itulah fungsi dari blog sebenarnya. Jangan pernah pikirkan mengenai desain dan tema blog yang akan dibuat karena biasanya kedua hal ini selalu menjadi momok menakutkan bagi seorang “calon” blogger. Tulislah mengenai apa yang disukai dan ide untuk menulis itu bisa datang dari mana dan kapan saja.

2. Mengoptimalkan Apa yang Ada

Prinsip dasar ngeblog yang kedua, sejak dulu hingga saat ini, Blogger Borneo selalu mengoptimalkan peralatan yang dimiliki untuk membuat konten kreatif. Sudah menjadi kebiasaan bahwa dalam setiap membuat postingan, Blogger Borneo selalu menyisipkan dokumentasi pendukung di tengah-tengah paragraf.

Hal ini sengaja dilakukan guna menambah daya tarik tulisan tersebut dan para pembaca tidak cepat bosan. Jika dulu handphone Nokia E63 selalu menjadi andalan, sekarang ASUS ZenFone 3 ZE520KL telah menjadi pengganti yang cukup mumpuni.

Baca Juga:   Jackie Ying, Profesor Muslimah Penulis 340 Jurnal dan Penemu 150 Hak Paten

3. Mengikuti Perkembangan

Prinsip dasar ngeblog yang terakhir, bergesernya tren dari konten tidak bergerak dalam bentuk tulisan dan foto ke konten bergerak dalam bentuk video membuat Blogger Borneo juga harus menyesuaikan diri dalam upayanya membuat konten kreatif.

Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa Blogger Borneo beralih menggunakan ASUS ZenFone 3 ZE520KL sebagai “senjata” utama karena fitur foto dan videonya sudah memenuhi standar minimal yang diharapkan.

Rahasia Membuat Konten Kreatif

Nah, setelah bicara mengenai 3 prinsip dasar ngeblog, sekarang Blogger Borneo akan berbagi rahasia membuat konten kreatif. Pada dasarnya, membuat sebuah konten kreatif dibutuhkan keahlian tersendiri.

Blogger Borneo sendiri sampai sekarang masih dalam tahap belajar dari kawan-kawan yang lebih pakar dibidang ini. Intinya, untuk bisa menghasilkan sebuah konten kreatif, hal pertama yang harus dilakukan adalah banyak membaca dan jalan-jalan mencari inspirasi.

Setelah itu, baru berlatih dan terus berlatih menulis agar terbiasa nantinya. Setiap blogger memiliki gaya tulisan dan passion masing-masing, ini yang membuat konten kreatif masing-masing penulis blog itu beda.

Ada yang suka membahas mengenai info teknologi, ada yang suka mereview sebuah produk, dan ada juga yang suka membuat tulisan mengenai hasil liputan dari sebuah penyelenggaraan kegiatan.

Baca Juga:   Tanpa Konfirmasi, Dua Media Online Besar Ini Diprotes Staf Kemenkes RI

Kalau Blogger Borneo sendiri kontennya gado-gado, beberapa kategori dijadikan satu. Ya sebenarnya ini tidak akan menjadi masalah selama kategorinya tidak saling bertolak belakang, misalnya di blog yang sama membahas mengenai teknologi informasi, gadget, dan review produk.

Jika ingin melihat konten-konten kreatif yang sudah pernah Blogger Borneo buat, silahkan membacanya di beberapa tautan tulisan dibawah ini:

  1. ASUS ZenFone 3 ZE520KL, The Best Experience for Photography
  2. Unboxing Video Plus Review ASUS ZenBook UX305CA
  3. ROG Strix GL502VS, Notebook Gaming ASUS Pertama Berbasis Pascal
  4. ASUS Challenge Your City Roadshow Pontianak 2016
  5. Gala Dinner ASUS ZenVolution 2016 di Nusa Dua Bali

Kesimpulan

Belajar dari siapa saja, dimana saja, dan kapan saja, prinsip ini masih Blogger Borneo pegang sampai detik ini. Oleh karena itu, tali silaturahim antara kawan-kawan sesama #BloggerIndonesia selalu dijaga karena sebagai makhluk sosial kita tetap akan saling membutuhkan suatu saat nanti.

Demikian tulisan mengenai prinsip dasar ngeblog dan rahasia membuat konten kreatif ala Blogger Borneo, semoga bisa menjadi motivasi sekaligus inspirasi bagi kawan-kawan yang baru mau atau masih baru dalam dunia perbloggeran Indonesia. Sekiranya masih ada yang mau ditanyakan, silahkan langsung berkomentar dibawah ini ya. Terima kasih… (DW)

Don`t copy text!