BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

Seberapa Penting Menggunakan Sunscreen?

Alasan Mengapa Pemakaian Sunscreen Harus Dilakukan Setiap Hari

Paparan sinar matahari langsung dapat memberikan manfaat baik terhadap kesehatan kita secara menyeluruh. Dengan berjemur setiap hari selama beberapa menit, hal itu cukup untuk mengusir depresi, menguatkan tulang, dan meregulasi tensi seseorang. Namun, jika Anda ingin menjaga kulit Anda tetap berseri dan sehat, Anda harus mulai rutin menggunakan sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit Anda.

Banyak dari kita sudah mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari saat cuaca sedang terik. Sebenarnya, penggunaan sunscreen yang tepat adalah dengan teratur memakainya setiap hari dan tidak hanya saat musim panas. Pemakaian sunscreen adalah salah satu dari sekian banyak metode yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk menjaga penampilan.

1. Mempertahankan Warna Kulit Merata

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko kerusakan pada kulit dari berbagai jenis radiasi UV (ultraviolet). Mulai dari kulit yang terbakar sinar matahari oleh sinar UVB, sampai permasalahan kulit yang disebabkan oleh sinar UVA yang menembus kulit sampai ke dalam. Penting untuk diketahui bahwa sinar UV tidak hanya muncul saat cuaca sedang panas atau terik, tetapi sepanjang hari.

Untuk Anda yang memiliki kulit putih, jumlah pigmen pelindung atau melanin pada kulit Anda lebih sedikit dan dapat meningkatkan kemungkinan perubahan warna kulit saat terkena sinar matahari. Pemakaian sunscreen akan membantu mencegah munculnya titik-titik gelap akibat sinar matahari dan membantu kulit tetap terlihat mulus.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Masker Organik, Perhatikan 5 Hal Ini

2. Mencegah Penuaan Dini

Sinar matahari dari paparan radiasi UV dapat menyebabkan penuaan pada kulit, seperti membuat kulit tampak lebih tebal, perubahan warna pada kulit, sampai pemecahan kolagen yang dapat membuat kulit kendur dan keriput. Sinar UV merusak kulit dan lapisan kulit, menyebabkan munculnya garis-garis yang sangat dihindari banyak orang.

Dampak langsung mungkin saja tidak akan terlihat dalam waktu yang singkat, tetapi efek dari eksposur sinar UV secara terus-menerus dapat membakar kulit dan meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kulit. Oleh karena itu, pemakaian sunscreen penting untuk mencegah radiasi dan mengurangi kemungkinan kanker kulit.

3. Proteksi Kulit Terbakar

Terlalu sering terkena sinar matahari atau paparan sinar UV tanpa perlindungan dapat memunculkan rasa terbakar pada kulit. Jika hal ini terjadi secara berkelanjutan, Anda akan melihat bintik-bintik dari sinar matahari dan kulit menjadi pecah-pecah. Hal ini disebabkan oleh sinar UV yang terserap ke dalam kulit dan merusak sel genetik dalam kulit.

Pemakaian sunscreen secara teratur akan membantu mencegah kulit terbakar, karena fungsi sunscreen adalah untuk menyerap dan merefleksikan sinar matahari. Ketika kulit terbakar akibat sinar matahari, atau yang juga sering disebut dengan istilah sunburn, akan berlangsung selama beberapa hari. Oleh karena itu, sunscreen merupakan hal yang esensial untuk tetap dipakai, bahkan saat cuaca tidak sedang terik.

Tips Memilih Sunscreen yang Baik

Dari berbagai macam merek dan berbagai jenis, memilih suscreen yang cocok bisa jadi hal yang rumit. Pastikan Anda memilih produk yang ringan dan nyaman diaplikasikan pada kulit wajah. Pilihlah sesuai dengan preferensi dan tipe kulit wajah Anda sebelum memutuskan produk yang akan Anda gunakan. SPF 30 sudah dikatakan cukup untuk pemakaian sehari-hari, tetapi menggunakan sunscreen SPF 50+ akan lebih ideal.

Baca Juga:  ASUS ROG GX800 Seharga 95 Juta, Harga Pantas untuk Sebuah Kualitas

Tidak hanya satu atau dua saja, terdapat berbagai jenis sinar UV yang dipaparkan dari sinar matahari. Untuk mencegah hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan kulit, penting untuk Anda menjaga wajah dan tubuh Anda dengan menggunakan sunscreen yang memiliki label “broad-spectrum” SPF.

Sunscreen dengan label ini diformulasikan untuk membantu menjaga kulit Anda dari radiasi sinar UVA dan UVB. Beberapa hal penting yang perlu diingat adalah untuk memakai sunscreen minimal SPF 30, anti air, memiliki label “broad-spectrum”, dan dioleskan minimal 15 menit sebelum melangkah keluar rumah.

Tidak ada aturan khusus mengenai urutan penggunaan produk ini. Ada yang lebih nyaman mengoleskan sunscreen sebelum makeup, tetapi ada juga yang lebih suka untuk mengaplikasikan sunscreen setelah moisturizer. Carilah urutan terbaik yang nyaman untuk Anda. Umumnya, sunscreen harus diaplikasikan kembali setiap dua jam, khususnya setelah berenang atau melakukan aktivitas yang berkeringat. (ADV)

Advertisement

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards