BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Relawan TIK Kalbar Berikan Materi ClassPoint ke Para Guru Ekonomi SMA se-Kota Pontianak

"Oh iye Bang, nanti hari Selasa siang akan ada MGMP Guru Ekonomi SMA se-Kota Pontianak di sekolah saya. Mungkin Abang berminat untuk ngisi materi disana, materinya bebaslah. Waktunya dari jam 2 sampai 4 sore."

Materi ClassPoint

Pucuk dicinta ulam pun tiba, penawaran dari salah seorang sahabat yang juga merupakan Kepala Sekolah SMA Kapuas Pontianak tersebut langsung Blogger Borneo terima tanpa pikir panjang lagi.

Masih memiliki waktu kurang lebih dua hari untuk mempersiapkan materi presentasi mengenai ClassPoint, Blogger Borneo pun langsung bergegas untuk mempersiapkan semuanya termasuk baju kaos bersablon logo Inknoe ClassPoint dan Relawan TIK Indonesia.

Di tulisan sebelumnya Blogger Borneo telah membahas mengenai aplikasi ClassPoint secara umum, rencananya materi yang dipublikasikan disitu akan menjadi bahan slide presentasi pada agenda MGMP ini.

Sebenarnya di pagi harinya Blogger Borneo mewakili Relawan TIK Kalimantan Barat juga diminta untuk sharing materi ke para siswa kelas 12 di SMA Kapuas Pontianak, adapun materi yang disampaikan mengenai praktik menggunakan aplikasi akuntansi keuangan.

Jadi pada hari ini hampir seharian beraktivitas di Sekolah Menengah Atas yang terletak di kawasan Jalan Tabrani Ahmad Pontianak. Alhamdulillah ini merupakan kali kedua Relawan TIK Kalbar berkunjung ke SMA Kapuas Pontianak.

Informasi Baru

Ada satu hal yang cukup menarik ketika ditanya apakah para guru ekonomi se-kota Pontianak yang hadir pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tersebut tahu mengenai ClassPoint, hampir semuanya menggelengkan kepala.

Hhhmmm… ternyata benar seperti apa yang diperkirakan sebelumnya bahwa ClassPoint ini merupakan hal baru disini, padahal di Pulau Jawa sudah banyak guru-guru sekolah menggunakannya dalam proses belajar mengajarnya.

Baca Juga:   RTIK Kalbar Berikan Pelatihan Akuntansi Dasar untuk UMKM Pontianak
Peserta MGMP Guru Ekonomi SMA se-Kota Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Dari penampakan foto diatas dapat dilihat bagaimana para peserta MGMP Guru Ekonomi SMA se-Kota Pontianak sedang serius memperhatikan materi ClassPoint yang sedang disampaikan.

Membentuk Komunitas

Karena fakta di lapangan memperlihatkan belum ada sama sekali guru-guru yang mengetahui mengenai ClassPoint, maka Blogger Borneo berinisiatif untuk membentuk Komunitas ClassPoint Kalimantan Barat.

Alhamdulillah inisiatif tersebut mendapat sambutan positif dari ClassPoint Indonesia. Tidak butuh waktu lama, Blogger Borneo pun diberikan 100 kode aktivasi ClassPoint Pro untuk masa pemakaian 30 hari.

Untuk memfasilitasi ini, maka dibuatlah grup whatsapp khusus bernama ClassPoint Kalbar. Rencananya nanti semua guru-guru yang berminat untuk mendapatkan materi ClassPoint dan mau mempelajarinya lebih detail akan diundang masuk ke grup WA ini.

Kaos ClassPoint untuk Kepala Sekolah SMA Kapuas Pontianak
Image: Dok. Pribadi

Secara simbolis, Blogger Borneo menyerahkan sehelai baju kaos dengan logo Inknoe ClassPoint dan Relawan TIK Indonesia di bagian depannya kepada Kepala Sekolah SMA Kapuas Pontianak yang juga menjabat sebagai Ketua MGMP Guru Ekonomi SMA se-Kota Pontianak.

Cara Bergabung

Nah, bagi para tenaga pengajar yang ingin bergabung dalam Komunitas ClassPoint Kalimantan Barat bisa langsung mengirimkan pesan Nama Lengkap dan Asal Sekolah ke nomor whatsapp 0811-56-1982. Insya Allah nanti akan langsung dimasukkan dalam grup WA.

Jangan lupa menginstal add 0n ClassPoint di laptopnya terlebih dahulu agar menu fiturnya langsung aktif. Untuk proses dan tahapan instalasinya dapat dilihat melalui video dibawah ini:

Baca Juga:   Kesan Pertama Mengikuti Kegiatan Salimah Kubu Raya ke Singkawang di Pertengahan Syawal

Demikian hasil liputan Blogger Borneo ketika memberikan materi ClassPoint pada MGMP Guru Ekonomi SMA se-Kota Pontianak pada hari ini di SMA Kapuas Pontianak.

Semoga materi yang disampaikan dapat memberikan ilmu dan pengalaman baru bagi para tenaga pengajar di Kalimantan Barat khususnya mengenai cara membuat metode pembelajaran interaktif untuk para siswanya.

Selalu bergerak Relawan TIK Kalimantan Barat, jangan pernah berhenti memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Bagi siapa saja yang memiliki visi dan misi sama untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki, dapat ikut bergabung menjadi anggota Relawan TIK Kalimantan Barat. (DW)

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More