ブランドスーパーコピー 【楽天市場】腕時計 |インターネット通販 スーパーコピー時計 ロレックススーパーコピー ヴィトン コピー ウブロ 時計 コピー Inknoe ClassPoint Membuat Metode Pembelajaran Lebih Menarik dan Interaktif - Blogger Borneo Network
BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Inknoe ClassPoint Membuat Metode Pembelajaran Lebih Menarik dan Interaktif

Banyak ilmu dan pengalaman baru didapat ketika selesai mengikuti Training on Trainer GT JOO yang diselenggarakan di Pusdiklat BPPTIK Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO), salah satu diantaranya mengenai ClassPoint.

Inknoe ClassPoint

Sebenarnya materi mengenai Inknoe ClassPoint ini bukan merupakan materi standar yang diberikan pada saat ToT GTA Junior Office Operation (JOO), kebetulan pada saat sesi kegiatan pelatihan sedang jeda ada salah seorang peserta maju ke depan untuk memberikan materi “selingan”.

Melihat pemaparan singkat yang diberikan oleh sosok rekan Relawan TIK Indonesia dari Kota Semarang tersebut, Blogger Borneo langsung merasa tertarik dan memang aplikasi tersebut masih baru sehingga belum terlalu banyak yang menggunakannya.

Menurutnya, dibandingkan dengan dua aplikasi lain yang biasa dibawakannya pada saat memberikan pembelajaran, aplikasi ClassPoint ini lebih ringan dan tidak membutuhkan banyak spesifikasi karena sifatnya peer to peer.

Untuk dapat menggunakan Inknoe ClassPoint yang dibutuhkan hanya komputer atau laptop, bisa juga menggunakan smartphone dan tentu saja jaringan internet yang memadai.

Mufid Masruhan, demikian nama lengkap dari sosok yang memberikan materi mengenai Inknoe ClassPoint. Blogger Borneo sudah cukup lama mengenal Beliau yang dalam kesehariannya beraktivitas sebagai tenaga pengajar di kota Semarang.

Memang jika bicara mengenai pengalamannya dalam mengajar, tidak diragukan lagi jam terbangnya sudah cukup tinggi. Apalagi selain menjadi seorang guru, Beliau juga aktif membuat video tutorial yang dipublikasikan di channel YouTube miliknya.

Relawan TIK Sedang Memberikan Materi Mengenai ClassPoint
Image: Dok. Pribadi

Penampakan foto diatas merupakan sosok guru YouTuber ketika sedang memberikan pengenalan mengenai aplikasi ClassPoint, Beliau sendiri juga merupakan salah seorang diantara 12 orang ClassPoint Certified Partner yang ada di Indonesia untuk saat ini.

Metode Pembelajaran Interaktif

Nah, sekarang kita masuk untuk penjelasan mengenai aplikasi ClassPoint. Secara umum, aplikasi miliknya perusahaan startup Singapura ini dibuat untuk memudahkan para tenaga pengajar membuat metode pembelajaran interaktif.

Aplikasi ClassPoint memiliki banyak fitur untuk membuat quiz sehingga akan membuat anak didik senang dalam belajar. Akan tetapi, dalam proses pembuatannya, seorang guru tetap harus mampu berpikir kreatif karena aplikasi ini sifatnya hanya sebagai alat bantu semata.

Terhubung langsung dengan PowerPoint, ClassPoint memungkinkan Anda untuk menambahkan anotasi pada slide, menyiarkan mode slideshow, serta membuat pertanyaan interaktif untuk terhubung dan mengumpulkan jawaban secara digital dari para siswa.

Dengan satu klik tombol, Anda dapat mengubah slide PPT biasa menjadi kuis interaktif. Saat penampilan slide, saat Anda menjalankan pertanyaan kuis, semua siswa Anda akan dapat merespon dengan perangkat mereka.

Hasil dari tanggapan siswa dapat dikumpulkan atau ditampilkan secara live. Anda juga dapat merancang kompetisi kuis dalam PowerPoint dan belajar seperti bermain game dengan siswa Anda.

Selain menyenangkan, siswa akan dinilai atau diberi peringkat secara otomatis, dan jawaban mereka dapat diekspor untuk analisis lebih lanjut.

Fitur Unggulan

Dengan fitur pena yang beragam, Anda dapat menggambar pada slide Anda dengan mudah untuk menjelaskan ide, dan menambahkan slide papan tulis tanpa batas dengan cepat, sesuai kebutuhan.

Saat Anda keluar dari slideshow, tinta digital dan papan tulis dapat disimpan secara otomatis. Semua jawaban siswa dapat disimpan dan dapat langsung diambil dari dalam PowerPoint.

Selain itu, anotasi slide dan papan tulis digital juga dapat disimpan sebagai bagian dari slide PowerPoint. ClassPoint juga dapat terintegrasi dengan platform konferensi video apapun seperti Microsoft Teams,Google Meet, dan Zoom.

Tentu saja dengan adanya fitur ini akan dapat semakin menambah interaksi ke presentasi online Anda dan memastikan siswa terlibat secara virtual.

Cara Instalasi

Untuk dapat menggunakan fitur yang dimiliki Inknoe ClassPoint Anda diharuskan menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Secara lengkap dan detail langkah-langkah instalasi aplikasi ClassPoint dapat dilihat melalui video tutorial dibawah ini:

Kesimpulan

Secara pribadi Blogger Borneo melihat aplikasi ClassPoint miliknya Inknoe ini sangat powerful jika digunakan dalam proses belajar mengajar yang saat sekarang ini masih dalam kondisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Dan setelah mengetahui secara lebih dalam mengenai Inknoe ClassPoint App, Blogger Borneo langsung berminat untuk membawanya ke daerah sendiri bahkan ingin sekaligus membentuk Komunitas ClassPoint Kalimantan Barat.

Alhamdulillah sudah ada beberapa orang yang merupakan guru dari salah satu sekolah menengah atas swasta di Kota Pontianak berminat untuk bergabung dalam komunitas ini.

>> FORM PENDAFTARAN KOMUNITAS CLASSPOINT <<

Adapun untuk tulisan mengenai deklarasi Komunitas ClassPoint Kalimantan Barat Insya Allah akan Blogger Borneo publikasikan setelah tulisan ini. So, stay tune aja ya… (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More