Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Semuanya Bermula dari Sebuah Konsep dan Tujuan yang Jelas

Untuk mencapai sebuah keberhasilan, KONSEP DAN MISI YANG JELAS menjadi salah satu faktor penting tercapainya keberhasilan tersebut.  Banyak individu atau perusahaan yang pada akhirnya tidak mampu meraih keberhasilan atau bahkan ada yang langsung gagal sama sekali hanya dikarenakan mereka tidak memiliki sebuah KONSEP DAN MISI YANG JELAS. Mungkin diantara teman-teman masih ada yang bingung dan bertanya-tanya dalam hati mengenai maksud dari kalimat KONSEP DAN MISI YANG JELAS yang saya sebutkan diatas itu seperti apa. Apakah benar dua kata tersebut yaitu KONSEP dan MISI memiliki pengaruh penting terhadap berhasil tidaknya seorang individu atau perusahaan mencapai tujuan akhirnya???. Nah, kalau mau tahu jawabannya silahkan melanjutkan membaca tulisannya yach…

Kebetulan tulisan yang saya buat masih memiliki keterkaitan dengan kontes menulis blog yang sedang saya ikuti yaitu Kursus Blogger Writing Contest 2010. Karena saya terpilih sebagai salah satu dari 8 nominator calon pemenang kontes, maka saya diminta untuk membuat sebuah tulisan spesial yang isinya dapat berupa komentar, tanggapan, saran, masukan, dan kritikan terhadap pihak penyelenggara kontes ini. Oleh karena itu, sebelumnya saya minta maaf jika seandainya di tulisan ini terdapat kata-kata yang menyinggung perasaan pihak penyelenggara.

Oke, sekarang waktunya kembali ke topik utama. Jika kita masuk ke blognya Kursus Blogger, kita akan melihat sebuah kalimat yang bertuliskan Saatnya Jadi Blogger Indonesia Profesional. Kalimat ini dapat dilihat secara jelas dibagian pojok kanan header blog tersebut. Dari sini sebenarnya sudah dapat diambil kesimpulan bahwa  Kursus Blogger memiliki sebuah MISI yang ingin dicapai yaitu Mengarahkan Generasi Muda Indonesia Menjadi Blogger-Blogger yang Profesional. Yang menjadi masalah sekarang adalah bagaimana dengan KONSEP yang akan digunakan demi mendukung terlaksananya MISI tersebut, apakah semuanya sudah dipikirkan dan direncanakan dengan baik???. Pertanyaan itu sempat terbersit ketika saya membaca kalimat yang menjadi tagline Kursus Blogger tersebut.

Sebagai salah seorang Blogger Borneo yang sangat mendukung perkembangan Blogosphere di Indonesia maupun Kalimantan, apa yang telah dilakukan oleh Kursus Blogger sampai detik ini patutlah diberikan acungan jempol. Meskipun masih termasuk pemain baru dalam dunia pembelajaran blogger online, Kursus Blogger telah berani melakukan sebuah gebrakan dengan mengadakan kontes menulis blog yang diberi nama Kursus Blogger Writing Contest 2010. Adapun hadiah-hadiah yang disiapkan bagi 4 orang pemenang kontes, seperti: HP Mini Netbook, Black Berry Curve 3G (Gemini), iPhod Touch 4, dan Uang Tunai Rp. 1.000.000,- membuat kontes menulis blog ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk tahap berikutnya, Kursus Blogger dalam beberapa hari kedepan rencananya akan menyelenggarakan Program Kursus Online bagi para Blogger yang ada di Indonesia. Untuk gambaran detailnya, saya belum dapat menginformasikan kepada teman-teman sekalian karena pihak Kursus Blogger sendiri belum ada memberikan keterangan rinci. Jadi kita tunggu saja info selanjutnya dari Kursus Blogger.

Sekarang Kursus Blogger telah memiliki dua KONSEP agenda kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan yaitu KONSEP mengadakan Kontes Menulis Blog dan KONSEP mengadakan Kursus Online bagi para Blogger yang ada di Indonesia. Tentunya diharapkan kedua agenda kegiatan ini dapat diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya. Sekarang untuk KONSEP lainnya, karena saya melihat belum ada informasi pasti dari pihak Kursus Blogger maka pada kesempatan emas ini saya akan mencoba untuk memberikan sedikit saran dan masukan bagi Kursus Blogger. Siapa tahu saran dan masukan saya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam merencanakan langkah-langkah berikutnya.

Adapun beberapa saran dan masukan dari saya, antara lain:

  1. Menyusun struktur organisasi internal yang solid dan memiliki kemampuan standar dalam mengelola manajemen Kursus Blogger karena sebelum kita membuat orang lain menjadi profesional, kita harus memprofesionalkan diri dan organisasi kita terlebih dahulu.
  2. Melakukan proses registrasi bagi para pembaca yang ingin bergabung menjadi anggota Kursus Blogger. Berikan beberapa kemudahan khusus bagi para anggota seperti pembagian e-book gratis, potongan harga dalam mengikuti kursus-kursus yang akan diselenggarakan, dan lain sebagainya.
  3. Membentuk forum komunitas online Kursus Blogger sebagai salah satu wadah untuk saling berbagi cerita dan pengalaman antar sesama anggota mengenai seputar dunia online dan perkembangannya.
  4. Melakukan promosi mengenai keberadaan Kursus Blogger melalui beberapa media online yang ada, seperti: Facebook, Twitter, Lintas Berita, dan lain-lain.
  5. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendidik, seperti: pelatihan, training, maupun workshop mengenai dunia maya khususnya karena sesuai tagline-nya bahwa Kursus Blogger memiliki 2 target sasaran yaitu BAGAIMANA MENCIPTAKAN BLOGGER INDONESIA dan BAGAIMANA MEMBUAT BLOGGER INDONESIA MENJADI LEBIH PROFESIONAL.
  6. Mengisi website Kursus Blogger dengan content-content yang positif, bermanfaat, dan tentunya memiliki hubungan dengan 2 target sasaran yang telah saya sebutkan diatas. Diharapkan dengan adanya literatur-literatur tersebut para Blogger Indonesia secara lambat laun akan paham dengan konsep dasar bagaimana MENJADI SEORANG BLOGGER PROFESIONAL.

Hhmmm… Apalagi ya saran dan masukan yang mau saya berikan??? Mungkin untuk saat ini hanya itu saja saran dan masukan yang dapat sharing. Insya Allah dikesempatan lain saya masih bisa memberikan saran dan masukan lainnya. Sebagai penutup kata, saya hanya ingin mengingatkan bahwa jika ingin menjadi seorang individu atau perusahaan yang berhasil, tentukan dahulu KONSEP DAN MISI YANG JELAS karena KONSEP dan MISI merupakan dasar bagi kita dalam melakukan sesuatu agar nantinya tidak menyimpang dari apa yang telah direncanakan. Dan diharapkan falsafah ini tidak hanya berlaku untuk Kursus Blogger saja namun berlaku juga bagi orang lain secara universal. (DW)

Sumber Gambar : Kursus Blogger

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. vivieck says

    wah…
    tulisan sobat sangat dalam….
    saya baru dengar nih tente kontes ini…
    maklum, saya jarang OL, jadi update berita seputar blogosphere saya ketinggalan…
    happy blogging sob…
    wah…
    kayaknya pertamax nieh…
    hehe

    1. Dwi Wahyudi says

      Insya Allah bro, aminnn…

  2. Simontok says

    Senyum itu sehat koment balik ya

  3. Boy says

    Smile place hel me

Leave A Reply

Your email address will not be published.