Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Sebelum Merilis Ponsel Android, Nokia Ternyata Kembangkan Kamera Virtual Reality

BLOGGERBORNEO.COM – Nokia, siapa tidak mengenal perusahaan yang satu ini? Bahkan ketika sudah tidak memproduksi ponsel lagi sejak diakuisisi oleh Microsoft beberapa waktu lalu, nama perusahaan asal Finlandia itu masih terus disebut-sebut. Nokia sempat dikabarkan akan kembali ke pasar ponsel tidak lama lagi, mereka dikabarkan akan kembali merilis sebuah ponsel namun kali ini ponsel yang mereka rilis menggunakan sistem operasi populer milik Google, yaitu Android. Namun sampai saat ini perangkat tersebut masih belum diketahui. Lalu, apa yang dilakukan Nokia selama ini?

Setelah dikabarkan akan kembali merilis perangkat ponsel pintar berbasis Android pada tahun 2016 nanti, Nokia rupanya sudah punya produk terbarunya. Bukan sebuah ponsel pintar, melainkan sebuah perangkat Virtual Reality Camera yang mereka namai dengan Ozo. Nokia Ozo merupakan sebuah kamera khusus yang dapat digunakan untuk merekam video 360 derajat dan audio. Namun sayangnya tidak semua pengguna bisa menggunakan perangkat yang satu ini. Itu karena Nokia merancang perangkat berbetuk bulat tersebut hanya untuk pengguna professional.

Virtual Reality Camera Nokia OZO
Virtual Reality Camera Nokia OZO (Sumber: TechNewsToday.Com)

Melalui sebuah event di Los Angeles, Nokia memperkenalkan perangkat terbarunya itu. Dengan adanya Nokia Ozo, Nokia memastikan bahwa mereka juga akan terjun ke pasar perangkat Virtual Reality Camera sembari menunggu ponsel pintar besutan mereka siap untuk dirilis tahun depan. Nokia Ozo dirancang secara khusus untuk para professional yang bergelut di bidang film dan game 3 dimensi (3D). Nantinya fil atau game yang dibuat menggunakan bantuan Nokia Ozo bisa disaksikan dan diputar melalui headset Virtual Reality Camera.

Dengan bantuan delapan sensor dan microsofon yang dimilikinya, Nokia Ozo mampu mengambil gambar dan audio dengan sudut mencapai 360 derajat. Kemara canggih yang satu ini merupakan produk pertama yang dimiliki oleh divisi bisnis solusi media Nokia. Divisi tersebut saat ini memang disebut sebagai salah satu fokus usaha yang dilakukan oleh Nokia sekarang. Melalui Ramzi Haidamus, selaku pejabat eksekutif Nokia, perusahaan tersebut mengatakan bahwa dengan adanya Nokia Ozo mereka berharap bisa memberikan pengalaman virtual reality yang mengagumkan dan mendorong pengguna untuk berkomunikasi secara radikal.

Sekedar informasi, Nokia bukanlah satu-satunya vendor ponsel yang terjun ke dunia Virtual Reality Camera. Sebelumnya pada bulan Mei lalu beberapa vendor lain juga telah lebih dulu menciptakan perangkat VR tersebut. Bahkan GoPro dikabarkan sudah merilis sistem serupa yang menggunakan 16 kamera dan perangkat lunak Google. Tidak hanya GoPro, perusahaan lain semisal Facebook dan Samung kabarnya juga sudah menyatakan untuk ikut serta dalam kompetisi pasar perangkat virtual reality, itu artinya akan semakin banyak orang yang mengembang usaha baru ini.

Akan seperti apakah nantinya perkembangan perangkat Ozo milik Nokia ini? Akankah perangkat yang satu ini juga meraih sukses di pasaran seperti produk-produk Nokia sebelumnya yang sudah sangat terkenal? Kita tunggu saja kelanjutan informasinya. (BAIM)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.